Rabu 28 Dec 2022 07:00 WIB

Mengenal Shopee Seller Center, Fitur dan Cara Daftarnya

Seller center Shopee merupakan platform yang didesain dengan sedemikian rupa untuk para seller Shopee. Berikut penjelasan selengkapnya:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Shopee seller merupakan sebutan bagi para pebisnis online yang menjual produk mereka melalui marketplace Shopee. Di tanah air sendiri, Shopee dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar dan memiliki banyak sekali pelanggan.

Diluncurkan pertama kali di Singapura pada tahun 2015 silam, Shopee termasuk marketplace yang bisa berkembang dengan pesat. Bukan hanya di negara-negara Asia saja, beberapa tahun lalu Shopee bahkan sudah merintis pasar Amerika dengan membuka bisnis mereka di Brazil.

Marketplace ini dipimpin oleh Chris Feng, sosok yang juga sukses membawa Lazada dan Zalora menjadi besar seperti sekarang ini. Kesuksesan Shopee membuat banyak pebisnis online tertarik menjadi seller Shopee, mengingat platform ini memang memiliki jutaan pengguna di berbagai belahan dunia. 

Shopee juga berusaha keras mendukung bisnis para seller nya, salah satunya dengan menghadirkan Shopee seller center. Banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan platform ini, terutama untuk para pebisnis online yang serius dan ingin membangun bisnis secara maksimal.

 

Shopee Seller Center dan Fitur di dalamnya

aplikasi shopee

Banyaknya pebisnis yang bergabung di Shopee merupakan salah satu alasan di balik kesuksesan marketplace yang satu ini. Untuk mendukung kelancaran bisnis, maka Shopee seller bisa memanfaatkan seller center Shopee yang lengkap dan mudah untuk digunakan. 

Seller center Shopee merupakan platform yang didesain dengan sedemikian rupa untuk para seller Shopee, sehingga mereka bisa menjalankan dan mengelola bisnis dengan lebih mudah dan simpel. Hal ini akan memungkinkan para seller mendapatkan peluang besar untuk meraih penjualan yang banyak setiap harinya. 

Selain mendapatkan Shopee seller center login, para Shopee seller, juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersemat di seller center Shopee. Semua fitur ini akan membuat rutinitas pengelolaan toko online menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. 

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan Seller Shopee pada akun toko mereka setelah mengakses Shopee seller center login, antara lain: mengecek persediaan produk, menghitung penjualan, menerapkan strategi promosi, mengatur tampilan toko, dan yang lainnya. Semua ini bisa dilakukan dengan bantuan berbagai fitur yang terdapat pada Shopee seller center

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang terdapat pada platform Shopee seller center

1. Pengiriman

Ini merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan para Shopee seller untuk mengurus berbagai hal terkait dengan pengiriman barang. Hal ini akan memudahkan pengawasan setiap barang yang terkirim, sehingga semua pesanan bisa tiba di tangan pelanggan dengan tepat waktu. 

Cukup dengan mengakses Shopee seller center login, maka seller sudah bisa memanfaatkan setiap menu fitur pengiriman ini dengan mudah, seperti menu “Telah Diproses” untuk pengecekan barang yang sedang dalam proses pengiriman, atau menu lainnya yang dibutuhkan. 

2. Pesanan

Fitur yang satu ini akan mempermudah Shopee seller untuk mengecek seluruh pesanan yang masuk dari pelanggan, sehingga bisa segera diproses. Bukan hanya itu saja, fitur ini juga bisa digunakan seller untuk membatalkan pesanan atau mengembalikan barang dengan alasan yang sesuai ketentuan Shopee. 

Semua tindakan di atas bisa dilakukan dengan mengakses Shopee seller center login terlebih dahulu. Namun jika seller Shopee melakukan hal ini melalui aplikasi, maka seller tidak akan bisa melakukan pencetakan label pengiriman. 

3. Produk

Fitur ini akan memudahkan Shopee seller untuk mengelola semua produk yang terdapat di dalam tokonya. Hal ini akan membuat tampilan toko menjadi lebih baik dan selalu update, sehingga pelanggan lebih nyaman ketika berbelanja. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui fitur ini, antara lain: menambahkan produk baru, menghapus produk yang sudah tidak relevan, menambahkan deskripsi produk yang lengkap dan memadai, dan yang lainnya. 

4. Promosi Saya

Seller center Shopee juga dilengkapi dengan fitur promosi yang akan memudahkan seller melakukan kegiatan promosi bisnis dengan maksimal. Promosi adalah salah satu langkah jitu untuk mendapatkan kesuksesan bisnis, sehingga fitur ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan Shopee seller melalui fitur ini, antara lain: penerapan gratis ongkos kirim, pemberian cashback, pemberian diskon pembelian, dan yang lainnya. 

Baca Juga: 9 Tips Sukses Membangun Bisnis Online Produk K-Pop

5. Keuangan

Fitur ini menjadi salah satu yang paling penting dan bisa diandalkan para Shopee seller. Cukup dengan memilih menu “Penghasilan Saya”, maka seller sudah bisa melihat penghasilan toko secara berkala, baik itu mingguan maupun bulanan. 

Selain itu, fitur ini juga bisa menunjukkan saldo terakhir yang dimiliki seller di tokonya. Bukan hanya itu saja, seller juga bisa melakukan penarikan saldo dengan mudah ke rekening bank atau e-wallet yang sudah didaftarkan pada akun toko tersebut. 

6. Data

Fitur yang satu ini akan memudahkan para seller untuk melihat data terkini terkait penjualan yang terjadi di dalam toko tersebut. Bukan hanya itu saja, seller juga bisa memeriksa performa toko selama kurun waktu tertentu. 

Hal ini akan mempermudah seller untuk melakukan evaluasi, termasuk untuk meningkatkan kinerja toko agar lebih maksimal. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kinerja ini, salah satunya dengan meningkatkan kegiatan promosi. 

7. Perkembangan Penjual

Ini merupakan fitur Shopee seller center yang bisa dimanfaatkan untuk memantau perkembangan penjualan terkini di dalam toko online. Informasi yang up to date ini bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja toko, jika ternyata performa toko sedang dalam kondisi yang buruk. 

Selain itu, fitur yang satu ini juga memungkinkan para seller shopee memantau data tentang 5 produk paling laris di toko miliknya. Informasi ini juga tentu akan memudahkan seller memilih strategi promosi dan menerapkannya dengan lebih maksimal. 

8. Layanan Pembeli

Ini termasuk salah satu fitur unggulan di seller center Shopee dan akan sangat membantu seller untuk lebih mudah mengelola tokonya, terutama terkait dengan komunikasi dengan pelanggannya. 

Ada beberapa menu yang bisa dimanfaatkan dalam fitur ini, seperti: template pesan, Auto Reply, Asisten FAQ, dan yang lainnya. Semua ini bisa diatur dengan sedemikian rupa, sehingga seller tidak perlu online di tokonya selama 24 jam penuh. 

9. Toko

Fitur ini akan memungkinkan seller Shopee melakukan berbagai perubahan yang diinginkan pada tokonya, seperti: mengganti nama toko, mengubah deskripsi toko, mengubah tampilan toko, dan yang lainnya. 

Perubahan ini kerap dibutuhkan untuk membuat keseluruhan toko menjadi jauh lebih menarik dan nyaman bagi pelanggan, sehingga mereka loyal dan selalu berbelanja. Semua ini bisa dilakukan dengan mudah melalui Shopee seller center login yang bisa diakses kapan saja oleh seller

10. Pengaturan

Ini merupakan fitur terakhir yang bisa digunakan oleh seller di Shopee seller center. Di sini seller bisa melakukan berbagai pengaturan terkait akun toko yang dimilikinya, sehingga lebih mudah dan nyaman untuk dikelola sepanjang waktu. 

Ada banyak hal yang dapat dilakukan melalui fitur ini, antara lain: mengatur bahasa yang digunakan, mengatur jadwal libur/ tutup toko, mengatur privasi, mengatur notifikasi yang diterima, mengatur PIN untuk penarikan saldo toko, dan yang lainnya. 

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner yang Bisa Ditawarkan untuk Pekerja Kantoran

Cara Jadi Shopee Seller dan Daftar Akunnya 

shopee seller

Untuk bisa menjadi seller di Shopee, maka pebisnis online wajib memiliki akun Shopee seller center terlebih dahulu. Selanjutnya, akun inilah yang akan digunakan untuk berjualan di platform tersebut, sehingga bisnis online bisa berjalan dengan lebih mudah dan lancar. 

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mendaftar di seller center Shopee: 

  • Kunjungi situs resmi Shopee melalui laptop atau download aplikasi Shopee melalui Google Play.
  • Buka website atau aplikasi Shopee.
  • Klik menu “Saya” 
  • Klik menu “Daftar” dan buat akun baru dengan melengkapi semua data yang diminta. (gunakan email atau nomor telepon yang valid, agar proses verifikasi bisa berjalan lancar)
  • Cek kode OTP yang dikirimkan melalui SMS, Email atau WhatsApp.
  • Klik menu “Verifikasi”.
  • Ketikkan kode OTP dan aktifkan akun.
  • Ketikkan username dan juga password
  • Klik menu “Daftar” 

Sampai pada tahap ini, akun Shopee sudah aktif dan bisa digunakan. Untuk login ke akun Shopee seller center, lakukan beberapa langkah berikut ini: 

  • Buka aplikasi Shopee
  • Klik menu “Log In” 
  • Ketikkan username dan password dengan benar. 

Akun Shopee seller center sudah aktif dan bisa digunakan untuk berjualan di toko yang sudah dibuat. 

Shopee Seller Center yang Mudah dan Praktis 

Tingginya minat pebisnis online untuk berjualan melalui platform Shopee tentu menjadi perhatian khusus marketplace yang satu ini. Shopee menyediakan Shopee seller center yang memungkinkan semua orang untuk membuka toko dan berjualan. Manfaatkan layanan tersebut dengan maksimal, agar keinginan untuk sukses dalam bisnis online bisa diwujudkan.

Baca Juga:  Mengenal Kedai Kopi Kulo dan Peluang Bisnis Franchisenya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement