Selasa 12 Jul 2022 13:24 WIB

Mode Picture in Picture YouTube Diluncurkan ke Pengguna iOS

Picture in Picture memungkinkan menonton video sambil menggunakan aplikasi lain.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi Youtube)
Foto: Pikist
(Foto: ilustrasi Youtube)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Google mengumumkan mode picture in picture atau gambar di dalam gambar YouTube yang diluncurkan ke banyak pengguna iOS dan iPadOS. Mode tersebut memungkinkan Anda menonton video sambil menggunakan aplikasi lain.

Menurut postingan komunitas, orang yang menjalankan iOS 15 akan mulai melihat fitur tersebut. Pelanggan YouTube Premium akan mendapatkan akses ke fitur ini di mana pun mereka tinggal selama itu merupakan area yang bisa mendapatkan YouTube Premium.

Baca Juga

Sementara itu, untuk pengguna YouTube yang tidak membayar, perusahaan mengatakan mode picture in picture hanya tersedia di Amerika Serikat (AS). Namun, di AS, perusahaan mengatakan semua orang yang menggunakan aplikasi YouTube di iPhone dan iPad akan mendapatkan fitur tersebut tetapi hanya dapat digunakan untuk konten non-musik.

Jika Anda menggunakan Android, Anda mungkin sudah memiliki fitur ini selama bertahun-tahun dan YouTube mengatakan tidak ada yang berubah. Kabar tersebut mungkin sedikit membuat bingung sejumlah orang khususnya pelanggan Premium yang sudah cukup lama mengakses mode tersebut.

Pada Juni 2021, perusahaan mengatakan mode tersebut sedang menuju aplikasi untuk pelanggan yang membayar dan berencana membawanya ke pengguna gratis. Pada bulan Agustus, fitur itu tersedia sebagai fitur eksperimental yang dapat diaktifkan oleh pelanggan Premium.

Kemudian pada April 2022, YouTube mengakhiri eksperimen sehingga pengguna tidak dapat lagi mendaftar untuk menggunakan fitur tersebut. Pada saat itu, perusahaan mengatakan akan memiliki lebih banyak detail untuk dibagikan pada fitur dalam waktu dekat.

Dilansir The Verge, Selasa (12/7/2022), YouTube mengklaim peluncuran mode itu lambat untuk fitur yang sangat diminta banyak orang. Perusahaan juga telah memberikan ruang gerak untuk fase ini. Dalam cuitannya, perusahaan mengatakan fitur itu secara perlahan diluncurkan. Namun, postingan blognya menyebut fitur akan datang dalam beberapa hari ke depan.

Untuk melihat apakah Anda memiliki akses ke fitur tersebut, buka aplikasi YouTube, coba putar video, lalu keluar dari aplikasi YouTube untuk membuka layar beranda atau aplikasi lain. Jika picture in picture diaktifkan untuk akun Anda, video akan secara otomatis muncul ke jendela mengambang. Anda juga dapat memeriksa fitur tersebut dengan mengetuk gambar profil Anda di kanan atas aplikasi YouTube, buka Settings > General, dan periksa sakelar berlabel “picture in picture.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement