Rabu 13 Apr 2022 22:42 WIB

Tak Hanya Pengaruhi Kualitas Udara, Ini Bahaya Bakar Sampah

Berdasarkan survei, masih banyak orang yang membakar sampah rumah tangga.

Berdasarkan survei, masih banyak orang yang membakar sampah rumah tangga.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Berdasarkan survei, masih banyak orang yang membakar sampah rumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komunitas Bicara Udara menyampaikan bahwa pembakaran sampah oleh masyarakat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas udara. "Pembakaran sampah ini juga akan menghasilkan gas rumah kaca seperti karbon dioksida," ujar Community Manager Bicara Udara, Novita Natalia dalam webinar bertema "Kenapa Plastik Berdampak Kepada Iklim Kita?" yang diikuti di Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Ia menyampaikan, salah satu survei menyebutkan bahwa 54,64 persen rumah tangga masih membakar sampahnya. "Kita sudah banyak menggalakkan tentang pemilihan plastik dan segala macam tapi ternyata ada 54,64 persen rumah tangga masih membakar sampah," tuturnya.

Baca Juga

Oleh karena itu, lanjut dia, edukasi soal pengelolaan sampah sebagai pendorong untuk mengendalikan dampak perubahan iklim di tingkat masyarakat harus terus digencarkan agar dapat mengurangi emisi karbon dari membakar sampah. "Karbon yang dihasilkan oleh pembakaran sampah itu cukup tinggi sehingga akan mempengaruhi perubahan iklim," katanya.

Dalam kesempatan sama, Gender and Public Finance Expert UNDP, Chandra Sugarda mengatakan, partisipasi perempuan dalam pengelolaan sampah skala rumah tangga diperlukan karena perempuan memiliki peran sentral dalam rumah tangga. "Sebagai orang yang bertanggung jawab mengurus rumah tangga, perempuan yang menentukan pembuangan limbahnya, termasuk pemisahannya," ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai pendidik dalam rumah tangga, perempuan juga berperan besar dalam memperkenalkan kebiasaan dan nilai-nilai kepada anak-anak. Ia menjelaskan, peran tersebut berupa mendidik dan membangun kesadaran akan pentingnya memelihara lingkungan, termasuk dalam hal pengolahan limbah plastik.

"Misal, anak-anak diajarkan dari kecil untuk memisahkan sampah plastik dan organik," paparnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement