Ahad 17 Jul 2022 06:53 WIB

Ingin Jadi Wartawan? Ikuti Industrial Sharing BSI Diginofest 2022

Begitu banyak kesempatan untuk bekerja di industri media.

Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) akan menggelar event  BSI Difinofest 2022,  di BSI Convention Center Kaliabang, Bekasi, pada 27-28 Juli 2022. Kegiatan  yang mengusung tema “Meraih Peluang dan Cuan 2022” itu memadukan lima bidang acara sekaligus. Yakni, Career, Entrepreneur, StartUp, Innovation dan Internship.

Salah satu program BSI DiginoFest 2022 adalah Industrial Sharing, yakni talk show dengan menampilkan nara sumber dari kalangan industri. “Di acara talkshow ini para pengunjung  maupun mereka yang mengikutinya secara daring dapat memperoleh informasi mengenai hal-hal penting yang harus mereka siapkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di industri yang mereka minati tersebut,” kata Ketua Panitia BSI Diginofest 2022 Fuad Nur Hasan,  Senin (11/7/2022).

Fuad menyebutkan, sejumlah tokoh dari berbagai bidang industri   dijadwalkan tampil di acara talk show Industrial Sharing tersebut. Salah satunya adalah Nur Hasan Murtiaji yang merupakan wakil Pemimpin Redaksi Harian Republika. “Nur Hasan Muriatji akan membahas topik yang terkait dengan industri media. Dengan demikian, Idustrial Sharing BSI DiginoFest 2022 juga akan membuka jalan bagi mereka yang ingin bekerja sebagai wartawan,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Nur Hasan Murtiaji mengatakan,  dalam acara Industrial Sharing tersebut ia akan membawakan makalah berjudul “Good Content Big Impact”. “Dalam kesempatan ini saya akan menguraikan hal-hal yang harus disiapkan oleh seseorang yang ingin menekuni karir sebagai jurnalis,” kata Nur Hasan Murtiaji, Kamis (14/7/2022).

Ia menyebutkan ada banyak cakupan kompetensi di bidang jurnalistik. Termasuk di antaranya agama, pendidikan, politik, ekonomi, sosial, kesehatan, lingkungan, teknologi informasi, komunikasi, manajemen, sejarah, iptek, pariwisata, intelijen, pertanian, dan olahraga.

Ia juga menyebutkan ada banyak posisi yang bisa diisi di perusahaan pers. Tidak hanya bidang redaksi, tapi juga marketing, sirkulasi, event and promotion, dan media sosial.

“Di bidang keredaksian, kalau diuraikan lagi, juga ada banyak posisi yang bisa ditekuni. Bisa sebagai wartawan, bisa juga sebagai fotografer, videografer, podcaster, sosmed, desain, data analyst, dan sekretariat redaksi,” paparnya.

Ia menambahkan, di bidang marketing, peluang kerja yang terbuka adalah account executive (AE) dan digital marketing. Bidang event and promotion butuh sumber daya manusia (SDM) yang mahir desain layout dan organizer team. 

Nur Hasan juga menjelaskan, di masa depan jurnalisme terus berkembang. Jurnalisme mengarah ke multimedia platform. Di dalamnya  termasuk videografis, motion pictures, internet of things, voice, blockchain, dan machine learning/IAI. “Jadi, begitu banyak kesempatan untuk bekerja di industri media. Ayo, siapkan dirimu dari sekarang. Salah satunya dengan mengikuti Industrial Sharing BSI Diginofet 2022,” ujar Nur Hasan Murtiaji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement