Sindikasi Republika

Ingin Perjalanan Aman dan Nyaman? Lakukan Tips Ini Sebelum Memilih Asuransi Perjalanan

Jumat , 09 Dec 2022, 11:00 WIB Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati | Foto: Cermati

Perlindungan perjalanan merupakan hal yang wajib dimiliki ketika hendak bepergian, baik itu untuk liburan maupun kepentingan pekerjaan. Hal ini karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi ketika melakukan perjalanan. Apalagi jika perjalanan tersebut ditempuh dengan jarak dan waktu yang lama, pasti lebih banyak risiko yang mengintai. 

Untuk itu, sebagai antisipasi terhadap risiko selama perjalanan, asuransi perjalanan menjadi opsi yang patut dicoba. Jenis asuransi ini memberikan cukup banyak benefit yang bisa dimanfaatkan pelaku perjalanan. Salah satu yang paling nyata adalah asuransi perjalanan dapat dapat meng-cover biaya medis sampai santunan kematian jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan. 

Selain manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dengan mendaftar asuransi perjalanan. Pastikan untuk mempelajari dengan baik terkait terms and conditions pada asuransi perjalanan yang akan dipilih. Dengan memahami syarat dan ketentuan serta mekanisme pengajuan asuransi, maka akan memudahkan kamu memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan perjalan.

Nah, agar tak salah memilih produk asuransi perjalanan, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Simak baik-baik, ya.

Baca juga: Mengenal Asuransi Perjalanan Kartu Kredit

 

Tips Memilih Asuransi Perjalanan yang Terpercaya

asuransi perjalanan

Memilih Asuransi Perjalanan

Seperti asuransi pada umumnya yang menyediakan jaminan perlindungan bagi para penggunanya, asuransi perjalanan pun memiliki tujuan yang tak jauh berbeda. Kehadiran asuransi ini dapat memberikan rasa aman bagi para pelaku perjalanan, utamanya terhadap  risiko perjalanan yang mengintai. Untuk itu, perlu rasanya memilih asuransi perjalanan yang terpecaya dan sesuai dengan kebutuhan. 

Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih produk asuransi perjalanan.

  1. Lakukan Riset

    Saat akan memilih asuransi, melakukan riset adalah hal yang perlu dilakukan. Ada baiknya riset dilakukan ke beberapa perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang sejenis. Dengan melakukan riset, kamu dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing produk asuransi yang ditawarkan.

    Melalui riset ini pula dapat diketahui apa saja benefit yang diterima, baik berupa bentuk perlindungan maupun proses klaim asuransi tersebut. Agar lebih jelas, bisa dengan bertanya pada rekan kerja atau keluarga yang sudah menggunakan produk asuransi tersebut atau bisa juga dengan menghubungi pihak perusahaan secara langsung.

  2. Menyiapkan Dari Jauh Hari

    Jika ingin mendapatkan manfaat dari produk asuransi perjalanan, ada baiknya menyiapkannya dari jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.Sebab, jika dipersiapkan terlalu mepet, manfaat yang didapatkan juga kurang maksimal.

    Hal seperti ini sering terjadi pada wisatawan yang baru melakukan perjalanan. Akibatnya, ketika mendapatkan risiko perjalanan, klaim yang diajukan tak dapat diproses karena tidak termasuk dalam layanan asuransi perjalanan. Jadi, pastikan untuk mendaftar asuransi perjalanan jauh hari sebelum melakukan perjalanan, ya. 

  3. Pahami Manfaat Produk Asuransi

    Satu lagi poin penting yang wajib diketahui adalah mengetahui manfaat dan perlindungan yang didapat dari produk asuransi perjalanan yang dipilih. Hal ini penting karena ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan, tapi tidak semua diperlukan. Akan lebih baik untuk memilih produk asuransi yang dapat menjamin perlindungan dari berbagai risiko sekaligus pada satu jenis produknya. 

  4. Background Check Perusahaan

    Perlu diingat juga untuk melakukan background check pada perusahaan yang kamu pilih sebagai penyedia asuransi. Pastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi, kredibilitas, dan legalitas yang jelas. Memilih perusahaan yang sudah besar dan terkenal serta memiliki banyak nasabah dapat memberikan rasa aman untuk menggunakan produk asuransi dari perusahaan tersebut.

    Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial untuk mengetahui perusahaan tersebut mempunyai reputasi positif atau sebaliknya. Untuk mengetahui kejelasan legalitas perusahaan, pastikan perusahaan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

  5. Membeli Secara Mandiri atau Melalui Agen

    Ada perbedaan jika membeli produk asuransi perjalanan secara mandiri atau melalui agen. Secara mandiri artinya kamu bisa lebih leluasa memeriksa pilihan produk yang ditawarkan melalui aplikasi atau laman resmi perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa memilih dan menyesuaikan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan. 

    Sementara itu, jika membeli produk asuransi melalui agen, kamu bisa mendapatkan penjelasan mengenai produk yang ditawarkan secara mendetail. Dengan begitu, informasi yang didapat lebih jelas dan mengurangi terjadinya kesalahan penafsiran mengenai perjanjian asuransi. 

Baca juga: Bebas Rasa Khawatir dengan Asuransi Perjalanan Domestik

Persiapkan Perjalanan Secara Matang dengan Asuransi Perjalanan

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam menentukan produk asuransi perjalanan. Dengan memeriksa beberapa hal terkait asuransi perjalanan yang akan diambil, kamu bisa mendapatkan asuransi perjalanan yang terpercaya, sehingga perjalanan akan terasa lebih aman dan nyaman.

Tidak hanya itu, dengan membeli asuransi perjalanan artinya kamu telah menyiapkan perjalanan secara matang. Hal ini sebagai upaya preventif untuk menghadapi kerugian finansial yang muncul sebagai risiko perjalanan. Jadi, jangan ragu untuk membeli asuransi perjalanan, ya!

Baca juga: Asuransi Perjalanan Buat yang Hobi Travelling, Perlukah?

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Artikel Terkait

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext 308

Phone: 021 780 3747

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark