Senin 01 Aug 2022 18:00 WIB

Asuransi Perjalanan Covid Maldives, Syarat Masuk Maldives 2022, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Pergi bulan madu bersama pasangan ke pulau impian di Maldives. Meskipun keadaan pascapandemi belum juga stabil, terdapat syarat masuk Maldives mudah yang dapat dipenuhi.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Maldives merupakan destinasi wisata untuk para pasangan pengantin baru sebagai tempat honeymoon idaman mereka. Dengan pasirnya putih dan deburan ombak yang tenang, siapa yang tidak mau ke negara kecil nan indah ini? 

Sayangnya, selama dua tahun belakangan ini, negara kecil ini juga turut terdampak pandemi Covid-19. Namun, kamu tidak perlu khawatir selama kamu tahu syarat masuk ke Maldives yang sesuai dengan ketentuan pandemi Covid-19 yang berlaku. 

Bagaimana syarat masuk Maldives yang berlaku? Simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Hong Kong dan Syarat Masuk Hong Kong 2022

Syarat Umum Masuk ke Maldives

Sebagaimana bepergian ke negara lain, agar bisa masuk negaranya dibutuhkan syarat masuk tertentu. Syarat yang paling umum dibutuhkan oleh setiap negara adalah paspor. Baik tujuan perjalanannya adalah untuk wisata, bisnis, diplomasi, atau tinggal, semua pengunjung diwajibkan membawa dan menunjukkan paspor yang valid.

Nah, untuk masuk ke Maldives, kamu tidak perlu mengurus visa di Indonesia. Namun, bukan berarti masuk ke Maldives tidak membutuhkan visa. Kamu akan mengurus bisa pada saat kedatangan di imigrasi setempat.

Adapun ketentuan dasar agar bisa mendapatkan visa tersebut sebagai berikut.

  • Paspor yang bisa dibaca oleh Machine Readable Zone (MRZ) dengan masa berlaku setidaknya 1 bulan.
  • Reservasi hotel atau akomodasi yang telah dibayarkan.
  • Dana yang mencukupi selama berada di Maldives.
  • Tiket pulang ke negara asal yang telah dikonfirmasi.
  • Persyaratan masuk ke negara yang akan dikunjungi berikutnya, seperti visa negara tersebut.
  • Formulir deklarasi pengunjung yang telah diisi dan diberikan ke IMUGA setidaknya dalam kurun waktu 96 jam sebelum keberangkatan.

Pengunjung dengan tujuan wisata hanya mendapatkan maksimal 30 hari untuk berada di Maldives. Jika lebih dari 30 hari, terdapat kemungkinan bahwa pengajuan kunjungan tersebut tidak diterima oleh imigrasi Maladewa (Maldives). Jadi, pastikan kamu berkunjung sebelum masa 30 hari itu habis.

Syarat Tambahan Masuk ke Maldives

Sejak tanggal 13 Maret 2022, pemerintah Maldives telah mencabut persyaratan masuk yang berhubungan dengan pandemi Covid-19. Meskipun demikian, terdapat beberapa tindakan preventif yang masih perlu diikuti oleh para pengunjung. Info selengkapnya juga bisa dilihat di sini

1. Tes PCR Sebelum Kedatangan

Pengunjung yang datang ke Maldives tidak perlu lagi untuk melakukan tes PCR sebelum berangkat. Namun, disarankan untuk melakukan PCR di antara 3-5 hari setelah kedatangan. Jika pengunjung juga mendapatkan gejala Covid-19 selama di Maldives, segera lakukan tes antigen.

2. Tidak Lagi Perlu Karantina

Ketika menginjakkan kaki di Maldives, pengunjung tidak lagi perlu melakukan karantina. Hal ini berhubungan dengan tidak adanya tes PCR sebelum dan saat kedatangan. Namun, pengunjung tetap disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. 

3. Masker Tetap Wajib Digunakan

Pengunjung tetap harus menggunakan masker jika berada dalam kondisi seperti berikut.

  • Di fasilitas kesehatan, meskipun status pandemi telah diangkat.
  • Di daerah atau tempat dengan kasus positif di atas 20%.
  • Di tempat yang ramai, terutama perkumpulan yang ada di dalam ruangan.
  • Di transportasi publik.

Untuk pengunjung  yang memiliki gejala Covid-19 juga diharapkan menggunakan masker. Selain itu, pengunjung yang berisiko tinggi terhadap virus Covid-19 atau yang tinggal bersama orang dengan risiko tinggi, disarankan untuk tetap menggunakan masker saat di ruang publik.

Ketentuan Asuransi Perjalanan Covid Maldives

Dapat diketahui dari syarat masuk Maldives di atas, asuransi perjalanan Covid tidak menjadi salah satu syaratnya. Meskipun demikian, protokol kesehatan pun tetap harus dilakukan. Perhatikan segala gejala yang timbul saat kunjungan ke Maldives dan lakukan tes ketika merasakannya.

Kebijakan Karantina Maldives

Karena pandemi Covid-19 sudah mereda, regulasinya pun turut melonggar pula. Terutama untuk kebijakan karantina, banyak negara yang sudah tidak lagi mengharuskan karantina pada saat kedatangan, begitu pula dengan Maldives.

Tentunya, kebijakan ini berlaku untuk pengunjung yang tidak memiliki gejala. Jika gejala muncul pada saat pengunjung sedang berada di Maldives, segera lakukan tes dan isolasikan diri sampai benar-benar pulih. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi penularan virus.

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Yunani, Syarat Masuk Yunani 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Maldives

Jika ingin berlibur ke Maldives, tentunya kamu harus tahu terlebih dahulu berbagai destinasi wisata di sana. Apalagi, kalau tahu banyak pantai indah di Maldives. Pasti bingung kan, pilih pantai yang mana?

Atau mungkin kamu justru bingung karena destinasi wisata yang diketahui hanya pantai? Tenang saja! Berikut merupakan rekomendasi tempat wisata di Maldives yang beragam dan menarik.

1. Pulau Vaadhoo

pulau vadhoo

Keindahan Pulau Vadhoo (Sumber: m.merdeka.com)

Destinasi wisata pertama adalah Pulau Vaadhoo. Di sini, tidak hanya pantai dengan pasir putih yang bisa dinikmati, tetapi daya pikat pulau ini ialah keberadaan phytoplankton yang bisa memancarkan cahaya. Adanya phytoplankton ini membuat pasir dan laut seakan-akan menyala, terutama pada malam hari.

Sayangnya, tidak setiap saat ini terjadi. Namun, jika beruntung, kamu bisa menikmati keindahan alam ini. 

2. Museum Nasional Maldives

Museum Nasional Maldives

Museum Nasional (Sumber: attenvo.com)

Ini dia yang dimaksud wisata yang beragam di Maldives. Tidak hanya pantai, Maldives pun juga memiliki museum yang wajib dikunjungi pengunjung. Museum ini terletak persis di ibu kotanya, Male. Posisinya tidak jauh dari Sultan Park Male.

Saat mengunjungi museum ini, kamu akan menyaksikan berbagai peninggalan Kerajaan Budha. Meskipun demikian, di bagian dinding, terdapat hiasan dan ukiran Al-Quran handmade. Selain itu, koleksi di dalamnya terdapat artefak, kostum, koin, perhiasan, senjata, dan baju perang atau baju besi. 

3. Gallery Esjehi

gallery esjehi

Gallery Esjehi (Sumber: tempatwisataunik.com)

Jika ingin berkunjung ke bangunan tua, Gallery Esjehi pilihannya! Galeri ini merupakan gedung tertua di Maldives yang didirikan pada tahun 1870. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai lukisan modern dan tradisional, termasuk panel kayu antik yang diukir dan diawetkan. 

Sama seperti Museum Nasional, galeri ini berada di ibu kotanya, Male. Tepatnya, di Male bagian Timur. Pengunjung hanya perlu menggunakan angkutan umum untuk bisa sampai di sini. Namun, perlu diingat bahwa waktu operasional galeri ini hanya di Kamis-Sabtu, pukul 8.00-19.30 (untuk Kamis dan Sabtu) dan 7.00-14.00 (untuk Jumat).

4. Banana Reef

banana reef

Banana Reef (Sumber: attenvo.com)

Balik lagi ke daerah pantai, kamu bisa mengunjungi Banana Reef jika gemar diving. Katanya, untuk para divers lokasi ini menjadi favorit mereka. Karena, habitat terumbu karang ini bentuknya seperti pisang yang memanjang sepanjang 300 meter menyusuri wilayah utara hingga selatan. 

Letaknya persis di Atoll Male, pengunjung dapat dengan mudah mengakses Banana Reef sehingga mudah diakses pengunjung yang sedang berada di Male.

5. Sun Island Resort and Spa

sun island resort and spa

Sun Island Resort (Sumber: id.linkedin.com/company/sun-island-maldives)

Berada di tengah laut, tempat penginapan satu ini terletak di selatan Atoll Ari. Ketika tiba di Sun Island Resort and Spa ini, pengunjung akan melihat berbagai bunga tropis yang indah, serta flora unik lainnya. Dengan fasilitas yang memadai serta pemandangan yang memukau, pulau ini cocok untuk pasangan yang sedang berbulan madu. 

Baca juga: Asuransi Perjalanan Covid Jerman, Syarat Masuk Jerman 2022 dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Gunakan Asuransi Perjalanan Covid Maldives Agar Liburan ke Pantai Makin Nikmat

Ketika sedang bulan madu dengan sang kekasih, tentunya kamu ingin liburan yang terbaik. Tanpa adanya gangguan, apalagi gangguan kesehatan. Karena virus Covid-19 belum benar-benar surut, liburan pun harus lebih berhati-hati.

Oleh karena itu, perlu adanya perlindungan ekstra yang dilakukan oleh kamu dan pasangan. Caranya gampang, kamu dan pasangan hanya perlu mempersiapkan asuransi Covid

Untuk mendapatkan asuransi Perjalanan Covid Maldives, kamu bisa kunjungi Cermati.com. Terdapat asuransi Covid yang bisa dipilih untuk menunjang perjalananmu. Kunjungi Cermati.com dan lindungi dirimu dengan asuransi perjalanan Covid!

Disclaimer: Seluruh informasi yang ada dalam artikel ini, terutama mengenai persyaratan perjalanan, tidak bisa digunakan sepenuhnya sebagai rujukan perjalanan. Sangat dianjurkan untuk membaca kembali informasi yang lengkap dari berbagai sumber resmi yang dibuat oleh otoritas terkait yang mengatur kebijakan perjalanan ke negara tujuan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement