Perkembangan teknologi informasi semakin masif. Perubahan gaya hidup menjadi serba digital menawarkan banyak kemudahan beraktivitas. Sehingga mau tidak mau semakin banyak juga yang harus dipelajari.
“Jangan malas mengedukasi diri. Terus belajar sehingga bisa menggali potensi baru. Harus bisa bereksplorasi,” kata Public Figure, Fanny Fabriana saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Jumat (22/7/2022).
Baca Juga: Langkah Simple Aman di Dunia Digital, Selalu Rahasiakan OTP!
Masyarakat dituntut cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sekarang ini internet menjadi bagian dalam keseharian, bisa digunakan untuk berkomunikasi, usaha dan belanja, edukasi, hingga berinovasi. Sehingga setiap individu harus memiliki filter dan mencari tahu apa yang cocok untuk dirinya.
Salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan dari internet adalah membuka usaha online. Setiap orang tidak boleh malu ketika mau memulai usaha dari nol di dunia digital. Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersedia di media sosial, promosi usaha online semakin mudah dan bisa mencakup target lebih luas.
“Konten yang tepat sasaran akan membuka peluang lebih luas. Jika kita konsisten membuat konten di bidang yang disukai, bisa membuka peluang yang bukan hanya ujung-ujung duit, tapi bisa peluang bertemu lingkungan baik, komunitas baik,” ujar Fanny.
Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.
Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.
Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Founder - Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo. Kemudian VP-Head of Marketing East Java Bali Nusra , PT Indosat Tbk, Heny Tri P., SE, serta Public Figure, Fanny Fabriana.
Baca Juga: Anies Baswedan Bersyukur, JIS Bisa Tuntas Berkat Bantuan Jokowi
Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.