Selasa 12 Jul 2022 05:44 WIB

Jumlah Hewan Kurban di Dharmasraya Meningkat Dibandingkan Tahun Lalu

Jumlah Hewan Kurban di Dharmasraya Meningkat Dibandingkan Tahun Lalu.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Jumlah Hewan Kurban di Dharmasraya Meningkat Dibandingkan Tahun Lalu. Foto:  Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) periode 2021-2026
Foto: Bupati Dharmasraya
Jumlah Hewan Kurban di Dharmasraya Meningkat Dibandingkan Tahun Lalu. Foto: Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) periode 2021-2026

IHRAM.CO.ID,DHARMASRAYA-- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengatakan jumlah hewan kurban yang disembelih di daerahnya tahun ini sebanyak 1.541 ekor. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2021 lalu yakni sebanyak  1.344 ekor.

"Alhamdulillah, sekarang mengalami peningkatan. Dan saya berharap setiap tahunya akan terus meningkat, bahkan sampai mencapai angka 3000 ekor,” kata Sutan Riska, Senin (11/7/2022).

Baca Juga

1.541 ekor hewan yang dikurbankan pada Idul Adha tahun ini di Dharmasraya terdiri dari  1.377 ekor sapi, 29 ekor kerbau dan 135 ekor kambing.

Menurut Sutan Riska, kurban tahun ini sudah dapat dilaksanakan. Mulai besok saatnya memulai menabung kembali untuk berkurban tahun depan.

“Dan jika saat ini kita mendapatkan daging kurban, maka tahun depan kita bisa memberikan daging kurban kepada orang yang membutuhkan,” kata Bupati.

Sutan Riska sendiri melaksanakan Salat Idul Adha 1443 Hijriah di Lapangan Kantor Bupati Dharmasraya, pada Ahad (10/7/2022). Shalat dilaksanakan bersama seluruh umat muslim yang merayakan.

Ia menyebut perayaan Idul Adha merupakan hari bersejarah bagi umat muslim, yakni pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan kurban.

Perayaan Idul Adha menurut Sutan Riska mengajarkan kita akan keteladanan keluarga Nabi Ibrahim.

Pelajaran yang dapat dipetik, seorang ayah teladan, patuh dan sabar, serta menjadi salah satu contoh pengorbanan tiada tara saat Allah SWT meminta mengorbankan anaknya. Dan bisa dilihat juga, kepatuhan seorang anak kepada orang tuanya serta ketaatannya kepada Allah SWT.

Kemudian lanjut Riska, Idul Adha juga mengajarkan upaya membersihkan hati dan jiwa dari nafsu hewani yang melekat pada diri sendiri. Serta, lanjutnya, dapat meningkatkan kepedulian dan semangat berbagi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement