Senin 13 Feb 2023 01:17 WIB

Jakarta akan Jadi Tuan Rumah Tissot UCI Track Nation Cup 2023

Ini sekaligus jadi kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Tim balap sepeda Indonesia berlaga di Jakarta International Velodrome, Jakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Putra Haryo Kurniawan
Tim balap sepeda Indonesia berlaga di Jakarta International Velodrome, Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta International Velodrome dipastikan siap untuk menjadi tuan rumah gelaran Tissot UCI Track Nation Cup 2023 pada 23-26 Februari mendatang. Event ini sekaligus menjadi seri pertama dari kualifikasi balap sepeda disiplin track untuk Olimpiade Paris 2024. 

Nations Cup ini dulunya merupakan seri World Cup untuk nomor track yang berganti nama. Seri ini memeprlombakan atlet balap sepeda track terbaik dari seluruh dunia untuk mengumpulkan poin menuju Olimpiade. 

Baca Juga

Ini menjadi kali pertama buat Indonesia dipercaya oleh UCI (Federasi Balap Sepeda Dunia) untuk menjadi tuan rumah event berkelas dunia. Terlebih menjadi seri pertama kualifikasi Road to Olympic Paris 2024. 

"Bukan hanya kami sebagai tuan rumah penyelenggara yang sangat bangga, tapi pasti seluruh masyarakat Indonesia juga. Karena tidak mudah mendapatkan kepercayaan dunia untuk bisa menggelar event sebesar ini. Terlebih, kita punya velodrome terbaik dunia," kata Novian Herbowo, Ketua Penyelenggara Tissot UCI Track Nation Cup 2023, akhir pekan kemarin. 

"Event ini pun menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki kapasitas menjadi Tuan Rumah Event internasional, dan terus bersiap diri untuk menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2036," tambahnya. 

Sebelumnya, Velodrome Rawamangun juga telah menggelar tiga event berkelas internasiona. Mulai dari Asian Games 2018, Asian Para Games 2018 juga Kejuaraan Asia 2019. Kesiapan Velodrome Rawamangun disebut Novian tak perlu diragukan lagi untuk menjamu lebih dari 500 atlet elite balap sepeda track dunia. 

"Kami siap untuk menyambut dan memberikan yang terbaik untuk lebih dari 500 atlet balap sepda terbaik dunia yang akan hadir," ujar Novian yang juga merupakan Ketua Umum Pengrov ISSI DKI tersebut. 

"Kami berharap semoga para atlet nasional indonesia bisa mendapatkan prestasi terbaik mereka karena berlomba di kandang sendiri dengan dukungan penuh baik dari unsur pemerintah, komunitas dan juga masyarakat indonesia," imbuh Novian. 

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari turut meninjau kesiapan penyelenggaraan UCI Track Nation Cup 2023 yang akan diselenggarakan di Velodrome Rawamangun, Jakarta, 23-26 Februari. Event ini akan menjadi pembuka perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris dari disiplin track balap sepeda.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, berharap Indonesia dapat memanfaatkan  penyelenggaraan UCI Track Nation Cup 2023 untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki velodrome terbaik di dunia.

“Hanya ada satu velodrome seperti ini (velodrome Rawamangun-red) di dunia. Ini akan menjadi value bagi kita untuk berdiplomasi bahwa kita memiliki velodrome terbaik. Turnamen yang menjadi perburuan poin kualifikasi Olimpiade ini juga menjadi cara kita untuk berdiplomasi, bahwa Indonesia bisa. Sebab mata dunia akan memandang Indonesia dan kita harus menjaga nama baik negara kita,” kata Okto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement