Sabtu 11 Feb 2023 06:08 WIB

Asfa Foundation Salurkan Bantuan 100 Ribu Dolar AS untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Bantuan untuk Turki dan Suriah masing-masing 50 ribu dolar AS.

Assalam Fil Alamin (Asfa) Foundation menyerahkan bantuan untuk korban gempa bumi di Turki sebesar 50 ribu dolar AS kepada Bulan Sabit Merah Turki di Istanbul, Turki, Jumat (10/2/2023).
Foto: istimewa
Assalam Fil Alamin (Asfa) Foundation menyerahkan bantuan untuk korban gempa bumi di Turki sebesar 50 ribu dolar AS kepada Bulan Sabit Merah Turki di Istanbul, Turki, Jumat (10/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL--Assalam Fil Alamin (Asfa) Foundation menyalurkan bantuan sebesar 100 ribu dolar AS untuk korban gempa Turki dan Suriah. Delegasi penyerahan bantuan ke Turki dan Suriah dipimpin langsung Ketua Asfa Foundation Komjen Pol (purn) Syafruddin Kambo di Istanbul, Turki, Jumat (10/2/2023).

Syafruddin didampingi Wakil Ketua Lazis Assalam Fil Alamin (Asfa) Kiai Anizar Masyhadi, Bendahara Pangeran Arsyad dan Pengurus Prof Zakir Sabara. Bantuan senilai 100 ribu dolar AS dibagi untuk Turki dan Suriah, masing-masing 50 ribu dolar AS.

Baca Juga

Bantuan untuk korban gempa di Turki disalurkan langsung oleh Wakil Ketua Lazis Asfa KH Anizar Masyhadi dan Bendahara Pangeran Arsyad di KJRI Istanbul melalui lembaga Bulan Sabit Merah Turki atau Turk Kizilay. Sementara bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Suriah, telah disalurkan secara langsung Sekretaris Lazis Asfa M Adil Triansyah melalui Dubes Suriah di Jakarta HE Abdul Munim Anan pada Kamis (9/2/2023).

Syafruddin menyampaikan duka dan bela sungkawa mendalam atas bencana gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah. Hingga saat ini, tercatat korban meninggal akibat gempa mencapai lebih dari 23 ribu orang.

Syafruddin menyerukan lembaga zakat di Indonesia untuk ikut membantu korban terdampak gempa di Turki dan Suriah. Ia mengatakan, bantuan dari masyarakat Indonesia dapat disalurkan langsung kepada Bulan Sabit Merah Turki/Turk Kizilay atau terhubung kepada KJRI Istanbul.

Haji Syafruddin yang juga Waketum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini mengutip sebuah hadits Rasulullah Muhammad SAW. "Allah senantiasa akan menolong hambanya, selama hamba tersebut menolong orang lain," tutur Syafruddin dalam keterangan, Sabtu (11/2/2023).

Sementara, menurut Konjen KJRI di Istanbul Turki, hubungan Indonesia dengan Turki sangat erat. Turki menjadi negara yang membantu Indonesia saat terjadi bencana, seperti gempa bumi tahun 2004 di Aceh.

Rencananya, Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan yang diangkut dengan dua pesawat terbang dari Jakarta ke Adana, pada Ahad (12/2/2023). Bantuan yang dikirimkan berupa alat-alat kebutuhan pokok, medis, makanan, tenda, dan tenaga medis.

Duta Besar Turki untuk Indonesia yang akan bertugas dan datang pada Maret di Jakarta menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada KJRI Istanbul, Lazis Assalam Fil Alamin, dan masyarakat Indonesia yang telah membantu rakyat Turki yang sedang terkena musibah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement