Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Majelis Tarjih dan Lembaga Bahtsul Masail NU Rencanakan Agenda Bersama

Ahad 14 Aug 2022 00:15 WIB

Red: Ani Nursalikah

Logo Muhammadiyah. Majelis Tarjih dan Lembaga Bahtsul Masail NU Rencanakan Agenda Bersama

Logo Muhammadiyah. Majelis Tarjih dan Lembaga Bahtsul Masail NU Rencanakan Agenda Bersama

Foto: Antara
Kedua lembaga membahas cara menyikapi kesenjangan keputusan di pusat dan daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima kunjungan silaturahmi dari Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada Rabu malam, 10 Agustus 2022. Acara yang bertempat di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro 23 Yogyakarta ini merupakan kunjungan balasan, setelah pada 4 Juni 2022, MTT PP Muhammadiyah berkunjung ke LBM PBNU di Jalan Kramat Raya Nomor 164 Jakarta.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Prof Dr H Syamsul Anwar MA, bersama para pengurus lainnya. Adapun rombongan LBM PBNU dipimpin oleh ketuanya KH Mahbub Ma’afi, didampingi para jajaran pengurus LBM PBNU dan LBM PWNU Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada 10 Agustus, PBNU sedang mengadakan Halaqah Fiqih Peradaban di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta.

Baca Juga

Silaturahmi dua lembaga yang mengurusi bidang keagamaan mayoritas Muslim Indonesia ini berjalan dengan penuh keramahan dan kehangatan. Diskusi ringan dan saling tanya jawab berjalan dengan lancar, membicarakan tentang metode istinbat hukum di masing-masing lembaga, baik di MTT PP Muhammadiyah maupun di LBM PBNU.

Kiai Mahbub Ma’afi menyatakan bahwa sebenarnya metode istimbat hukum yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid secara prinsip tidak jauh berbeda dengan yang dijalankan Lembaga Bahtsul Masail, hanya mungkin istilahnya atau terminologinya yang terkadang tidak sama.

photo
Bahtsul Masail membahas kewajiban mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yang digelar LBM PWNU DKI Jakarta, Ahad (6/12). - (Istimewa/LBM PWNU DKI)
Kedua lembaga yang semestinya mengurusi pedoman keagamaan organisasi ini sempat membahas tentang bagaimana cara menyikapi kesenjangan antara keputusan di tingkat pusat dengan keputusan di tingkat wilayah dan daerah-daerah. Di akar rumput, keputusan-keputusan dari pusat sering tidak sepenuhnya dijalankan.

Dalam pertemuan itu, Lembaga Bahtsul Masail PBNU dan Majelis Tarjih PP Muhammadiyah sepakat untuk mengadakan pertemuan-pertemuan lanjutan yang lebih serius. Rencana ke depan, para ulama dari kedua lembaga akan mengadakan agenda bersama terkait dengan urusan keumatan dan kebangsaan.

https://suaramuhammadiyah.id/2022/08/12/majelis-tarjih-dan-lembaga-bahtsul-masail-nu-rencanakan-agenda-bersama/

sumber : Suara Muhammadiyah
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA