Selasa 12 Jul 2022 20:59 WIB

Tur Virtual BTS Kolaborasi dengan Google, Ini Linknya

BTS ajak penggemar tur virtual ke 14 tempat ikonik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
BTS ajak penggemar tur virtual ke 14 tempat ikonik.
Foto: EPA-EFE/DAVID SWANSON
BTS ajak penggemar tur virtual ke 14 tempat ikonik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Boyband Korea Selatan Bangtan Boys alias BTS berbagi kecintaan terhadap seni lewat kolaborasi terbaru dengan Google. Grup beranggotakan tujuh personel itu mengungkap karya seni favorit masing-masing.

Eksperimen street view BTS x Street Galleries itu dilakukan melalui platform seni dan budaya milik Google. BTS mengajak penggemar melakoni tur seni virtual, tepatnya di 14 lokasi ikonik yang sudah mereka pilih.

Baca Juga

Para personel BTS, yakni Jin, ‎Suga, ‎J-Hope, ‎RM, ‎Jimin, ‎V, dan ‎Jungkook, melakukan kurasi pada sejumlah lokasi itu. Setiap anggota memilih galeri virtualnya sendiri, yang disinkronkan dengan lokasi yang dapat diakses warganet.

Bagi warganet yang ingin menjajal tur virtual, bisa langsung mengakses situs https://artsandculture.google.com/ dan mengeklik BTS x Street Galleries menghadirkan deretan karya seni yang ada di destinasi pilihan BTS.

 

Penggemar setia BTS yang dijuluki Army akan mendapati idolanya menyampaikan latar belakang di balik pilihan lokasi favorit masing-masing. Misalnya, J-Hope yang memilih markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat.

Alasannya, lokasi itu merupakan tempat di mana BTS menemani Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk berpidato pada September 2021. Mereka juga pernah menayangkan video musik "Permission to Dance" di sana.

Lokasi pilihan RM adalah Namdaemun, Seoul, Korea Selatan. Tempat itu istimewa bagi RM karena BTS memulai konser global di sana pada 2021, yakni Global Citizen Live Festival 2021. "Ini juga merupakan monumen bersejarah Korea yang berharga," ujar RM.

Pada //street view// hasil kurasi RM, terpampang lukisan dari salah satu seniman favoritnya, JMW Turner. Karya lukisannya termasuk yang berjudul "Venice, From the Porch of Madonna Della Salute" serta "The Lake of Zug".

Seperti RM, Jungkook juga memilih Seoul sebagai destinasi yang menurutnya layak disorot. Dia secara khusus memilih Gedung Chugu, yang merupakan rumah kedua BTS sejak debut pada 2013 dan meniti karier mereka.

"Kami benar-benar telah menempuh perjalanan jauh sejak saat itu," kata musisi 24 tahun yang baru merilis lagu "Left and Right" bersama Charlie Puth itu, dikutip dari laman People, Selasa (12/7/2022).

Pilihan Jin adalah São Paulo, Brasil, yang dia gambarkan sebagai salah satu kota favorit BTS karena punya energi positif. "Setiap kali saya merasa agak sedih, saya akan memikirkan São Paulo," ungkap Jin yang berusia 29 tahun.

Suga mendaratkan pilihan pada Dolby Theatre di Los Angeles, Amerika Serikat, lantaran tempat itu jadi saksi dimulainya pengakuan internasional BTS. V memilih London karena kecintaannya pada jalanan yang sendu dan indah.

Jimin menyoroti Singapura, mengenang saat BTS tampil di Singapore National Stadium untuk "Love Yourself World Tour" pada 2019. "Saya ingat konser "Love Yourself" kami di Singapura seperti baru kemarin," tuturnya.

Proyek Google menandai babak baru bagi BTS, yang bulan lalu mengklarifikasi bahwa mereka tidak akan hiatus, melainkan mengejar proyek grup dan solo. Pengumuman itu disampaikan BTS saat makan malam FESTA yang memperingati sembilan tahun usia grup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement