Sabtu 17 Dec 2022 07:00 WIB

Menyimak Prestasi dan Perjalanan Karier Taeyeon SNSD

Biodata Kim Taeyeon SNSD beserta cerita perjalanan kariernya. Leader sekaligus member SNSD/GG tertua yang masih terlihat awet muda.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Sejak penampilan perdananya di tahun 2007 bersama girlband kenamaan SNSD (GG), sosok idol Taeyeon sudah memukau banyak orang secara internasional. Berkat penampilannya yang awet muda walau sudah berusia kepala tiga, banyak yang terkecoh dan mengira Taeyeon ialah new comer soloist.

Selain sibuk berkarier di dunia tarik suara, Taeyeon SNSD juga kerap hadir di sejumlah variety shows layar kaca. Di antaranya seperti Daily Taeng9Cam (2015), Begin Again (2019), serta DoReMi Market (Amazing Saturday) di tahun 2020. Taeyeon SNSD juga menjadi pengisi suara versi Korea untuk tokoh Margo dalam film Despicable Me (2010) dan Despicable Me 2 (2013).

Tak hanya populer hingga ke mancanegara, Taeyeon pun kini semakin kaya raya berkat kerja kerasnya. Menurut ulasan beberapa media, harta kekayaan Taeyeon SNSD di tahun 2022 ini berada di angka 15-18 juta Dollar AS. Jumlah ini diperkirakan setara Rp222,5 hingga 266,9 miliar.

Baca Juga: Menilik Profil Sunny SNSD, Keponakan Pendiri SM Entertainment

Biodata Taeyeon SNSD

View this post on Instagram

A post shared by TaeYeon (@taeyeon_ss)

Bernama lengkap Kim Taeyeon, wanita cantik ini lahir di Pyeonghwa-dong, pada tanggal 9 Maret 1989. 

Memiliki tinggi badan mencapai 160 cm, ia adalah putri dari pasangan Kim Jong-gu dan Kim Hee-ja. Ia juga mempunyai dua orang saudara kandung bernama Kim Jiwoong dan Kim Hayeon.

Tak hanya visual dan kemampuan menarinya saja yang memikat. Kim Taeyeon SNSD juga dikenal dengan suaranya yang indah disertai olah vokal kelas kakap, serta andal memainkan gitar. Usut punya usut, kecintaan terhadap musik serta bakat menyanyinya itu ia dapatkan dari kedua orang tuanya.

Dulu, ibunya kerap menjuarai berbagai lomba menyanyi. Sementara itu ayahnya pernah menjadi vokalis band sewaktu masih kuliah. Sehingga tak heran jika Taeyeon sendiri diberkahi talenta luar biasa dalam ranah tarik suara.

Jadi Best Selling Artist Bersama Sonyeo Shidae/Girls’ Generation (SNSD/GG)

Setelah diterima di SM Academy Starlight pada tahun 2003, Taeyeon sempat mengalami perubahan warna vokal suaranya dikarenakan pubertas. Meski sempat putus asa dan ingin menyerah dari cita-citanya menjadi penyanyi, namun Taeyeon tidak berhenti.

Ia terus rajin melatih olah vokalnya hingga keterampilannya bernyanyi jadi semakin meningkat. Ia lantas ditantang oleh vocal coach Jung Sung Won (The One) untuk membawakan lagu miliknya, You Bring Joy. Taeyeon tampil memukau walaupun usianya masih sangat belia. 

Akhirnya di tahun itu, Taeyeon menjadi juara pertama dalam SM Entertainment’s 8th Annual Best Contest. Ia resmi mendapat kontrak sebagai trainee dari agensi bergengsi tersebut. 

Seusai menjalani pelatihan selama tiga tahun lamanya, Taeyeon ditunjuk untuk menjadi leader dari SNSD (Girls Generation). Hingga kemudian Taeyeon debut bersama SNSD (GG) di tahun 2007, yang lantas menjadi salah satu best selling artist Korea Selatan serta mencetak sejarah dalam industri musik K-Pop.

Seperti diketahui, SNSD ialah salah satu girlband generasi kedua yang turut membuka gerbang K-Pop dan Korean Wave hingga tersohor ke mancanegara. Taeyeon dan SNSD (GG) menjadi salah satu artis paling laris serta grup idola paling terkenal seantero dunia. 

Berbagai hits andalan mereka digemari banyak orang dan disebut-sebut tak lekang oleh waktu. Di antaranya seperti Into the World, Gee, Run Devil Run, Time Machine, Catch Me If You Can, The Boys, dan masih banyak lagi. Berbagai media bahkan menyebut lagu-lagu mereka legendaris dan terus diputar oleh para penggemar.

Leader dan Member Paling Tua SNSD (GG)

View this post on Instagram

A post shared by TaeYeon (@taeyeon_ss)

SNSD Taeyeon kini berumur 33 tahun sehingga ia menjadi member yang usianya paling tua di SNSD (GG). Di SNSD (GG) sendiri, wanita lulusan Jeonju Arts High School 2008 yang dianugerahi Lifetime Achievement Award ini lantas ditunjuk untuk menjadi leader dari girlband tersebut.

Menariknya, Taeyeon memang seorang leader dan juga yang paling tua. Namun SONE telah mengenal tabiat Taeyeon yang kerap bersikap layaknya seorang maknae. SONE sendiri merupakan sebutan untuk para fans setia SNSD (GG) yang tergabung dalam fandom terkait.

Lagu Taeyeon SNSD

Faktanya, Taeyeon tak hanya sukses bersama SNSD saja. Selama berkarier sebagai solois dari tahun 2015, dirinya masih digandrungi banyak penggemar dengan karya musik yang selalu merajai tangga-tangga lagu terkemuka. Nama Taeyeon masih berjaya meski sudah melewati dua generasi industri entertainment Korea Selatan.

Debut single perdananya berjudul I (2015), yang diluncurkan bersama mini album garapannya. Dalam lagu bernuansa Ballad Pop berdurasi empat menitan itu, Taeyeon memperdengarkan suara emasnya yang merdu. 

Lagu I juga terdengar unik lantaran aransemennya memadukan rap bersama Verbal Jint. Selain itu, terdapat sentuhan oriental khas Korea dalam nada yang dilantunkan oleh choir di beberapa part lagu.

Hingga kini, sejumlah hits Taeyeon yang tersohor mencakup Like A Star (duet dengan The One) di tahun 2010, INVU (2022), Stay (2018), Fine (2017), Why (2016), Rain (2016), dan lainnya.

Baca Juga: Mengintip Profil Choi Sooyoung SNSD

Dijuluki Queen of Original Soundtrack

View this post on Instagram

A post shared by TaeYeon (@taeyeon_ss)

Sering menyanyikan beragam lagu tema untuk serial drama dengan apik dan luar biasa membuat Taeyeon dijuluki Queen of Original Soundtrack.

Lagu-lagu tersebut seperti If (OST. Hong Gil Dong), Can You Hear Me (OST. Beethoven Virus), dan All About You (Hotel del Luna). Tak hanya itu, Taeyeon juga menyanyikan I Love You yang merupakan OST. Athena: Goddess of War (2010). 

Ia pun diketahui melantunkan Missing You Like Crazy, soundtrack untuk The King 2 Hearts dan Closer, OST. To the Beautiful You di tahun 2012. Di tahun berikutnya, Taeyeon merilis Bye untuk OST. Mr. GO (2013).

Berkolaborasi dengan Idolanya Sendiri di GOT the beat

Salah satu bukti dari meningkatnya kesuksesan seseorang adalah ketika ia telah berhasil mensejajarkan diri dengan idolanya, seniornya, atau bahkan saingannya. Hal inilah yang juga dialami oleh Taeyeon.

Selain sukses bersama SNSD (GG) dan solo kariernya, Taeyeon juga tergabung di sejumlah sub-unit menarik lainnya seperti Girls’ Generation OH!-GG dan GOT the beat (Girls on Top).

Taeyeon akhirnya bisa bekerja sama dengan BoA, penyanyi idolanya di girlband terbaru mereka, GOT the beat. Menurut Taeyeon, dirinya terinspirasi untuk menjadi idol sejak melihat penampilan BoA yang sudah duluan debut sebagai solois kenamaan. Di tahun 2022 ini, GOT the beat merilis Step Back yang menjadi single perdana mereka.

Terkait dengan Sejumlah Sub-Unit

View this post on Instagram

A post shared by TaeYeon (@taeyeon_ss)

Selain berkiprah bersama SNSD (GG) dan yang terbaru GOT the beat (Girls on Top), Taeyeon juga terlibat di sejumlah sub-unit lainnya. Salah satunya ialah SM Town (2007), TaeTiSeo (2012), SM the Ballad (2014), hingga Girls’ Generation – OH!GG (2018). 

Jika Girls’ Generation – OH!GG terkenal dengan single berjudul Lil Touch, Fermata, dan Melody, maka lain lagi dengan TaeTiSeo yang terdiri dari Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Mereka pernah merilis mini album TTS dengan single Twinkle (2012) yang menduduki peringkat #126 Top 200 Billboard. 

Meraih Beragam Penghargaan Kenamaan

Nama Taeyeon telah dinominasikan sebanyak 164 kali dalam berbagai ajang penghargaan bergengsi. Ia pun telah memenangkan 40 piala penghargaan dari beragam ajang. Salah satunya ialah Best Female Solo Singer dari Brand Customer Loyalty Awards 2022.

Tak hanya itu, ia pun dianugerahi Female Solo Singer of the Year dari Brand of the Year Awards 2022. Berkat kepiawaiannya bernyanyi, Taeyeon pernah meraih Best Vocal Award dari Fandom School Awards di tahun 2017 dan 2018. 

Kilas balik ke tahun 2009, Taeyeon dianugerahi penghargaan Radio Newcomer Award dan Program Production dari MBC Drama Awards. Ia juga mendapatkan penghargaan Korean Artist of the Year dari KKBOX Music Awards 2016 dan Best Asian Concert Award dari KAZZ Awards 2018. 

Dari Melon Music Awards, Taeyeon pernah menyabet trofi untuk Top 10 Artist 2016, Top 10 Artist 2019, serta Best Ballad 2019. Selain itu, Taeyeon di tahun 2020 menyabet penghargaan Most Loved Artists dari Bugs 20th Anniversary Awards. 

Ia mengantongi Mobile Vote Popularity Award dari Gaon Chart Music Awards 2018. Dari ajang yang sama, ia menerima Artist of the Year – Digital Music (March) 2020, serta Artist of the Year – Digital Music (December) 2022.

Sedangkan dari Golden Disc Awards, Taeyeon pernah mendapatkan Popularity Award 2008, Digital Bonsang 2016 dan Digital Bonsang 2017, iQiyi Best Female Artist 2016, Four Seasons 2020, dan masih banyak lagi.

Sanggup Bertahan di Tengah Kerasnya Industri Musik Korea

View this post on Instagram

A post shared by TaeYeon (@taeyeon_ss)

Industri musik Korea Selatan terkenal sangat keras dan kompetitif. Kendati demikian, Taeyeon sanggup bertahan sejak awal debutnya di tahun 2007 dan telah menjelma menjadi seorang Diva. 

Lebih dari sepuluh tahun berkecimpung di dunia keartisan, Taeyeon telah membuktikan kualitas dan kompetensinya sebagai entertainer sejati dengan pencapaian luar biasa. Bahkan, mantan kekasih dari Baekhyun EXO ini terus bertumbuh dan meningkatkan performanya sebagai salah satu idol K-Pop terpopuler sedunia.

Baca Juga: Simak Profil Yuri SNSD, Si Cantik yang juga Andal dalam Seni Peran

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement