Rabu 05 Oct 2022 01:51 WIB

Apa Hukum Memandang ke Atas Saat Sholat?

Dalam beribadah, pikiran dan jiwa kita harus fokus.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Apa Hukum Memandang ke Atas Saat Sholat?
Foto: Republika.co.id
Apa Hukum Memandang ke Atas Saat Sholat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beribadah, pikiran dan jiwa kita harus fokus. Islam mengajarkan untuk memperlakukan firman Allah dengan sangat hormat. Oleh karena itu, kita tidak boleh membaca Alquran di tempat dan kondisi sembarangan, misalnya sambil buang air besar atau melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan firman Allah.

Jika Anda pernah melakukan hal tersebut, segeralah mohon ampun kepada Allah. Sebab, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Allah berfirman dalam surat At-Taubah ayat 104:

Baca Juga

اَلَمْ يَعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهٖ وَيَأْخُذُ الصَّدَقٰتِ وَاَنَّ اللّٰهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

“Tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah menerima tobat hamba-hamba-Nya dan menerima zakat(-nya), dan bahwa Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang?”

Memandang ke atas saat sholat

Larangan Nabi untuk tidak melihat ke atas saat sholat karena konsep transendensi Allah dalam Islam. Kita tidak diperbolehkan menunjuk kepada Allah seolah-olah Dia berada di setiap arah. Oleh karena itu, Rasulullah melarang perbuatan tersebut.

Namun, jika seseorang, tidak tahu larangan ini dan tidak sengaja melakukannya, dia dimaafkan. Saat sholat, kita diperintahkan untuk tunduk, melihat ke bawah.

Ini karena fakta bahwa postur seperti itu paling kondusif untuk perasaan rendah hati saat berdiri di hadapan Allah. Selain itu, posisi tersebut juga membantu kita untuk lebih fokus dalam beribadah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement