Sabtu 19 Nov 2022 07:00 WIB

Simak Profil Yuri SNSD, Si Cantik yang juga Andal dalam Seni Peran

Kwon Yuri/Yuri Kwon/Yuri SNSD adalah salah satu bintang korea yang banyak digemari oleh masyarakat mancanegara. Berikut profil dan faktanya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Baru-baru ini, SNSD alias Girls’ Generation melakukan comeback dengan lagu terbarunya, Forever 1. Salah satu member yang populer dari girlband legendaris tersebut ialah Yuri Kwon. Wanita kelahiran Gyeonggi, 5 Desember 1989 ini tak hanya menjadi penari utama, tapi juga rapper utama, vokalis, dan salah satu penulis lagu dari SNSD (GG). 

Selain disibukkan dengan kariernya bersama SNSD (GG), Yuri juga berkiprah sebagai penyanyi solo. Tak ketinggalan, Yuri SNSD pun naik daun dengan skill aktingnya yang menawan. Sering kali ia membintangi beragam film dan serial drama, seperti Fashion King (2012).

Ia pun tampil di sebuah web series bertajuk Gogh, The Starry Night (2016) dan berakting sebagai Constance Piponnier dalam drama theater L’Etudiante et Monsieur Henri (2019-2020). Yuri SNSD kemudian menjadi presenter dalam acara APAN Star Awards 2022 bersama Jung Il-woo.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Yoona SNSD Sebelum Sukses, Pernah Gagal Casting Lebih dari 100 Kali!

Sukses Melegenda Bersama SNSD (GG)

Sebagai salah satu girlband generasi kedua K-Pop, kesuksesan SNSD (GG) tersohor hingga ke seluruh dunia. Yuri bersama SNSD memulai debut di tahun 2007 di bawah naungan SM Entertainment. Yuri sendiri resmi bergabung dengan agensi tersebut setelah menjadi juara kedua dalam SM Youth Best Dancer Contest 2001

Setelahnya, Yuri menjalani training selama enam tahun lamanya. Yuri lantas menuai sukses dengan SNSD dan merilis sejumlah karya musik yang terkenal sampai ke mancanegara. Di antaranya yakni lagu Gee yang merajai banyak tangga lagu, seperti KBS “Music Bank”, SBS “Inkigayo”, dan Cyworld. 

Karier Cemerlang Sebagai Solois

Setelah sukses besarnya bersama SNSD (GG), Yuri pun ikut menjajal kariernya sebagai penyanyi solo. Di tahun 2008, ia merilis single berjudul Kkok yang dinyanyikan bersama Sooyoung. Lagu tersebut menjadi original soundtrack dari Working Mom.

Kemudian di tahun 2013, Yuri menyanyikan dua lagu bersama Masyta Band. Kedua lagu tersebut menjadi original soundtrack dari No Breathing, yakni Bling Star dan Twinkle Twinkle.

Selanjutnya pada tahun 2016, Yuri kembali menyapa penggemar dengan rilisan single yang dibawakan duet bersama Seohyun, yaitu Secret. Adapun bersama DJ Raiden, Yuri mengeluarkan Always Find You di tahun 2018. 

Di tahun itu, ia juga merilis Into You yang merupakan salah satu single dari mini albumnya, The First Scene Album. Lalu di tahun 2019, ia sukses menggelar konser tunggalnya yang bertajuk Into Yuri Tour

Sementara lagu Time of the Time kemudian dirilis pada tahun 2021. Lagu yang dibawakan Yuri itu menjadi OST dari A Week Before Farewell. 

Kiprah Sebagai Model Music Video

Tak hanya sukses bersama SNSD (GG) dan karya solonya, Yuri SNSD juga sering menjadi model untuk sejumlah video klip musisi lainnya. Di tahun 2006, ia hadir dalam music video TVXQ yang bertajuk Beautiful Life

Ia juga muncul dalam Dropping the Tears besutan K. Will, serta lagu Jjalajajja yang dibawakan Joo Hyun-Mi dan Seohyun featuring Davichi di tahun 2009. Pada tahun 2010, Yuri menjadi bintang dalam video musik Cabi Song yang merupakan kolaborasi 2PM dan Girls’ Generation. 

Kemudian di tahun 2014, Yuri menjadi bintang utama dalam video musik Without You dari S (Kangta, Jihoon, Hyesung). Adapun di tahun 2019, Yuri didapuk menjadi model untuk video musik Super Junior, tepatnya di lagu Ahora te Puedes Marchar.

Film Yuri SNSD

Tak hanya di ranah musik saja Yuri menunjukkan talentanya. Terbukti bahwa kemampuan aktingnya pun teristimewa. Sejumlah film dan serial drama telah dilakoni Yuri dengan apik sejak debut aktingnya di tahun 2011.

Adapun kemunculan perdananya terjadi di tahun 2007. Saat itu ia tampil sebagai cameo ballerina dalam Attack on the Pin-Up Boys. Selain itu, ia juga hadir dalam film biografi SM Town, yakni I AM. – SM Town Live World Tour in Madison Square Garden (2012). 

Beranjak ke tahun 2013, Yuri didapuk untuk menjadi pemeran utama bernama Jung Eun dalam film No Breathing. Ia kemudian tampil lagi dalam film dokumenter SM Town yang bertajuk SMTown The Stage di tahun 2015.

Selanjutnya ia dijadwalkan untuk bermain dalam sebuah film indie berjudul Dolphin di tahun 2023. Dalam film tersebut, ia akan berperan sebagai Na Young.

Lakoni Beragam Serial Drama Televisi

Selain berakting di layar lebar, Yuri juga bermain dalam beragam judul serial drama. Di tahun 2007-2008, ia tampil dalam Unstoppable Marriage. Kemudian disusul dengan penampilan ciamiknya dalam Fashion King (2012) dan Kill Me, Heal Me di tahun 2015.

Selanjutnya Yuri memerankan tokoh Bae Jung-yeon dalam Local Hero (2016). Pada tahun 2017, ia berakting sebagai Seo Eun-hye dalam Innocent Defendant. 

Beranjak ke tahun 2018, Yuri kembali hadir dalam The Sound of Your Heart: Reboot untuk dua musim (Season 1 & 2). Di tahun itu, ia juga tampil sebagai Bok Seung-ah dalam Dae Jang Geung Is Watching.

Yuri kemudian muncul dengan akting menawannya dalam Break-up Suspension (2020). Memasuki 2021, ia hadir dalam Bossam: Steal the Fate dan Racket Boys. Sementara di tahun 2022 ini, Yuri bermain dalam drama Good Job dan berperan sebagai Don Se-ra dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Kupas Tuntas Girls’ Generation (SNSD), Grup Legendaris Korea Selatan yang Suksesnya Sensasional

Sering Tampil di Berbagai TV Shows

Popularitasnya sebagai entertainer kenamaan membuat karier Yuri kian bersinar. Ia pun sering tampil di berbagai acara televisi, baik itu sebagai pembawa acara ataupun aktris dan penyanyi. 

Pada tahun 2008 contohnya, Yuri menjadi Special MC dalam You Can Fly bersama Leeteuk. Di tahun itu, ia juga hadir dalam Kko Kko Tours Single Single: Season 2. Beralih ke tahun 2009-2010, Yuri wara-wiri di sejumlah episode Invincible Youth.

Memasuki periode tahun 2009-2012, Yuri menjadi Host untuk Show! Music Core bersama Tiffany. Adapun di tahun 2013, ia dan Hyoyeon hadir sebagai Coach untuk Dancing 9: Season 1. 

Selanjutnya Yuri hadir dalam Animals, MAPS, The Rallyist, dan Our Neighborhood Arts and Physical Education di tahun 2015. Selain itu, ia pun muncul dalam Law of the Jungle (2016).

Sementara itu di tahun 2018, ia menjalankan role dalam Rooftop Makgeolli dan Kim Je-dong’s Talk to You: Season 2. Yuri kemudian tampil dalam My Teenage Girl (2021). Sedangkan di tahun 2022, Yuri bersama para member dari Girls’ Generation hadir dalam Soshi TamTam. 

Laris Manis Bintangi Banyak Iklan

Berbagai macam CF (Commercial Film) telah dibintangi Yuri selama ia berkarier. Di tahun 2006, ia hadir dalam iklan/CF dari Mite Hot Choco, Highvill Lake City, dan juga Choco Pie (China) bersama Jang Dong-gun. 

Kemudian iklan Carribean Bay di tahun 2010 juga menampilkan Yuri dengan 2PM. Di tahun itu, Yuri bersama Tiffany dan Sooyoung SNSD (GG) juga muncul dalam Biotherm CF.

Di tahun 2011, Yuri membintangi iklan prestisius lainnya yaitu Dior Snow. CF itu juga menghadirkan Tiffany, Jessica, Sunny, dan Hyoyeon. 

Selanjutnya, ia membintangi iklan Mamonde bersama Siwon Choi Super Junior (2012-2014). Lalu Yuri kembali hadir dalam Liz K First C dan Get Barrel (bersama Vivian) di tahun 2016.

Selain itu, Yuri bersama Seohyun muncul dalam iklan Pantene periode 2016-2017. Pada saat yang bersamaan, Yuri juga diketahui membintangi iklan Urban Decay yang disusul dengan BlacKey Jeans (2016-2018).

Adapun di tahun 2021, Yuri terlihat muncul dalam commercial film dari Nongshim Ramyeon dan Le Coq Sportive (dengan Hyoyeon). Sementara di tahun 2022 ini, Yuri melakoni iklan Duvetica serta HL Science Skin Master.

Meraih Berbagai Penghargaan Prestisius

Menangkan beragam penghargaan, salah satu piala yang pernah diboyong Kwon Yuri ialah MC Special Award (bersama Tiffany) dari MBC Entertainment Awards 2011. Berkat aktingnya yang memukau di serial drama Fashion King, Yuri mengantongi penghargaan New Star Award dari SBS Drama Awards 2012. 

Di tahun 2013, Baeksang Arts Awards juga menganugerahi Yuri penghargaan Most Popular Actress (TV) berkat perannya sebagai Choi Anna di serial drama kenamaan tersebut. Adapun di tahun 2014, ia mendapatkan Most Popular Actress (Film) dari ajang penghargaan yang sama. 

Beralih ke tahun 2018, ia menerima predikat Best Entertainer for Sitcoms dari MBC Entertainment Awards. Selain itu, Yuri memenangkan penghargaan New Media Category dalam Korean Arts and Culture Awards 2020. Hingga di tahun 2021, ia meraih Best Acting Award Female dari Asia Artist Awards serta Special Award dari MBC Entertainment Awards.

Fakta Yuri SNSD

Terlepas dari kesibukannya yang padat, wanita bertinggi badan 167cm ini mempunyai segudang hobi di kala senggang. Selain gemar berenang, olahraga, dan belajar, ia juga dikenal fasih dalam Bahasa Mandarin. 

Dan kini karier Yuri Kwon tak hanya bersinar sebagai penyanyi solo saja, tapi juga kian meroket di ranah akting. Memasuki tahun 2022 ini, kekayaan Yuri SNSD tercatat berada di angka 5 juta Dollar AS, yakni sekitar Rp74,5 miliar. Sukses terus untuk Yuri serta kariernya! 

Baca Juga: Begini Perjalanan Karier Seohyun SNSD yang Sukses di Dunia Akting

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement