Senin 02 Jan 2023 18:05 WIB

Inilah Hari Tersibuk dalam Sepekan Versi Zoom

Menurut Zoom, hari tersibuk dalam sepekan bukan jatuh pada hari Senin.

Penyelenggaraan webinar yang digelar secara daring melalui zoom. (ilustrasi)
Foto: istimewa
Penyelenggaraan webinar yang digelar secara daring melalui zoom. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Zoom Video Communications, Inc. baru-baru ini mempublikasikan riset tentang bagaimana orang-orang saling terhubung dan berkolaborasi secara virtual melalui Zoom di sepanjang tahun 2022.

Riset ini dilakukan dengan kombinasi antara informasi internal Zoom dan survei online, seperti tertulis dalam keterangan Zoom diterima di Jakarta pada Senin.

Baca Juga

Riset ini menunjukkan perilaku pertemuan para pengguna Zoom, mulai dari hari-hari paling sibuk di platform Zoom hingga hal-hal yang paling tidak disukai saat bekerja, dan tempat para pengguna melakukan pertemuan.

1. Hari tersibuk

Berdasarkan riset tersebut terungkap bahwa Senin bukanlah hari paling sibuk dalam seminggu melainkan Selasa adalah hari yang paling sibuk berdasarkan jumlah pertemuan, penggunaan conference room, dan penyelenggaraan acara hybrid.

Kemudian diikuti dengan hari Rabu berdasarkan jumlah panggilan telepon, pesan yang dikirim melalui team chat, penggunaan whiteboard virtual, dan penyelenggaraan acara hybrid. Pada akhir pekan, Minggu menjadi hari yang lebih sibuk untuk webinar dibandingkan hari Sabtu.

2. Jumlah partisipan

Riset tersebut juga menunjukkan bahwa grup dengan jumlah partisipan yang sedikit meningkatkan efisiensi pertemuan. Rata-rata jumlah partisipan pertemuan sepanjang 2022 adalah tujuh orang, menurun 30 persen dari tahun lalu sejumlah 10 orang. Sementara, rata-rata lama pertemuan menurun dari 54 menit di tahun lalu, menjadi 52 menit di tahun ini.

3. Preferensi komunikasi virtual

Tiap generasi memiliki preferensi komunikasi virtual yang berbeda. Generasi milenial (51%) dan Gen Z (36%) lebih menyukai messaging tools seperti team chat serta saling terhubung melalui whiteboard, sementara generasi Baby Boomers (42%) dan Gen X (35%) lebih suka menggunakan email. Baby Boomers juga menjadi generasi yang paling menyukai panggilan telepon – sangat berbeda dengan generasi Milenial yang tidak suka berbicara lewat telepon.

4. Lokasi pertemuan

Orang-orang semakin terbiasa dengan gaya kerja yang fleksibel, sehingga frekuensi pertemuan selain di meja kerja meningkat. Tempat di mana pengguna paling sering melakukan pertemuan, selain di meja, adalah mobil (43%), diikuti dengan tempat tidur (25%), kafe (19%), bandara (18%), dan pertemuan sambil jalan kaki atau jogging (14%).

Berdasarkan generasinya, Gen Z paling sering melakukan pertemuan di mobil (61%), dan 31% generasi milenial bergabung dalam pertemuan sambil berjalan kaki atau jogging.

5. Sopan santun virtual

Menghargai orang lain sangat penting, baik saat berinteraksi langsung maupun secara virtual. Orang-orang dari berbagai generasi setuju bahwa perilaku saat pertemuan yang paling mengganggu adalah ketika ada yang memotong pembicaraan orang lain (34%).

Kemudian ketika waktu pertemuan terulur lebih lama dan seseorang melayangkan pertanyaan baru (28%), serta ketika seseorang makan dan tidak mematikan mic (24%).

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement