Sindikasi Republika

Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik Itu yang Seperti Apa?

Jumat , 07 Oct 2022, 21:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang wajib untuk dimiliki oleh semua orang tanpa terkecuali. Melindungi finansial dari risiko besarnya biaya pengobatan karena penyakit atau kecelakaan di rumah sakit, asuransi kesehatan dapat memberi uang pertanggungan atau kompensasi sesuai ketentuan pada polis. 

Bagi yang sudah berkeluarga, ada pilihan produk asuransi yang lebih optimal memberikan perlindungan, yaitu asuransi kesehatan keluarga. Pada produk tersebut, polis memberi pertanggungan biaya pengobatan dan perawatan bagi semua anggota keluarga dari pihak tertanggung. Dalam kata lain, nama tertanggung pada polis tak hanya terdiri dari 1 orang saja, tapi juga seluruh anggota keluarganya. 

Hal tersebut tentu membuat manfaat perlindungannya menjadi lebih maksimal dan optimal bagi keuangan. Namun, jangan asal pilih, ketahui dulu apa saja hal penting seputar asuransi kesehatan keluarga dan rekomendasi layanannya agar tak sampai salah menentukan pilihan sebagai berikut.

Baca Juga: Ingin Beli Asuransi Kesehatan untuk Bayi? Ini Pertimbangannya

 

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan Keluarga 

Berdasarkan kategorinya, asuransi kesehatan keluarga dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

Konvensional

Syariah

Pada jenis ini, produk asuransi memberi proteksi kesehatan pada keluarga dan dihadirkan perusahaan non syariah atau konvensional. Sejumlah manfaat yang disediakan meliputi, ganti rugi biaya rawat jalan dan/atau rawat inap saat salah satu anggota keluarga terkena penyakit. 

Sesuai namanya, produk asuransi ini memiliki cara kerja sesuai dengan prinsip syariah dan telah disesuaikan dengan aturan syariat agama Islam. Walaupun begitu, manfaat perlindungan yang diberikan masih setara dengan jenis asuransi kesehatan pada umumnya.

Sementara berdasarkan jenis manfaatnya, produk ini dibedakan menjadi manfaat dasar serta manfaat tambahan atau rider. Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Dasar

Manfaat Tambahan

Merupakan pertanggungan atau perlindungan utama yang disediakan perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung ke pihak nasabah selaku tertanggung. Manfaat dasar ini bisa berupa biaya rawat jalan, rawat inap, serta pembedahan.

Merupakan perlindungan ekstra yang bisa diajukan oleh nasabah guna melengkapi manfaat dasarnya. Tentunya, nasabah perlu membayar premi lebih mahal saat mengajukan manfaat tambahan ini. 

Beberapa contoh manfaat tambahan pada asuransi kesehatan adalah manfaat melahirkan, MCU, serta perawatan mata dan gigi. 

Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

  1. Limit Klaim yang Tinggi

    Pada umumnya, limit yang ditawarkan perusahaan asuransi ada dua jenis, yaitu limit per penyakit atau perawatan dan limit keseluruhan.

    Limit sifatnya terbatas, misalnya Rp200 juta per tahun. Ketika limit habis, maka sisa biaya perawatan akan ditanggung nasabah.

    Berhubung kamu tidak tahu penyakit apa yang akan menggerogoti tubuh, penting untuk memilih asuransi kesehatan keluarga dengan limit tinggi. Limit ini akan memberikan keleluasaan untuk mendapatkan perawatan terbaik tanpa harus merogoh kocek pribadi.

    Mengenai limit, setiap perusahaan menawarkan limit berbeda. Sebaiknya bandingkan limit dari perusahaan asuransi di Indonesia untuk mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik.

  2. Jaringan yang Luas

    Tentu ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila perusahaan asuransi yang dipilih memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Kamu bisa memilih rumah sakit untuk rawat inap, baik di dalam maupun luar kota, bahkan luar negeri. Menariknya, kamu bisa memilih rumah sakit terbaik berdasarkan review atau testimoni pasien. 

    Jaringan rumah sakit yang luas biasanya dimiliki perusahaan asuransi besar. Jadi, tidak ada salahnya untuk melirik perusahaan asuransi yang sudah mempunyai nama dan pastinya terpercaya.

  3. Pembayaran Cashless atau Pakai Kartu

    Dalam memilih produk asuransi kesehatan, sebagian besar orang pasti menginginkan proses klaim ataupun sistem pembayaran yang mudah. Kamu bisa mendapatkannya pada jenis asuransi kesehatan keluarga cashless.

    Asuransi kesehatan cashless adalah jenis asuransi kesehatan yang memudahkan nasabah dalam membayar tagihan rumah sakit. Di mana, nasabah hanya perlu menunjukkan atau menyerahkan kartu asuransi ke pihak rumah sakit, tanpa harus menalangi biaya berobat dari uang pribadi terlebih dahulu. Biaya tersebut kemudian akan dibayar langsung oleh perusahaan asuransi sepanjang polis masih aktif.

  4. Memiliki Reputasi yang Bagus

    Perusahaan asuransi berkembang cukup pesat beberapa tahun terakhir. Hal yang wajar apabila perusahaan berlomba-lomba untuk menawarkan produk terbaik agar dilirik oleh masyarakat. Termasuk produk asuransi kesehatan keluarga. Bahkan sampai menawarkan premi asuransi kesehatan keluarga murah.

    Tapi ketahuilah, tidak semua perusahaan asuransi memiliki reputasi yang bagus. Berhati-hati saat memilih agar tidak zonk.

    Mulai dari pelayanan, produk, manfaat, hingga plafon asuransi, semuanya harus bagus. Banyaklah membaca untuk mengetahui kinerja perusahaan asuransi yang bersangkutan sebelum menentukan pilihan. Tak ada salahnya untuk meminta rekomendasi keluarga, teman, atau rekan kerja jika kamu merasa membutuhkannya.

Ulasan Produk Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Ada banyak produk asuransi kesehatan keluarga yang ditawarkan dan bisa dipilih oleh masyarakat di Indonesia. Agar bisa mendapatkan layanan yang terbaik dan sesuai dengan isi kantong, berikut adalah beberapa rekomendasinya. 

  1. AXA Mandiri Smartcare Executives

    Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh asuransi AXA Mandiri ini adalah memiliki lebih dari 700 mitra rumah sakit dan beberapa di antaranya berada di luar negeri. Selain itu, nasabah juga bisa mendapat proteksi kecelakaan diri, manfaat rawat jalan dan/atau rawat inap, hingga fasilitas pembayaran cashless

  2. Lippo Insurance Health+ Family

    Produk asuransi kesehatan keluarga ini menjamin perlindungan rawat jalan, rawat inap, dan fasilitas pembayaran cashless di lebih dari 500 rumah sakit. 

  3. Family Prevensia CARe

    Selanjutnya ada CAR Life Insurance yang menyediakan produk Family Prevensia CARe dengan biaya premi mulai Rp600 ribuan per bulan. Hampir mirip dengan produk-produk sebelumnya, Family Prevensia CARe menjamin perlindungan rawat jalan, rawat inap, hingga pembedahan.

  4. Cigna Family Care Optima

    Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memilih Cigna Family Care Optima sebagai pelindung keluarga. Beberapa di antaranya, seperti, manfaat rawat inap, rawat jalan setelah melakukan perawatan rumah sakit, ICU, pembedahan, hingga manfaat pendampingan.

  5. Manulife MiUltimate Healthcare

    Lain dari produk asuransi pada umumnya, Manulife menyediakan pertanggungan kamar rawat inap berbeda antara di dalam negeri dan luar negeri. Selain itu, produk asuransi ini juga menjamin perlindungan rawat inap hingga 110 tahun (untuk tertanggung) dan 25 tahun (untuk tanggungan anak).

  6. Allianz SmartHealth Maxi Violet

    Keunggulan produk ini adalah menyediakan beragam pilihan plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu dan keluarga. Dengan Allianz SmartHealth Maxi Violet, kamu akan mendapatkan manfaat rawat inap. Sedangkan, untuk rawat jalan, gigi, hingga santunan harian dapat kamu jadikan manfaat tambahan (opsional).

  7. AIA Premier Hospital and Surgical Extra

    Produk ini bersifat rider atau tambahan dari polis dasar Signature Life Assurance Plus. Walaupun begitu, manfaat yang diberikan cukup luas, mulai dari rawat inap, santunan pendamping, perawatan di rumah, kunjungan perawatan, dan sebagainya.

Baca Juga: Pilih Asuransi Kesehatan yang Dikelola Negara atau Swasta? Inilah Jawabannya

Premi Asuransi Kesehatan Keluarga

Premi Asuransi Kesehatan Keluarga

Premi Asuransi Kesehatan Keluarga

Setiap perusahaan atau penyedia layanan asuransi pasti membebankan biaya premi berbeda kepada tiap pelanggannya. Tapi, umumnya, biaya premi dari asuransi kesehatan keluarga berkisar antara 500 ribu sampai 18 juta per bulannya. Perbedaan biaya premi yang dibebankan ini disebabkan oleh sejumlah faktor yang berkaitan dengan profil nasabah.

Faktor yang Memengaruhi Besaran Premi Asuransi Kesehatan Keluarga

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada sejumlah faktor yang membuat setiap nasabah memiliki tanggungan biaya atau premi asuransi berbeda ketika mengajukan asuransi kesehatan untuk keluarga. Berikut beberapa di antaranya. 

  1. Limit Pertanggungan dan Cakupan Manfaat

    Premi asuransi akan menjadi lebih mahal saat limit dan manfaat yang didapatkan nasabah lengkap serta tinggi. Tidak hanya itu, saat polis asuransi menjamin perlindungan dengan jangkauan sampai ke luar negeri, biaya preminya juga sudah pasti menjadi jauh lebih mahal. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengajukan produk asuransi ini dengan manfaat perlindungan sesuai kebutuhan agar biaya preminya tetap optimal. 

  2. Jumlah Pihak Tertanggung

    Selain itu, semakin banyak pihak tertanggung yang tercantum pada polis, biasanya biaya premi yang dibebankan juga semakin mahal. Misalnya, ketika asuransi menanggung hingga 5 orang, biaya preminya tentu akan lebih tinggi ketimbang yang hanya menanggung 4 anggota keluarga. 

  3. Umur dan Kondisi Kesehatan Nasabah

    Faktor lainnya adalah usia pihak tertanggung beserta kondisi kesehatannya. Semakin senja usia nasabah, umumnya biaya premi juga ikut meningkat. Pun kondisi kesehatan yang memiliki rekam medis penyakit tertentu atau bawaan, perusahaan asuransi juga akan memberi beban premi lebih tinggi karena tingkat risikonya lebih besar. 

  4. Berjenis Asuransi Murni atau Unit Link

    Pada dasarnya, asuransi kesehatan jenis unit link lebih mahal daripada asuransi murni karena layanannya menggabungkan manfaat investasi sekaligus. Karenanya, jika budget masih tergolong terbatas, tak disarankan memilih produk asuransi jenis unit link dan lebih mengutamakan asuransi murni saja. Yang terpenting, manfaat perlindungan mampu memenuhi segala kebutuhan keluarga dan preminya terjangkau.

Tips Dapatkan Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Menentukan asuransi kesehatan keluarga terbaik mungkin tidak mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan agar mampu mendapatkan produk yang optimal dan ideal melindungi keluarga. Agar tak sampai salah pilih, simak beberapa tips mendapatkan asuransi kesehatan keluarga terbaik berikut ini. 

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

    Kunci terpenting saat memilih asuransi adalah menyesuaikan manfaatnya dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa contoh pertimbangannya. 

    Kebutuhan

    Manfaat yang Dicari

    Mempunyai anak bayi ataupun baru lahir

    Cari asuransi yang memiliki usia pertanggungan mulai dari umur 0 atau beberapa bulan, serta memberi manfaat biaya imunisasi.

    Layanan kesehatan terjangkau dan akses mudah

    Pilih asuransi dengan rumah sakit mitra terdekat dari tempat tinggal

    Proses klaim mudah dan tidak ribet

    Pilih asuransi dengan metode cashless dan pelayanan pasien yang cepat tanggap serta reputasi terjamin.

    Hindari mencari asuransi kesehatan keluarga termurah jika memang tidak sesuai dengan kebutuhan. Karena alih-alih ingin yang tidak membebani keuangan bulanan, tetapi ternyata manfaat yang didapatkan tidak lengkap dan kamu tetap harus membayar biaya perawatan ketika jatuh sakit.

  2. Fleksibilitas Menambah Anggota Keluarga

    Tips lainnya adalah pastikan jika polis asuransi memudahkan nasabah untuk menambah anggota keluarga yang baru sebagai pihak tertanggung. Jadi, manfaat perlindungannya bisa lebih maksimal didapatkan ketika suatu saat nanti kamu memiliki momongan baru. Selain itu, walaupun pihak pemegang polis tutup usia lebih dulu, usahakan asuransi masih bisa dilanjutkan oleh anggota keluarga yang lain melalui polis yang sama agar manfaat perlindungannya tidak hilang begitu saja. 

  3. Pastikan Memiliki Fitur CoB

    CoB atau Coordination of Benefits merupakan manfaat asuransi kesehatan swasta yang melengkapi perlindungan dari BPJS Kesehatan. Artinya, dengan adanya manfaat tersebut, perusahaan asuransi swasta mampu mencakup seluruh biaya rumah sakit yang tak dijangkau oleh BPJS Kesehatan. Dengan begitu, manfaat perlindungan yang bisa kamu dapatkan menjadi lebih maksimal. 

  4. Melindungi Sampai Usia Lanjut

    Selanjutnya, pilih produk asuransi yang memberi perlindungan hingga nasabah berusia lanjut, misalnya 90 atau 100 tahun. Hal ini penting untuk diperhatikan agar tertanggung tak perlu repot mengganti polis saat memasuki usia senja karena perlindungannya akan tetap aktif. 

  5. Limit Mampu Menutup Tagihan Rumah Sakit

    Tips yang terakhir, pastikan bahwa limit atau plafon uang pertanggungan yang diberikan asuransi mampu menutup tagihan rumah sakit. Cara untuk mengetahuinya adalah menyurvei berapa besar rerata tagihan rumah sakit terkini, seperti biaya rawat inap, rawat jalan, sampai pembedahan. Lalu, sesuaikan biaya atau tagihan tersebut dengan limit asuransi yang akan dipilih. 

Jangan Sampai Salah Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga agar Perlindungannya Terjamin

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu asuransi kesehatan keluarga, rekomendasi produk, hingga tips memilihnya. Memberi manfaat perlindungan yang begitu penting terhadap keluarga, jangan sampai salah memilih layanan. Agar perlindungannya terjamin, pastikan hanya mengajukan asuransi kesehatan keluarga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan. 

Baca Juga: Cara Menjaga Asuransi Kesehatan Tetap Aktif Sampai Hari Tua

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark