Sindikasi Republika

Harga Vaksin HPV Beserta Info Kandungan, Efek Samping, dan Manfaat Vaksin HPV

Rabu , 10 Aug 2022, 11:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto:

Kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyeramkan. Data WHO menunjukkan terdapat 396.914 kasus kanker di Indonesia. Berdasarkan total kasus tersebut, tahukah kamu bahwa sebanyak 9,2% dari total kasus kanker tersebut atau sebanyak 36.633 kasusnya merupakan kanker serviks. 

Angka tersebut memperlihatkan bahwa kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang banyak terjadi di Indonesia. Kanker serviks sendiri merupakan jenis kanker yang menyerang sel-sel rahim, khususnya area serviks atau leher rahim. 

Penyebab pasti munculnya kanker ini pun belum diketahui dengan jelas. Akan tetapi, salah satu penyebab munculnya kanker serviks ini berkaitan dengan adanya infeksi HPV. HPV adalah virus yang menyebabkan infeksi kulit yang ditandai dengan tumbuhnya kutil di bagian yang terinfeksi, seperti di lengan, mulut, hingga area kelamin. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker serviks adalah dengan melakukan vaksin HPV. Apa itu vaksin HPV dan berapa harga vaksin HPV di rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya? Simak penjelasan berikut ini, ya. 

 

Apa itu Vaksin HPV?

harga vaksin hpv

Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi HPV pada tubuh. HPV atau virus human papillomavirus merupakan infeksi yang dapat menular melalui kontak langsung atau melalui hubungan seksual dengan penderita. 

Jika HPV menyerang tubuh, akan timbul kutil di area tubuh yang terinfeksi. Di tiap area, kutil pun dapat menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Misalnya, jika kutil tumbuh di area bahu, lengan, dan jari tangan, gejala yang muncul berupa munculnya benjolan dan terasa sakit. 

Vaksin HPV dapat diberikan pada anak-anak dan orang dewasa, namun jumlah vaksin yang diberikan berbeda. Untuk anak-anak, vaksin HPV dapat diberikan pada saat anak berusia 9 sampai 14 tahun dengan dosis 2 vaksin. Namun, kedua dosis vaksin tersebut tidak diberikan secara langsung melainkan dengan jarak 6 sampai 12 bulan antar vaksin. 

Untuk orang dewasa, vaksin HPV diberikan pada remaja usia 15 sampai dewasa usia 26 tahun. Vaksin HPV untuk orang dewasa pun diberikan dalam 3 dosis dengan jarak antar dosis 1–2 bulan untuk vaksin kedua, dan 6 bulan untuk vaksin ketiga. 

Kandungan Vaksin HPV

Lantas, vaksin HPV itu isinya apa, ya? Sebelum membahas kandungan vaksin HPV, ada baiknya pahami dulu jenis-jenis vaksin HPV itu sendiri. 

Terdapat 2 jenis vaksin HPV yang perlu diketahui, yaitu vaksin HPV jenis bivalen dan vaksin HPV jenis trivalen. Vaksin HPV bivalen merupakan vaksin yang dapat mencegah virus HPV tipe 16 dan 18. Vaksin HPV bivalen ini berfungsi untuk mencegah kanker serviks. 

Kemudian, jenis vaksin HPV trivalen merupakan vaksin yang dapat mencegah virus HPV tipe 6, 11, 16, dan 18. Vaksin HPV trivalen ini tak hanya dapat mencegah kanker serviks, tetapi juga timbulnya kutil di area kelamin. 

Nah, kedua jenis vaksin HPV ini mengandung protein yang menyerupai virus HPV. Dengan begitu, saat vaksin dimasukkan ke dalam tubuh, protein tersebut akan dikenali oleh sistem imun dan antibodi pun dibentuk untuk mencegah virus serupa menginfeksi tubuh. 

Baca Juga:  Kanker Serviks: Penyebab Kanker Serviks, Gejala Kanker Serviks, Ciri-Ciri, Pencegahan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui

Manfaat Vaksin HPV

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, vaksin HPV dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah terinfeksi virus HPV, khususnya kanker serviks. Vaksin HPV sendiri terbukti berhasil menurunkan angka penyakit kutil kelamin dan kanker serviks secara signifikan di Amerika dengan penurunan kasus sebesar 88%. 

Tak hanya mencegah penyakit kanker serviks, vaksin HPV juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit lainnya, seperti mencegah penyakit kanker vagina, vulva, dubur, mulut, tenggorokan. 

Vaksin HPV pun tak hanya diberikan untuk wanita, pria pun juga wajib mendapatkan vaksin ini. Hal ini dikarenakan vaksin HPV bermanfaat untuk mencegah penyakit kelamin pada pria seperti kanker penis, kanker dubur, dan menurunkan angka kemungkinan menularkan infeksi HPV ke pasangan seksualnya. 

Harga Vaksin HPV 

vaksin kanker serviks

Melihat pentingnya vaksin HPV bagi kesehatan, kita pun jadi bertanya-tanya, ya, berapa harga vaksin HPV itu? Harga vaksin HPV di rumah sakit sendiri terbilang cukup mahal, yaitu berada di kisaran harga Rp750.000 sampai Rp1.300.000. Harga tersebut pun di luar biaya konsultasi dan juga biaya tambahan lainnya.

Mulai tahun 2022 ini, pemerintah akan menggratiskan harga vaksin HPV. Namun, penggratisan harga vaksin HPV ini hanya ditujukan untuk anak-anak sebagai bentuk pencegahan kanker serviks sejak dini. 

Penggratisan harga vaksin HPV ini dilakukan supaya distribusi vaksin dapat semakin cepat dan menyeluruh. Dengan begitu, angka kanker serviks pun dapat ditekan dan masyarakat semakin terlindungi dari penyakit tersebut. 

Karena penggratisan harga vaksin HPV hanya diberikan kepada anak-anak, orang dewasa yang ingin mendapatkan vaksin HPV perlu melakukannya secara mandiri dan berbayar. Harga vaksin HPV yang dibanderol pun dapat berbeda-beda, tergantung dari rumah sakit, jenis vaksin, dan juga wilayah yang dipilih. 

Cara Mendapatkan Vaksin HPV Gratis

Program penggratisan harga vaksin HPV yang dibuat pemerintah ditujukan untuk anak-anak. Vaksin HPV gratis ini pun bisa didapatkan di sekolah-sekolah dan ditujukan untuk anak-anak kelas 5 dan 6 SD. 

Waktu pemberian vaksin HPV gratis inipun baru akan dilakukan pada Agustus 2022 bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kemudian, jenis vaksin HPV yang diberikan adalah vaksin HPV gardasil, yaitu vaksin HPV khusus untuk anak-anak

Syarat dan ketentuan mendapatkan vaksin HPV gratis pun cukup simple, yaitu hanya anak-anak usia 9 sampai 14 tahun dan sebelumnya belum pernah mendapatkan vaksin HPV. Sebelum anak mendapatkan vaksin HPV, pastikan keadaan anak sehat untuk mengoptimalkan kerja vaksin. 

Baca Juga: Biaya Operasi Lasik Mata Tahun 2022 Terbaru

Efek Samping Vaksin HPV

Sama seperti vaksin lainnya, setelah mendapatkan vaksin HPV, terdapat berbagai efek samping yang mungkin akan dirasakan. Efek samping vaksin HPV sendiri dapat berbeda-beda, tergantung dari kondisi tubuh. 

Efek samping vaksin HPV paling umum yang mungkin akan dirasakan adalah sebagai berikut: 

  • Sakit kepala
  • Memar di area bekas suntikan
  • Nyeri di area lengan, kaki, jari tangan, dan jari kaki
  • Demam
  • Mual

Umumnya, efek samping ringan ini akan dirasakan beberapa saat setelah mendapatkan vaksin dan akan membaik dengan cepat. Namun, jika merasakan efek samping tersebut secara terus menerus, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit terdekat. 

Namun, vaksin HPV juga dapat menunjukan efek samping yang cukup parah seperti: 

  • Sesak nafas
  • Hilang kesadaran
  • Pembengkakan di area mata, bibir, alat kelamin, dan bagian tubuh lainnya
  • Perubahan denyut jantung
  • Mata terasa sakit, gatal, dan kemerahan
  • Mulut terasa seperti besi

Jika merasakan gejala-gejala tersebut pasca mendapatkan vaksin HPV, segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat untuk menghindari terjadinya komplikasi pasca vaksin. 

Walaupun terdapat efek samping, kamu tak perlu khawatir dan takut untuk mendapatkan vaksin HPV. Hal ini dikarenakan kemungkinan untuk merasakan efek samping HPV cukup rendah. Kemungkinan merasakan efek samping parah pasca vaksin HPV hanyalah 1% dari satu juta orang. Oleh karena itu, tak perlu ragu untuk mendapatkan vaksin ini. 

Terlebih vaksin HPV sendiri memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, yaitu dapat mencegah kanker serviks dan juga berbagai penyakit kelamin lainnya. 

Harga Vaksin HPV di Indonesia Gratis Mulai Tahun 2022

Itu dia informasi seputar vaksin HPV dan harga vaksin HPV yang perlu diketahui. Mengingat pentingnya vaksin HPV untuk pencegahan kanker serviks dan penyakit berbahaya lainnya, pastikan kamu mendapatkan vaksinnya, ya. 

Per tahun 2022 ini, pemerintah akan melaksanakan penggratisan harga vaksin HPV untuk anak-anak usia 9 sampai 14 tahun di sekolah-sekolah. Hal ini dilakukan karena usia tersebut merupakan usia yang tepat untuk mencegah infeksi virus HPV sejak dini. 

Bagi yang termasuk dalam kategori penerima vaksin HPV dewasa, kamu bisa mendapatkan vaksin HPV secara mandiri di rumah sakit dan pelayanan kesehatan terdekat. Harga vaksin HPV di rumah sakit pun cukup bervariasi, yaitu berada di kisaran harga Rp700.000 sampai Rp1.000.000 atau lebih. 

Yuk, cegah kanker serviks sejak dini dengan vaksin HPV. 

Baca Juga:  Biaya Operasi Katarak Terbaru 2022, Pakai BPJS 100% Gratis

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark