Selasa 28 Mar 2023 23:11 WIB

Cara Blokir Panggilan dari Nomor tak Dikenal di Ponsel Android

Ada trik untuk memblokir panggilan dari nomor tak dikenal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Berhati-hati saat menerima panggilan dari nomor tak dikenal di perangkat Android, karena beberapa di antaranya mungkin bersifat penipuan atau berbahaya./ilustrasi
Foto: Republika/Mardiah
Berhati-hati saat menerima panggilan dari nomor tak dikenal di perangkat Android, karena beberapa di antaranya mungkin bersifat penipuan atau berbahaya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Anda mendapat beberapa panggilan telepon setiap hari. Mungkin, sebagian besar panggilan itu adalah spam atau dari nomor tak dikenal. Panggilan ini mungkin berasal dari telemarketer atau pelaku penipuan yang menggunakan sistem otomatis untuk melakukan panggilan yang tidak diinginkan ke sejumlah besar nomor telepon.

Meskipun Anda memiliki aplikasi seperti Truecaller yang dapat mengidentifikasi nomor, tentu akan lebih baik jika Anda dapat memblokir panggilan semacam itu. Dalam beberapa kasus, Anda juga menerima panggilan dari individu atau bisnis yang memblokir nomor telepon mereka karena alasan privasi, atau untuk mencegah nomor mereka teridentifikasi.

Baca Juga

Berhati-hatilah saat menerima panggilan dari nomor tak dikenal di perangkat Android, karena beberapa di antaranya mungkin bersifat penipuan atau berbahaya. Untuk menghindari panggilan yang tidak diinginkan, Anda dapat mengaktifkan fitur seperti pemblokiran panggilan yang mencurigakan.

Dilansir GadgetsNow pada Selasa (28/3/2023), berikut langkah-langkah untuk memblokir panggilan dari nomor tak dikenal di ponsel Android:

1. Buka aplikasi Phone by Google di ponsel atau tablet Android Anda.

2. Ketuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas layar.

3. Ketuk "Settings" dari menu dan ketuk "Blocked numbers”.

4. Aktifkan opsi "unknown" dan ini akan memblokir panggilan dari nomor tak dikenal.

 

Namun, jika Anda ingin menambahkan nomor telepon atau kontak, maka tambahan ke daftar blokir. Anda dapat melakukannya dengan mengetuk "Add a number" atau "Add contact" dan memasukkan nomor telepon atau nama kontak.

Perhatikan bahwa langkah-langkah yang tepat dapat bervariasi tergantung pada model perangkat dan versi Android. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dalam membagikan nomor telepon secara daring atau dengan orang yang tidak Anda kenal, untuk mengurangi kemungkinan menerima panggilan yang tidak diinginkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement