Sindikasi Republika

7 Manfaat Asuransi Perjalanan Syariah Ini Bikin Ibadahmu Semakin Tenang dan Aman

Rabu , 30 Nov 2022, 17:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Memiliki perjalanan yang well prepared adalah keinginan semua orang. Tak hanya soal budget dan keperluan selama berada di negara tujuan, hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan perlindungan terhadap risiko yang muncul selama berlibur. Pasalnya, tak ada yang tahu apa yang akan terjadi saat berlibur, bisa jadi terserang virus, mengalami kehilangan, bahkan terlibat kecelakaan.

Itulah pentingnya membentengi diri dari risiko perjalanan dengan bantuan asuransi perjalanan. Jika perjalanan yang dilakukan bertujuan untuk ibadah, seperti umroh atau haji, sangat perlu melengkapinya dengan asuransi perjalanan syariah. Dengan begitu, perjalanan akan lebih fokus dan nyaman tanpa perlu khawatir pada risiko yang mengintai.

Baca juga: Mengenal Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

 

Manfaat Asuransi Perjalanan Syariah

asuransi perjalanan syariah

Asuransi Perjalanan Syariah

Sebelum melakukan perjalanan ibadah, ada baiknya membekali diri dengan jaminan perlindungan yang bisa memperkecil risiko kerugian akibat hal yang tak diinginkan, salah satunya dengan asuransi perjalanan syariah. Di antara manfaat yang didapatkan dengan asuransi ini yaitu:

  1. Menjamin Biaya Kesehatan

    Selama melakukan perjalanan ibadah, risiko jatuh sakit pasti selalu mengintai. Perbedaan suhu dan cuaca serta faktor kelelahan menjadi alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Tak hanya itu, risiko lain yang mungkin terjadi adalah terlibat dalam kecelakaan, baik ringan maupun berat.

    Jika sudah begitu, tak ada pilihan lain untuk berobat ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang ada di negara tujuan. Artinya, kamu juga harus mempersiapkan budget tambahan untuk mendapatkan perawatan.

    Namun, jika kamu sudah membekali diri dengan asruansi perjalanan syariah, tak perlu lagi merasa khawatir. Pasalnya, seluruh biaya perawatan akan ditanggung perusahaan penyedia asuransi. Kamu tak perlu mengeluarkan uang sedikit pun.

  2. Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

    Ketika hendak melakukan perjalanan ibadah, risiko keterlambatan maupun pembatalan perjalanan bisa saja terjadi. Ada beberapa faktor penyebabnya, seperti cuaca buruk, kondisi pesawat, atau hal-hal lain yang membuat penerbangan tak bisa dilakukan.

    Dengan asuransi perjalanan syariah, kamu akan mendapatkan kompensasi karena masalah ini. Bisa dengan kompensasi penginapan, penjadwalan ulang keberangkatan, atau pengembalian sebagian dari nominal pembelian tiket.

  3. Santunan Kematian

    Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan pemegang polis asuransi perjalanan syariah adalah jaminan dana santunan kematian. Hal ini dilakukan ketika tertanggung meninggal dunia saat sedang melakukan perjalanan, entah karena sakit atau kecelakaan. Besarnya dana santunan yang diberikan pun berbeda-beda, sesuai dengan premi yang dimiliki.

    Santunan ini bisa diterima oleh ahli waris atau keluarga yang bersangkutan. Tujuan dari pemberian sumbangan kematian ini adalah untuk mengurangi beban finansial bagi keluarga yang ditinggalkan.

  4. Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

    Saat berada di bandara, tentu sangat mungkin untuk kehilangan atau mengalami kerusakan bagasi. Hal tersebut tentu sangat menghawatirkan terlebih jika yang hilang adalah barang-barang berharga yang cukup penting, seperti dokumen pribadi atau perhiasan.

    Nah, dengan asuransi perjalanan syariah, risiko kerusakan maupun kehilangan ini bisa menjadi tanggung jawab perusahaan penyedia asuransi. Sangat membantu, bukan?

  5. Biaya Pengurusan dan Pemulangan Jenazah

    Ajal seseorang bisa datang kapan saja, bahkan saat sedang melakukan ibadah umroh atau haji. Nah, jika ajal datang saat sedang berada di negeri orang, bagaimana dengan nasib jenazahnya?

    Pada beberapa kasus, jenazah yang meninggal di tanah suci tidak bisa dipulangkan dan akan dikebumikan di sana. Namun, dengan jaminan perlindungan yang ditawarkan asuransi perjalanan syariah, biaya pengurusan sampai pemulangan jenazah ke tanah air akan menjadi tanggung jawab persuusahaan.

  6. Biaya Kunjungan Keluarga

    Manfaat yang satu ini bisa didapatkan ketika pemegang polis jatuh sakit di negara tujuan dan memerlukan perawatan. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan mengirim salah satu keluarga atau kerabat dan menanggung biayanya untuk menemani proses pengobatan hingga sembuh.

  7. Perlindungan Rumah yang Ditinggal Pergi

    Saat hendak melakukan perjalana jauh dalam waktu yang lama, tentu kamu akan khawatir dengan rumah dan harta benda yang ditinggalkan. Bagaimana jika selama ditinggalkan, ada hal buruk yang menimpa, baik itu pencurian, kebarakan, atau bahkan risiko bencana alam.

    Nah, segala risiko buruk yang mengintai pada rumah atau harta benda yang ditinggalkan tersebut menjadi salah satu tanggungan perusahaan asuransi perjalanan syariah. Meskipun tak mengganti secara keseluruhan, tetapi perusahaan akan memberikan penggantian biaya untuk mengurangi beban kehilangan dan kerugian yang diakibatkan peristiwa tersebut.

Baca juga: Ingin Beli Asuransi Perjalanan Online Dimana?

Bekali Diri dengan Asuransi Perjalanan Syariah untuk Perjalanan Ibadah yang Aman dan Nyaman

Menurut uraian di atas, ada cukup banyak manfat yang ditawarkan oleh asuransi perjalanan syariah yang patut untuk dipertimbangkan. Dengan membekali diri dengan perlindungan yang tepat, perjalanan ibadah pun bisa menjadi lebih nyaman dan aman. 

Apalagi asuransi perjalanan syariah menawarkan layanan yang sesuai dengan syariat hukum Islam yang mana sudah terjamin kehalalannya. Jadi, tak perlu lagi khawatir akan menggangu nilai keberkahan ibadah yang dilakukan. Jadi, tertarik untuk menggunakan asuransi perjalanan syariah?

Baca juga: Bebas Rasa Khawatir dengan Asuransi Perjalanan Domestik

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark