Senin 18 Jul 2022 16:00 WIB

Kenali Efek Samping dan Manfaat Promag, Obat Maag yang Paling Sering Diandalkan untuk Atasi Sakit Maag,

Penting bagi calon konsumen untuk lebih dahulu mengenal produk obat sakit maag, Promag. Berikut informasi lengkap terkait Promag yang perlu kamu tahu.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Promag telah menjadi salah satu merek obat maag yang banyak dipercayai masyarakat Indonesia. Obat dengan kemasan hijau ini telah lama dipercaya untuk membantu mengatasi berbagai gejala sakit maag dan beberapa penyakit lambung lainnya.

Kualitas dari obat ini juga sudah diragukan lagi. Pasalnya, obat yang hadir sejak puluhan tahun lalu itu telah membuktikan kualitasnya dan dipercaya dari generasi ke generasi. Inovasi juga terus dilakukan untuk membuat konsumen lebih nyaman.

Selain bisa meredakan masalah lambung dengan cepat, obat ini juga hadir dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan. Bahkan di warung-warung biasa, obat ini juga cukup mudah ditemukan. Ditambah, variannya begitu banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Tetapi meskipun tergolong obat bebas, penggunaan Promag juga harus memperhatikan beberapa hal. Sebab, biar bagaimanapun Promag merupakan obat kimia yang dimasukkan ke dalam tubuh. Jika penggunaannya tidak sesuai aturan, justru bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, penting bagi calon konsumen untuk lebih dahulu mengenal produk ini. Berikut informasi lengkap terkait Promag yang perlu kamu tahu.

 

Promag Telah Dipercaya Sejak 1971

Promag

Promag telah hadir di tengah-tengah masyarakat sejak puluhan tahun lalu, tepatnya pada 1971. Jika dihitung hingga tahun 2022, itu artinya obat ini sudah ada di pasaran selama 51 tahun. Tidak heran jika banyak orang yang mempercayai Promag jika mengalami masalah lambung ringan.

Obat ini masuk ke dalam golongan obat bebas sehingga bisa di beli di warung obat atau apotek tanpa perlu resep dokter. Di dalam Promag terkandung zat aktif simethicone, hydrotalcite, dan magnesium hidroksida. Keberadaan zat aktif ini yang membantu mengatasi masalah lambung.

Di pasaran, Promag ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hal ini membuat calon konsumen bisa bebas memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan isi kantong. 

Untuk rentang usia yang boleh mengonsumsi Promag juga cukup lebar, bisa digunakan oleh orang dewasa dan juga anak-anak. Tetapi anak-anak yang diperbolehkan minum harus berusia di atas 6 tahun.

Berbagai Jenis Promag di Pasaran

Sejak hadir di masyarakat pada tahun 1971, produsen pembuat Promag terus melakukan inovasi demi menghadirkan varian-varian baru yang dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Tidak hanya dari segi kemasan, tetapi juga kandungan bahan yang ada di dalamnya.

Sampai saat ini, setidaknya ada empat varian yang beredar di pasaran:

Jenis Promag

Keterangan Produk

Promag Herbal

Promag Herbal atau Promag Gazero Herbal merupakan salah satu inovasi terbaru baru yang dibuat oleh Promag. Sesuai dengan namanya, obat ini memang dihadirkan dengan menggunakan bahan herbal sebagai komposisinya.

Ada delapan bahan herbal yang digunakan sebagai komposisi dari Promag Herbal. Bahan-bahan tersebut di antaranya:

  • Daun mint
  • Adas
  • Akar manis
  • Madu
  • Royal jelly
  • Nanas
  • Jahe merah dan
  • Kunyit.

Kombinasi dari bahan-bahan tersebut mampu mengatasi masalah lambung seperti kembung/sebah, nyeri ulu hati, mual dan muntah.

Selain itu, bahan herbal tersebut juga mampu menghangatkan perut.

Promag Double Action

Varian ini hadir dengan kemampuan kerja ganda. Sesuai dengan namanya, Promag Double Action bekerja dengan cara menurunkan asam lambung sekaligus menggunakan acid blocker (H2 Blocker) guna menurunkan asam lambung yang diproduksi.

Didalamnya terkandung beberapa zat aktif seperti magnesium hydroxide, calcium carbonate, dan famotidine.

Promag Cair

Promag Cair hadir dalam dua kemasan, yakni botol dan cair. Obat ini berguna untuk mengobati berbagai gejala sakit maag seperti kembung, mual, dan nyeri ulu hati.

Di dalamnya terkandung bahan aktif simethicone, magnesium hydroxide, dan hydr

Promag Tablet

Kemudian varian terakhir yang bisa kamu pilih adalah Promag Tablet. Bentuk tablet membuat varian ini jadi lebih praktis dibawa kemana-mana. Kombinasi simethicone, magnesium hydroxide, dan hydrotalcite mampu mengatasi gejala sakit maag dengan cepat.

Kenali Manfaat Promag sebelum Membeli

Baru mendengar namanya saja orang pasti sudah bisa membayangkan apa manfaat dari obat ini. Tepat sekali, Promag memang dihadirkan untuk membantu mengatasi berbagai gejala sakit maag seperti kembung, nyeri ulu hati, mual dan muntah.

Selain itu, untuk varian Promag Herbal juga dilengkapi dengan kandungan bahan yang bisa membuat perut jadi hangat. Hal ini tentu menjadikan perut lebih nyaman.

Efek Samping yang Mungkin Dirasakan Usai Mengonsumsi Promag

Semua jenis obat biasanya tetap berpotensi menimbulkan efek samping meskipun pada produk tertentu jarang terjadi. Kandungan bahan aktif di dalam Promag pun juga mempunyai kemungkinan untuk menyebabkan efek samping.

Beberapa efek samping yang mungkin dirasakan adalah sakit kepala, pusing, mual, sembelit atau diare. Umumnya ini akan membaik dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Tetapi jika malah semakin parah atau tidak lekas membaik, segera kunjungi dokter. Begitu juga jika muncul gejala alergi atau efek samping serius seperti rasa sakit saat kencing, aritmia, atau feses kehitaman. 

Baca Juga:  Mylanta: Deskripsi Produk, Manfaat, hingga Efek Sampingnya

Harga Promag Merakyat

Jika berbicara soal harga, Promag ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Harga Promag paling mahal saja tidak sampai Rp15.000,-. Misalnya untuk Promag Tablet, untuk tiap stripnya hanya dibanderol Rp 8 ribuan. Sedangkan untuk Promag Cair dan Herbal hanya Rp 13 ribuan saja.

Baca Juga:  Obat Omeprazole: Deskripsi, Dosis, Cara Penggunaan, serta Efek Sampingnya

Dosis dan Cara Mengonsumsi Promag

Promag hadir sebagai solusi mengatasi sakit maag untuk orang dewasa maupun anak-anak. Tetapi yang perlu diperhatikan, usia anak-anak yang boleh menggunakan Promag harus di atas 6 tahun, kecuali untuk Promag Double Action yang harus lebih dari 12 tahun.

Penggunaan obat yang tergolong antiflatulen atau antasida seperti Promag biasanya boleh dikonsumsi dalam jangka paling lama 2 minggu. Jika harus minum obat lain, beri jarak 2 sampai 4 jam usai mengonsumsi Promag.

Jika sedang tidak digunakan, hindarkan dari paparan matahari langsung dan letakkan di tempat yang kering

Jenis Promag

Dosis dan Cara Mengonsumsi

Promag Herbal

Untuk orang dewasa, varian ini bisa dikonsumsi sehari tiga kali 1 sachet. Bisa dikonsumsi sebelum maupun setelah makan dengan dicampur air hangat atau langsung diminum.

Promag Double Action

Untuk anak-anak yang berusia lebih dari 12 tahun dan dewasa, obat ini dikonsumsi sehari dua kali 1 tablet kunyah. Sehari hanya boleh mengonsumsi maksimal dua tablet.

Obat ini tidak dianjurkan dikonsumsi berbarengan dengan makanan. Anjurannya diminum satu jam sebelum makan guna mencegah munculnya gejala atau saat gejala muncul.

Promag Cair

Baik untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun atau dewasa, sehari bisa mengonsumsi 3 hingga 4 kali.

Tetapi untuk anak-anak sekali minum hanya 1 sachet. Sedangkan dewasa boleh 1 sampai 2 sachet.

Obat ini bisa dikonsumsi ketika gejala sakit maag mulai muncul. Anjurannya diminum 1 sampai 2 jam sebelum maupun setelah makan atau saat akan tidur.

Promag Tablet

Penggunaan untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun atau dewasa, sehari diperbolehkan mengonsumsi 3 hingga 4 kali.

Tetapi untuk anak-anak sekali minum hanya ½ sampai 1 tablet kunyah. Sedangkan dewasa boleh 1 sampai 2 tablet kunyah.

Obat ini umumnya dikonsumsi ketika gejala sakit maag mulai muncul. Bisa diminum 1 sampai 2 jam sebelum maupun setelah makan atau saat akan tidur.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Promag

Senyawa di dalam Promag mampu berinteraksi dengan beberapa obat lain. Misalnya ketika digunakan bersama dengan obat yang di dalamnya terkandung estrogen seperti pil KB, ini akan menurunkan efektifitasnya. 

Selain itu juga bisa menurunkan penyerapan obat tiroid, obat golongan quinolone, golongan tetrasiklin, strontium, pazopanib, zat besi, estramustine, digoxin, dan bifosfonat.

Harga Promag Merakyat dan Mudah Didapat

Dipercaya sejak 1971 membuat Promag menjadi salah satu obat maag yang namanya sudah lekat di hati masyarakat. Apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau dan mudah didapat di warung-warung sekitar rumah.

Sebagai obat antasida dan anti kembung, kemampuan Promag juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dalam waktu singkat, obat ini bisa mengatasi berbagai gejala maag yang mengganggu.

Meski begitu, kamu tetap harus selalu memperhatikan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Jika gejala tidak kunjung membaik atau muncul alergi obat, segera kunjungi dokter.

Baca Juga: Ranitidin, Obat Penghambat Sekresi Asam Berlebih dalam Lambung

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement