Sindikasi Republika

Asuransi Astra, Ini Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

Kamis , 22 Sep 2022, 09:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Mengalami kecelakan sekaligus menanggung kerugian yang besar? Tentunya tidak ada seorangpun yang mau, ya. Sayangnya, hal tersebut berpeluang terjadi dalam hidup kita, lho. 

Oleh karena itu, menyusun strategi untuk mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan terhadap harta benda sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan cara membeli asuransi. 

Asuransi merupakan layanan yang memberikan proteksi terhadap jiwa, kesehatan, maupun harta benda. Saat ini, ada berbagai macam perusahaan asuransi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah Astra. 

Astra sendiri merupakan salah satu layanan asuransi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Ingin tahu lebih lengkap seputar Asuransi Astra? Berikut ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Asuransi ACA, Ini Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

Apa Itu Asuransi Astra?

Logo Asuransi Astra

Logo Asuransi Astra

Asuransi Astra adalah layanan asuransi yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk. Asuransi Astra sendiri telah berdiri sejak 12 September 1956 dan saat ini telah menjadi salah satu pemimpin pasar dalam industri asuransi. 

Sebagai perusahaan yang berfokus pada asuransi umum, Astra menyediakan beberapa pilihan produk dan/atau perlindungan, seperti, asuransi syariah, komersial, retail, dan juga kesehatan. 

Keunggulan Asuransi Astra

Salah satu pertimbangan yang penting untuk diperhatikan sebelum memilih asuransi adalah keunggulan atau kelebihan yang ditawarkannya. Semakin banyak keunggulannya, tentu semakin baik juga asuransi tersebut untuk dipilih.

Nah, untuk Asuransi Astra sendiri, berikut adalah beberapa keunggulannya. 

  • Telah Memenangkan Banyak Penghargaan

    Keunggulan Asuransi Astra yang pertama adalah sudah berhasil memenangkan banyak penghargaan untuk kategori asuransi terbaik.

    Beberapa di antaranya adalah penghargaan Indonesia Excellence GCG Award dari Warta Ekonomi 2022, Top Brand Award dari Majalah Marketing & Frontier (2007-2022), dan Best General Insurance dari Majalah Media Asuransi (2019–2022).

  • Memiliki Latar Belakang Keuangan yang Transparan

    Kemudian, Asuransi Astra juga memiliki latar belakang keuangan yang transparan. Setiap tahunnya Asuransi Astra selalu merilis laporan keuangan tahunan di website mereka. Dengan begitu, setiap nasabah dapat mengecek sendiri keuntungan dan kerugian asuransi ini. 

  • Memiliki Banyak Rekanan

    Salah satu pertanyaan yang muncul selama memilih asuransi adalah apakah asuransi tersebut bisa digunakan di banyak tempat? Jika tidak, wah, rasanya akan sulit ya untuk mencairkan atau mengklaim asuransinya.

    Dengan Asuransi Astra, kamu tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Asuransi Astra saat ini telah memiliki banyak rekanan sehingga kamu bisa mengklaim asuransinya di banyak tempat. 

    Salah satunya adalah rekanan rumah sakit yang berjumlah lebih dari 700 untuk rawat inap nasabah kumpulan, 1.200 untuk rawat jalan nasabah kumpulan, dan 650 untuk rawat inap nasabah individual.

  • Memiliki Banyak Pilihan Produk Asuransi

    Keunggulan lainnya dari Asuransi Astra adalah beragamnya produk asuransi yang ditawarkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat 4 produk besar yang ada di Asuransi Astra, yaitu produk asuransi syariah, komersial, retail, dan kesehatan.

Baca Juga: Lebih Kenal Asuransi Abda, Hadirkan Ragam Produk, Manfaat, Premi Bulanan, dan Prosedur Klaimnya 

Ragam Produk Asuransi Astra

Produk Asuransi Astra

Detail Produk

Retail

Ada 3 jenis Asuransi Retail yang ditawarkan Astra, yaitu Asuransi Mobi (Garda Oto), Asuransi Motor, dan Asuransi Mikro untuk kecelakan.

Kesehatan

Ada 2 jenis Asuransi Kesehatan yang ditawarkan Astra, yaitu Asuransi Garda Health Tech dan Garda Medika.

Komersial

Ada lebih dari 10 jenis Asuransi Commercial yang ditawarkan Astra, yaitu:

  • Asuransi Kebakaran dan Harta Benda.
  • Asuransi Pengangkutan.
  • Asuransi Rangka Kapal.
  • Asuransi Kendaraan Bermotor.
  • Asuransi Alat Berat.
  • Asuransi Uang.
  • Asuransi Tanaman.
  • Asuransi Tanggung Jawab Publik.
  • Asuransi Semua Risiko Kontraktor atau Pemasangan.
  • Asuransi Risiko Pekerjaan Teknik Sipil yang Sudah Selesai.
  • Asuransi Mesin dan Peralatan Kontraktor.
  • Asuransi Peralatan Elektronik.
  • Asuransi Kerusakan Mesin.

Syariah

Terakhir, bagi yang ingin mengambil produk asuransi berbasis syariah, kamu dapat memilih Asuransi Syariah Astra. Secara umum, produk syariah ini menawarkan produk yang sama seperti produk Astra pada umumnya, yaitu produk komersial, retail, dan juga kesehatan. 

Hanya saja, dalam produk ini diterapkan aturan syariah, yaitu dengan adanya akad, pengelolaan dana, dan wording polis.

Beberapa hal yang dihindari dalam layanan produk ini meliputi: 

  • Gharar (ketidakpastian atau ketidakjelasan).
  • Maysir (perjudian).
  • Riba (pengambilan tambahan/melebihkan jumlah bunga).
  • Zulmu (penganiayaan).
  • Riswah (suap).
  • Barang haram dan perbuatan maksiat.

Syarat Ajukan Asuransi Astra

Secara umum, cara mengajukan Asuransi Astra itu tidak berbeda jauh dengan cara mengajukan asuransi lainnya. Kamu dapat membeli produk Asuransi Astra dengan menghubungi call center Asuransi Astra di 1-500-112 atau mendatangi Garda Center yang ada di berbagai pusat perbelanjaan. 

Adapun, beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan asuransi ini umumnya meliputi dokumen-dokumen penting terkait dirimu dan juga harta benda yang ingin dilindungi. 

Misalnya, untuk yang ingin membeli produk Garda Oto, persyaratan yang diajukan umumnya meliputi KTP, STNK kendaraan, dan juga dokumen penting lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk memverifikasi diri dan juga kepemilikan harta benda. 

Jika seluruh persyaratan dan dokumen sudah dipenuhi, pihak asuransi pun akan meloloskan pengajuan dan pembelian produk asuransi pun telah berhasil dilakukan. 

Prosedur Klaim Asuransi Astra

Prosedur klaim Asuransi Astra dapat berbeda-beda tergantung pada produk asuransi yang dipilih. Untuk Asuransi Komersial, prosedur klaimnya adalah sebagai berikut:

  1. Melaporkan kejadian ke Garda Akses (1-500-112 ext 2).
  2. Mengirimkan dokumen-dokumen pelengkap ke ccl@asuransiastra.com.
  3. Pembayaran kompensasi.

Sedangkan, untuk produk Asuransi Garda Oto Astra, terdapat berbagai prosedur klaim yang bisa dipilih. Hal tersebut berbeda-beda tergantung pada besarnya kerusakan yang terjadi pada kendaraanmu. Secara umum, prosedur klaim Garda Oto Digital adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Garda Mobile Otocare di Google Play Store (khusus pengguna Android) dan App Store (khusus pengguna iOS).
  2. Mengirimkan laporan kerugian melalui fitur Garda Oto.
  3. Survei dilakukan.
  4. Setelah itu, kamu akan mendapatkan Surat Perintah Kerja elektronik.
  5. Mobilmu akan dijemput untuk kemudian diantar ke bengkel di wilayah Jakarta.
  6. Mobil yang sudah selesai diperbaiki akan dijemput dari bengkel ke tempat pelanggan di wilayah Jakarta.

Untuk cara klaim selengkapnya, kamu dapat mengunjungi website resmi dari Asuransi Astra.

Pentingnya Memiliki Perlindungan Asuransi Sejak Dini

Melindungi diri sendiri dan keluarga bisa dimulai dengan membeli produk asuransi, lho. Bahkan, tak hanya melindungi manusia, asuransi juga dapat melindungi harta bendamu. Dengan begitu, pencegahan sejak dini dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan kerusakan. 

Sebagai salah satu asuransi terbaik di Indonesia, Asuransi Astra dapat menjadi rekomendasi terbaik untukmu. Kamu dapat mencari tahu informasi lebih lanjut mengenai Asuransi Astra melalui website resmi ataupun call center mereka. 

Baca Juga: Asuransi Jiwasraya: Ragam Produk, Manfaat, Cara Beli, dan Prosedur Klaimnya

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark