Selasa 04 Jun 2024 21:26 WIB

Aplikasi Investasi Emas Digital Terbaik dan Berizin BAPPEBTI

Investasi emas digital adalah investasi pada aset emas murni secara online. Cara investasi emas digital bisa lewat aplikasi berizin BAPPEBTI ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Investasi emas digital saat ini tengah digandrungi masyarakat. Sebab, dianggap lebih praktis, murah, dan aman.

Investasi emas digital sendiri adalah kegiatan menanamkan modal pada aset emas murni 24 karat berkadar 99,9% secara online. Cara investasi emas digital melalui aplikasi jual beli emas online.

Artinya, kamu dapat membeli, menjual, dan menarik fisik emas secara daring. Lewat gadget, seperti smartphone maupun laptop dari rumah.

 

Keuntungan Investasi Emas Digital atau Investasi Emas Online

Investasi Emas Digital

Investasi Emas Digital

Investasi emas digital atau investasi emas online memiliki keuntungan, antara lain:

1. Modal Receh

Investasi emas digital atau beli emas online di aplikasi dapat dimulai dengan modal terjangkau, mulai dari 10 ribu rupiah.

Ini karena kamu tidak perlu membeli emas satu gram langsung seperti investasi emas offline. Misalnya, harga emas hari ini 1 juta rupiah.

2. Ada Fisik Emasnya

Investasi emas digital bukan investasi halu. Meskipun transaksi dilakukan secara online atau digital, tetap ada fisik emasnya. Jika sudah mencapai target, kamu bisa request cetak emas fisik.

3. Bisa Transaksi Emas Kapan Saja

Keuntungan investasi emas digital lainnya adalah lebih gampang saat transaksi jual atau beli emas. Mengapa? Karena cukup berbekal ponsel pintar, kamu bisa beli emas online dan menjualnya kapan pun dan di mana pun.

Tak perlu repot pergi ke toko emas. Lebih hemat waktu, biaya, tenaga, serta menghindari risiko pencurian atau kejahatan lain.

4. Lebih Aman

Ketika berinvestasi emas fisik kamu perlu menyediakan brankas atau tempat penyimpanan emas. Jika tidak punya, terpaksa menyimpan emas di lemari baju, bawah bantal atau bawah tempat tidur, sehingga rawan perampokan, kebakaran, kebanjiran, dan lainnya.

Sedangkan, investasi emas online dianggap lebih aman karena penyimpanannya dilakukan oleh pihak penyedia layanan.

Kerugian Investasi Emas Digital atau Investasi Emas Online

 Investasi Emas Digital

Investasi Emas Digital

Sementara kerugian investasi emas digital atau investasi emas online, salah satunya adalah rawan terjerat investasi bodong. Investasi emas online ilegal masih menjamur. Menawarkan iming-iming keuntungan sangat besar tanpa risiko.

Jika kamu tidak hati-hati, bisa terjerat investasi bodong. Oleh karenanya, investasi emas digital atau transaksi emas online pada perusahaan maupun aplikasi terpercaya.

Sebelum melakukan investasi, cek perusahaan atau aplikasi berizin resmi dari BAPPEBTI.

Investasi Emas Digital Sudah Kantongi Izin BAPPEBTI

View this post on Instagram

A post shared by Bappebti (@bappebti)

Tak perlu khawatir, investasi emas digital atau perdagangan emas digital sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan. Jadi, bukan ranah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kementerian Perdagangan menjamin perdagangan fisik emas digital mudah, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Plt. Kepala BAPPEBTI, Indrasari Wisnu Wardhana dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Perdagangan fisik emas digital selain melalui platform perdagangan emas, juga dapat ditransaksikan di bursa berjangka. Inilah yang dinamakan perdagangan fisik emas digital dengan cara matching di pedagang emas (di luar bursa) dan matching di bursa berjangka (di dalam bursa).

Jadi, kamu tak perlu ragu lagi investasi emas digital di Indonesia, karena sudah memiliki kepastian hukum dan perlindungan bagi masyarakat dengan adanya bursa dan kliring.

BAPPEBTI memberi persetujuan kepada PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) melakukan kegiatan penyelenggaraan pasar fisik emas digital.

Persetujuan juga diberikan kepada PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dan PT Indonesia Clearing House sebagai Lembaga Kliring dan Penjaminan Penyelesaian Transaksi Pasar Fisik Emas Digital.

Cara Investasi Emas Digital

Investasi Emas Digital

Cara Investasi Emas Digital

Transaksi emas online harus dilakukan di aplikasi aman dan terpercaya. Salah satunya, Cermati.

Tempat di mana kamu dapat melakukan transaksi jual beli emas digital secara real-time dengan nominal mulai dari 10 ribu rupiah. Cermati juga sudah bekerja sama dengan Treasury, penyedia emas berlisensi yang telah memiliki izin resmi dari BAPPEBTI. Jadi, dijamin aman.

Jadi Korban Penipuan Investasi Emas Digital, Lapor Bappebti 

Jika kamu menemukan kecurigaan adanya pedagang emas digital ilegal atau menjadi korbannya, segera lapor ke Bappebti di nomor telepon (021) 2301665, 2301663, 2301654, 2301645 atau SMS/WhatsApp melalui nomor 0811 1109 901. Bisa juga email ke [email protected].

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement