Kamis 03 Nov 2022 07:00 WIB

Linktree: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat dan Menggunakannya

Ketika berbisnis online, terdapat banyak alat yang memudahkan proses bisnis. Kenali Linktree, alat yang cepat dan mudah dibuat agar bisnis makin lancar.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Linktree menjadi salah satu layanan yang paling populer selama beberapa waktu belakangan ini. Bagaimana tidak, layanan ini memiliki jumlah pengguna yang terbilang cukup banyak.

Cara membuat Linktree juga terbilang sangat mudah dan praktis sehingga wajar saja jika makin lama penggunanya juga makin meningkat dengan tajam. Bukan hanya itu saja, layanan yang satu ini bahkan menyediakan akses gratis bagi para penggunanya, hal ini tentu membuat minat orang untuk menggunakannya semakin besar juga.

Kemudahan yang diberikan Linktree membuat layanan ini menjadi incaran banyak pengguna media sosial, terutama mereka yang menjalankan bisnis secara online. Cara buat Linktree yang terbilang simpel justru bisa memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya.

Baca juga: 7 Manfaat Memiliki Tabungan Bisnis

Pengertian Linktree

linktree

Situs Linktree

Linktree merupakan layanan yang akan membuat aktivitas berbagi link pada satu halaman website/ landing page menjadi begitu mudah dan praktis. Dengan kata lain, para pengunjung akan dengan mudah dapat mengakses seluruh konten yang ada dengan menggunakan sebuah link utama saja.

Cara buat Linktree dan penggunaannya begitu mudah dan praktis. Pengguna Linktree hanya perlu menempatkan link tersebut di bio akun media sosial saja, seperti Facebook, TikTok, Instagram dan yang lainnya sehingga orang lebih mudah untuk menemukannya.

Selain itu, Linktree juga bisa dibagikan menjadi postingan maupun story di media sosial lainnya. Jika menggunakan aplikasi seperti WhatsApp atau Line, maka link ini bisa dicantumkan di akun bio masing-masing aplikasi tersebut.

Linktree akan memberikan banyak kemudahan bagi para pebisnis online, termasuk mereka yang menggunakan marketplace sebagai tempat untuk menjalankan bisnis. Layanan ini bisa digunakan untuk menginformasikan platform bisnis kepada para calon pelanggan, sehingga mereka bisa memilih platform yang paling tepat dan mudah untuk diakses.

Informasi tersebut akan memudahkan pelanggan dan membuat mereka lebih cepat untuk mengakses platform yang tepat. Hal ini tentu akan membuat peluang terjadinya transaksi menjadi lebih besar. Jika sudah begini, bisnis online akan berjalan dengan lebih lancar dan menguntungkan.

Pada dasarnya, penggunaan Linktree memang sudah begitu populer dan cara membuat Linktree ini juga begitu mudah untuk semua orang. Bukan hanya pebisnis kecil dan pemula saja, layanan ini bahkan banyak digunakan oleh perusahaan besar, termasuk gerai pizza ternama yang sudah populer di berbagai belahan dunia.

Linktree menjadi sebuah tren di kalangan pelaku bisnis dan juga para konsumen yang pada umumnya menginginkan hal-hal yang praktis. Bukan tidak mungkin bahwa beberapa tahun lagi layanan ini akan menjadi kebutuhan tersendiri bagi para pebisnis yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mudah.

Manfaat Linktree

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan Linktree dalam bisnis online, beberapa seperti berikut ini:

  • Mempermudah para calon konsumen maupun konsumen untuk menemukan informasi tentang saluran bisnis melalui satu landing page saja.
  • Mempermudah calon konsumen maupun konsumen untuk mengakses saluran bisnis dengan cara mengklik link yang sudah tersedia.
  • Meningkatkan jumlah kunjungan ke semua saluran bisnis online dengan cepat, baik itu media sosial, toko online, maupun marketplace yang digunakan untuk menjalankan bisnis.
  • Mempelajari potensi konsumen bisnis melalui jumlah pengunjung yang mengklik Linktree tersebut.
  • Menganalisa efektivitas pemasaran bisnis online yang sudah diterapkan di dalam bisnis itu sendiri.

Untuk bisa menikmati semua manfaat yang dimiliki layanan tersebut, maka setiap pengguna wajib memahami cara membuat Linktree terlebih dahulu. Proses pembuatan akun ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa selesai hanya dalam beberapa menit saja.

Cara buat Linktree bahkan bisa dilakukan dengan gratis, sebab layanan ini menyediakan 2 pilihan sekaligus. Jika ingin menikmati beragam fiturnya yang lebih memadai, menggunakan layanan Linktree berbayar tentu bisa menjadi pertimbangan. Namun, jika hanya menginginkan layanan standar, Linktree ini bisa diakses secara gratis saja.

Ketersediaan 2 layanan yang berbeda seperti ini akan memungkinkan para pebisnis online lebih leluasa untuk memilih. Hal ini tentu penting, terutama untuk bisnis yang dijalankan dalam skala yang cukup besar.

Baca juga: 9 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis

Cara Buat Linktree Gratis

Cara membuat Linktree bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Kunjungi Website Resmi Linktree

    Langkah pertama yang wajib dilakukan untuk memiliki akun Linktree adalah dengan mengunjungi situs resmi Linktree terlebih dahulu.

    • Buka halaman utama situs.
    • Klik menu “Get Started For Free” untuk membuka akun gratis di sana.
  2. Isi Data Login

    Setelah langkah di atas, maka calon pengguna Linktree akan diminta untuk mengisi data login untuk melanjutkan akses ke layanan tersebut. Ada beberapa kolom yang wajib diisi dengan baik, antara lain:

    • “Username”
    • “Email”
    • “Password” 

    Gunakan data yang valid, agar proses pembukaan akun bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, pakailah nama yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan, agar lebih familiar dan mudah untuk dikenali.

    Bila semua kolom tersebut sudah terisi dengan baik, maka ceklis di bagian persetujuan “Terms and Conditions”. Selanjutnya, klik tombol “Sign up with email”.

  3. Isi Info Tentang Akun

    Lanjutkan cara membuat Linktree ini dengan melengkapi semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat akun terlebih dahulu.

    • Ketikkan nama dengan lengkap pada kolom yang disediakan.
    • Pilihlah kategori bisnis yang dijalankan.
    • Ceklis di kolom verifikasi captcha.
    • Lanjutkan dengan meng-klik tombol “Continue” untuk proses selanjutnya.
  4. Pilih Plan Linktree

    Tahap yang satu ini juga tak kalah pentingnya, sebab akan berkaitan dengan layanan yang bisa dinikmati oleh pengguna. Jika akan menggunakan layanan Linktree secara gratis, lanjutkan proses ini dengan klik tombol “Sign up for Free $0”

    Setelah langkah di atas selesai, pendaftaran akun Linktree sudah selesai. Cara buat Linktree ini akan sukses ketika halaman tersebut menampilkan tulisan “Thanks for signing up

  5. Verifikasi Email

    Cek akun email yang digunakan untuk daftar Linktree dan temukan email dari layanan ini di kotak masuk. Lakukan verifikasi dengan meng-klik tombol “Verify Email” sehingga aktivasi akun dapat dilakukan.

  6. Login ke Akun Linktree

    Setelah langkah di atas, pengguna akan dapat langsung mengakses halaman login layanan Linktree.

    • Ketikkan “username”.
    • Ketikkan “password”.
    • Klik “Sign Up”.

    Setelah semua langkah di atas, pembukaan akun Linktree sudah sukses dan akun ini sudah bisa digunakan dengan baik.

Cara Menggunakan Linktree

Selain cara buat Linktree yang cepat dan simpel, cara menggunakan layanan ini juga terbilang mudah seperti berikut ini.

  1. Login ke Akun Linktree

    Untuk bisa mengakses layanan Linktree, maka pengguna harus login terlebih dahulu dengan mengikuti beberapa langkah mudah di atas.

  2. Akses Halaman Dashboard

    Setelah berhasil login, maka pengguna akan disuguhi dengan 4 menu utama pada halaman dashboard, antara lain:

    • Link : Berfungsi untuk menambah link yang baru.
    • Appearance : Berfungsi untuk mengganti tema serta profil Linktree.
    • Setting : Berfungsi untuk pengaturan akun (banner, email, dan yang lainnya).
    • Pro : Fitur ini bisa digunakan ketika pengguna ingin meng-upgrade akun menjadi Plan PRO (berbayar).

    Keempat fitur di atas bisa digunakan untuk membuat berbagai perubahan yang dibutuhkan di dalam akun Linktree. Setiap kali pengguna melakukan perubahan, maka hal tersebut dapat dilihat dalam bentuk preview yang disajikan pada bagian kanan dashboard.

  3. Cara buat Link Baru

    Cara membuat Linktree lebih bermanfaat maksimal tentu dengan memasukkan link yang baru. Lakukan hal tersebut dengan beberapa langkah berikut.

    • Klik menu “Links”.
    • Klik “Add New Link”.
    • Ketikkan judul pada kolom “Title”.
    • Masukkan URL pada kolom “URL”.
    • Aktifkan toggleOn” dan cek preview Linktree yang telah dibuat tersebut.
  4. Cara Membagikan Link

    Untuk membagikan link yang ada di Linktree bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah berikut ini.

    • Add Linktree to your socials”: Langkah ini dilakukan dengan menambah URL Linktree bisnis ke profil media sosial (Facebook, Instagram, dan yang lainnya).
    • Share my Linktree to all connections”: Langkah ini dilakukan dengan cara membagikan URL Linktree bisnis ke semua koneksi di media sosial.
    • My Linktree QR code”: Cara ini dilakukan dengan membagikan QR code bisnis yang dibuat mengarah ke URL Linktree.
    • Copy Linktree”: Langkah ini dilakukan dengan cara menyalin URL Linktree, lalu membagikan link tersebut secara manual.

Baca juga: 3 Keuntungan Ajukan Pinjaman Tanpa Jaminan untuk Bisnis Online

Manfaatkan Linktree untuk Memaksimalkan Bisnis Online

Linktree merupakan layanan praktis yang memungkinkan kegiatan berbagi link menjadi jauh lebih mudah. Layanan ini bisa memudahkan para calon pelanggan maupun pelanggan untuk mengakses “lokasi bisnis” dengan cepat. Manfaatkan Linktree dengan tepat di dalam bisnis, agar layanan ini bisa meningkatkan omset bisnis menjadi lebih maksimal.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement