Jumat 10 Feb 2023 12:33 WIB

Hari Pers Nasional, Wagub Jabar Harap Pers Bisa Satukan Indonesia dalam Keberagaman

Pers di Indonesia diharapkan tetap menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Harapan besar terhadap kiprah insan pers disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang hadir dalam puncak Perayaan HPN 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).
Foto: Dok. Pemprov Jabar
Harapan besar terhadap kiprah insan pers disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang hadir dalam puncak Perayaan HPN 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harapan besar terhadap kiprah insan pers disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang hadir dalam puncak Perayaan HPN 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). Uu berharap, media massa di Indonesia dapat terus memberi manfaat bagi seluruh masyarakat serta mampu menyatukan persepsi akan nasionalisme di tengah keberagaman, sesuai semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika. 

“Harapan saya, pers nasional tetap sesuai dengan harapan kita semua, yaitu di samping media pemberitaan, memberikan, memberitakan hal yang positif, bermanfaat dan juga membawa kemaslahatan. Tetap jaga persatuan dan kesatuan,” ungkap Uu, dalam keterangannya, Jumat (10/2/2023). 

Baca Juga

Lebih lanjut Uu menegaskan, kehadiran pers sangat dibutuhkan baik oleh pemerintah selaku pelaksana negara berdasarkan Undang-undang Dasar 1945, juga bagi masyarakat. Melalui media massa kata dia, timbul interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya pembangunan dan kesejahteraan bangsa. 

“Kami Pemerintah Provinsi Jawa Barat butuh media untuk menyambungkan lidah kami, mempertajam mata kami, memperpanjang telinga kami dengan masyarakat. Juga masyarakat, kami yakin butuh kehadiran media untuk menyampaikan harapan dan keinginan kepada pemerintah,” ujarnya. 

“Bisa diambil kesimpulan, bahwa media salah satu hal untuk mempertemukan pemimpin dengan rakyat. Sukses untuk insan-insan media, khususnya insan media Jawa Barat,” tambahnya. 

Sebelumnya, pada acara gala dinner di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Rabu lalu, PWI Pusat memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sebagai Kepala Daerah Peduli Peningkatan Kapasitas Wartawan Melalui Program 1.000 Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

Menanggapi hal itu, Uu mengatakan, Program 1.000 UKW digelar sejak pertengahan tahun 2022 hingga Agustus 2023 yang terbagi dalam beberapa angkatan. Kegiatan berlangsung di sejumlah kabupaten dan kota di Jabar. Program tersebut merupakan wujud pemerintah yang punya harapan besar terhadap kiprah media di Jabar khususnya, dan Indonesia umumnya. 

Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers pada Dewan Pers Yadi Hendriana menyampaikan aoresiasinya atas kepedulian Pemprov Jabar dalam meningkatkan kapasitas wartawan/jurnalis, yaitu mengadakan uji kompetensi wartawan (UKW) untuk 1.000 jurnalis di Jawa Barat. 

“Kepedualian Pemprov Jabar patut kita apresiasi karena program ini akan menjadi ajang peningkatan kualitas jurnalis. Dan kami mendorong rekan-rekan jurnalis untuk meningkatkan kapasitas dan juga memupuk integritas untuk menghasilkan karya jurnalistik yang bermanfaat bagi publik. Salah satunya dengan mengikuti program UKW," ujar Yadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement