Sindikasi Republika

Punya Masalah Paha Besar? Inilah Cara Mengecilkan Paha yang Ampuh

Senin , 01 Aug 2022, 18:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Seiring dengan pesatnya perkembangan dan maraknya penggunaan akun media sosial, kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan semakin meningkat. Oleh sebab itu, banyak orang sibuk menambah wawasan tentang bagaimana cara menjaga berat badan dan bentuk tubuh agar tetap ideal. 

Nah, artikel berikut ini akan mengupas tuntas penyebab dan cara mengecilkan salah satu bagian tubuh yang paling banyak diperhatikan oleh sebagian besar umat manusia, terutama perempuan, yaitu paha. 

Baca Juga: Ingin Diet dan Tetap Bisa Menikmati Makanan? Pilih Diet DEBM, Begini Polanya

Penyebab Paha Besar

Penyebab Paha Besar

Penyebab Paha Besar

Sebelum mengetahui cara mengecilkan paha, kamu perlu mengenali terlebih dahulu alasan atau penyebab paha besar.

  • Obesitas 

    Obesitas adalah salah satu hal yang menyebabkan paha menjadi bertambah besar. Obesitas sendiri dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana terjadi penumpukan lemak yang diakibatkan oleh jumlah kalori yang masuk tidak seimbang dengan jumlah kalori yang dibakar. 

    Tak hanya penumpukan lemak, WHO mencatat bahwa obesitas juga dapat disebabkan oleh tingginya konsumsi makanan manis atau memiliki kadar gula tinggi.

  • Kurang Aktif Bergerak 

    Berikutnya, gaya hidup yang menyebabkan tubuh kurang bergerak secara aktif juga dapat mengakibatkan paha menjadi besar. Misalnya, duduk dalam jangka waktu lama saat bekerja. 

    Kamu harus tahu bahwa ketika tubuh kurang aktif bergerak maka kalori yang terdapat atau masuk ke dalam tubuh tidak dapat dibakar secara optimal. Akibatnya, tubuh menjadi rentan terhadap obesitas. 

  • Faktor Keturunan atau Genetik

    Terakhir, paha besar juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan yang diwariskan secara genetik oleh orang tuamu. Pada kondisi ini, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter guna mengatasi permasalahan tersebut sebelum mencoba berbagai metode diet.

5 Alternatif Cara Mengecilkan Paha

Banyak Mengonsumsi Air Putih  

Banyak Mengonsumsi Air Putih

Berikut ini ada 5 alternatif cara untuk mengecilkan paha yang layak untuk dicoba. 

  1. Mengubah Pola Makan 

    Pada dasarnya, tidak ada pola makan khusus atau spesifik untuk mengecilkan paha. Namun, mengubah pola makan dengan beralih ke berbagai jenis makanan sehat dapat menurunkan berat badan secara keseluruhan. 

    Nah, bagi kamu yang ingin mengecilkan paha serta menurunkan berat badan secara keseluruhan dengan cara mengubah pola makan, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan: 

    • Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan gandum utuh yang kaya akan serat agar membuat perut kenyang lebih lama. 
    • Diet karbohidrat dengan cara mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan membatasi konsumsi gula.
    • Mengurangi asupan garam dengan cara menghindari konsumsi makanan cepat saji yang dapat membuat tubuh menahan air dan mengakibatkan pembengkakan, khususnya di area paha. 

  2. Banyak Mengonsumsi Air Putih 

    Mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak dapat melarutkan kandungan garam dan mineral berlebih dalam tubuh. Hal tersebut berguna untuk mencegah pembengkakan tubuh, terutama pada area paha. 

    Tak hanya melarutkan garam dan mineral berlebih, mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantumu menghindari kebiasaan ngemil yang dapat memicu obesitas. 

  3. Hindari Stress 

    Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi merupakan salah satu penyebab gangguan makan, salah satunya makan secara berlebihan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. 

    Meskipun menghindari stres tergolong sebagai solusi yang klise, nyatanya kamu bisa mengalihkan stres dengan cara melakukan hobi, olahraga, hingga meditasi. 

    Bermain dengan hewan peliharaan atau berkebun juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan stres bagi para introvert. 

  4. Jangan Terlalu Sering Begadang

    Siapa nih yang hobi begadang? Tahukah kamu, bahwa kebiasaan begadang tak hanya dapat memengaruhi jam tidur namun juga hormon-hormon dalam tubuh?

    Hal tersebut merangsang peningkatan produksi ghrelin yang mengakibatkan peningkatan nafsu makan serta mengurangi produksi leptin, yakni hormon yang berfungsi mengurangi rasa lapar. Hal inilah yang menyebabkan kamu sering merasa lapar saat tengah malam ketika sedang begadang. 

  5. Olahraga Secara Teratur 

    Terakhir, cara mengecilkan paha yang layak untuk dicoba adalah dengan berolahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, di antaranya melatih kekuatan tubuh, membakar lebih banyak kalori, mengurangi lemak tubuh, hingga mengecilkan paha. 

    Tak hanya itu, berolahraga secara teratur juga dapat mencegah stres serta meningkatkan kualitas tidur sehingga menurunkan risiko obesitas. 

Baca Juga: Kian Populer, Mengenal Apa Itu Senam Kegel dan Manfaatnya bagi Wanita dan Pria

Jenis Olahraga yang Dapat Mengecilkan Paha

Lunges

Lunges

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa berolahraga secara teratur merupakan salah satu cara mengecilkan paha. Pertanyaannya, jenis olahraga seperti apa yang dapat mengecilkan paha? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

  1. Squat 

    Squat merupakan jenis exercise ringan yang bertujuan untuk melatih otot bagian bawah serta mengecilkan paha. Kamu bisa mencoba gerakan ini di rumah. 

    Caranya mudah, kamu hanya perlu berdiri dengan posisi kaki terbuka selebar bahu kemudian posisikan kedua tangan lurus ke depan. Kemudian turunkan pantat hingga mendekati lantai dan tetaplah berada pada posisi tersebut selama 15 hingga 30 detik sebelum kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini hingga 10 kali. 

  2. Lunges 

    Lunges merupakan jenis latihan kekuatan yang berfungsi untuk memperkuat atau membentuk otot tubuh bagian bawah, meningkatkan kebugaran dan mengencangkan tubuh, serta meningkatkan kinerja atletik, termasuk mengecilkan paha. 

    Sama halnya dengan squat, gerakan lunges ini dapat kamu lakukan sebagai bentuk exercise sederhana di rumah. 

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah berdiri tegak dengan satu kaki ke depan. Kemudian, tekuk lutut dan turunkan tubuh serendah mungkin hingga lutut kaki belakang menyentuh lantai. 

    Jika sudah, kembalilah ke posisi semula dan ulangi sebanyak 10 kali pada kaki yang sama, dan lakukan pula untuk kaki yang lain. 

  3. Leg-Lift 

    Leg lift atau leg raise merupakan gerakan exercise yang berfungsi untuk mengencangkan otot perut dan pinggul, mengurangi nyeri punggung, meningkatkan kekuatan dan stabilitas otot-otot inti, hingga mengecilkan dan mengencangkan paha dalam. Gerakan ini dapat kamu lakukan di rumah, dan caranya pun mudah. 

    Pertama, pastikan untuk berbaring di atas matras dengan kedua tangan di samping tubuh. Kemudian, buatlah kedua kaki merapat dan angkat hingga membentuk sudut 46 derajat. Tetaplah berada pada posisi tersebut hingga 15 detik lalu kembalikan posisi kaki seperti semula dan ulangi hingga 10 kali. 

  4. Lompat Tali 

    Tak banyak orang yang menyadari bahwa lompat tali sebenarnya merupakan salah satu jenis latihan kardio yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan stamina, serta meningkatkan efisiensi pernapasan. 

    Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa lompat tali jauh lebih efektif membakar kalori daripada jogging. Oleh sebab itu, lompat tali sering direkomendasikan sebagai jenis olahraga yang dapat menurunkan berat badan. 

    Jadi, cobalah untuk melakukan gerakan lompat tali secara rutin setidaknya 20 hingga 30 menit. 

  5. Naik Turun Tangga

    Apakah bangunan rumah kamu terdiri dari dua lantai? Jika ya, maka cobalah untuk naik-turun tangga sebagai latihan kardio setiap hari. 

    Caranya mudah, kamu hanya perlu berdiri tegap kemudian naiki satu anak tangga dengan kaki kanan dan turun kembali. Ulangi sebanyak 10 kali dan lakukan untuk kaki kiri masing-masing 2 set dengan waktu jeda 10 detik. 

    Selain memperkuat pernapasan dan jantung, gerakan ini juga dapat menguatkan otot kaki, mengecilkan paha, dan tentunya membakar kalori.

  6. Latihan Aerobik 

    Latihan aerobik juga merupakan jenis latihan kardio yang dapat memperkuat sistem pernapasan dan jantung, membakar kalori, dan mengecilkan paha. Lari, bersepeda, renang, menari, dan jalan cepat merupakan beberapa contoh latihan aerobik yang dapat kamu coba untuk mengecilkan paha. 

    Jika ingin lebih efektif, cobalah untuk berjalan kaki atau berlari pada jalanan yang menanjak, misalnya dengan mengatur kemiringan pada mesin treadmill

  7. Yoga 

    Terakhir, lakukan yoga secara teratur. Pada sesi latihan yoga, terdapat pose anantasana dan warrior yang diklaim dapat mengecilkan paha. 

    Warrior pose dapat dilakukan dengan cara berdiri tegap dengan satu kaki di depan, kemudian tekuk satu kaki dan luruskan kaki satunya ke belakang. 

    Sementara pose anantasana dapat dilakukan dengan cara berbaring lurus, kemudian menghadap kiri dan angkat kaki kanan hingga 90 derajat. Setelah itu, letakkan tangan kiri untuk menopang kepala, sesudahnya angkat tangan kanan untuk memegang kaki kanan dan tahan posisi tersebut selama 20 detik. 

    Jika sudah, putarlah ke sisi lain dan ulangi urutan gerakan tersebut untuk kaki kiri. Kemudian akhiri pose anantasana dengan berbaring lurus.

Solusi untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jadi, siapa nih yang punya masalah dengan paha besar? Yuk, coba salah satu cara mengecilkan paha di atas supaya lebih percaya diri!

Baca Juga: Sehat Fisik dan Mental dengan Latihan Kebugaran Jasmani

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark