Senin 29 May 2023 07:14 WIB

Cedera di Laga Pamungkas Liga Primer, Saka Terancam Absen Bela Timnas Inggris

Kebugaran Saka menjadi isu tersendiri yang harus dihadapi pelatih Inggris Southgate.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang serang Arsenal, Bukayo Saka, mengalami cedera setelah timnya mencukur Wolverhampton Wanderers, 5-0, di Liga Primer Inggris, Ahad (29/5/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Gelandang serang Arsenal, Bukayo Saka, mengalami cedera setelah timnya mencukur Wolverhampton Wanderers, 5-0, di Liga Primer Inggris, Ahad (29/5/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, terancam tidak bisa menyertakan Bukayo Saka di dua laga lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2024, awal bulan depan. Winger Arsenal itu diketahui mengalami cedera kala the Gunners mencukur Wolverhampton Wanderers, 5-0, Ahad (29/5/2023) dini hari WIB.

Dalam laga pada pekan pamungkas Liga Primer Inggris musim ini tersebut, Saka mampu menyumbang satu gol, tepatnya pada menit ke-27. Namun, saat laga telah menginjak menit ke-60, Saka terpaksa ditarik keluar lantaran mengalami cedera dan digantikan oleh Reiss Nelson.

Baca Juga

Winger asal Inggris itu dilaporkan mengalami cedera. Sebelumnya, kondisi winger asal Inggris itu memang tengah berada dalam pantauan tim medis Arsenal. Namun, Saka akhirnya dinyatakan fit untuk bisa tampil dalam lawatan Wolves ke Stadion Emirates tersebut.

Dengan cedera yang dialami di laga ini, Saka berpotensi absen membela timnas Inggris. The Three Lions dijadwalkan melawat ke markas Malta pada 19 Juni 2023 mendatang. Kemudian, tiga hari kemudian, Inggris akan melakoni laga tandang ke markas Makedonia Utara. Dua laga itu merupakan lanjutan penyisihan Grup C babak kualifikasi Piala Eropa 2024.

''Kondisi kebugaran Saka dapat menjadi isu tersendiri yang harus dihadapi Gareth Southgate dalam memilih penggawa Inggris di dua laga tersebut,'' tulis laporan Sports Mole, Senin (29/5/2023).

Winger berusia 21 tahun itu terbukti tampil impresif pada musim ini. Dari 48 penampilan di semua ajang pada musim ini, Saka sukses mengemas 15 gol dan 11 assist. Saka pun bersanding dengan Gabriel Martinelli dan Martin Odegaard sebagai top skorer Arsenal pada musim ini.

Saka, yang baru meneken perpanjangan kontrak selama empat tahun bersama Arsenal, juga mampu tampil apik dalam kesempatan terakhir memperkuat timnas Inggris. Kemenangan Inggris, 2-0, atas Ukraina pada laga ketiga penyisihan Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2024, akhir Maret 2022 lalu, tidak terlepas dari peran krusial Saka.

Dalam laga tersebut, Saka mampu menorehkan assist buat Harry Kane dan mencetak gol. Pengoleksi 26 caps buat the Three Lions itu pun terpilih sebagai pemain terbaik di laga tersebut. Kemenangan atas Ukraina itu mengantarkan Inggris memuncaki klasemen sementara Grup C kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan koleksi enam poin dari dua laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement