Sabtu 21 Jan 2023 19:00 WIB

Jangan Bingung, Begini Tips Memilih Jenis Mobil Sesuai Profesi

Terkadang, ada perlunya untuk menyesuaikan mobil dengan jenis pekerjaan pemiliknya. Jangan sampai mobil yang digunakan salah fungsi. Simak tips berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang kerap jadi cerminan sang pemilik. Inilah yang kemudian membuat tak sedikit orang merasa bingung ketika hendak memilih mobil untuk dibeli.

Apakah kamu juga merasakan hal yang sama dan membutuhkan tips memilih jenis mobil sesuai bidang pekerjaan yang digeluti?

Baca juga: Mau Beli Mobil? Biar Tidak Rugi Ketahui Dulu Apa Itu Depresiasi Mobil Berikut Ini

 

Pilihan Tipe Mobil Sesuai Profesi Pemiliknya

tipe mobil

Tipe Mobil

Ketahuilah, ternyata setiap orang bisa memilih mobil sesuai jenis pekerjaan masing-masing yang dilakukan saat ini. Bahkan, pemilihan jenis mobil sesuai bidang pekerjaan tersebut bisa membuat pesona diri kian memancar sempurna.

Di bawah ini ada beberapa tipe mobil sesuai jenis pekerjaan sang pemilik yang bisa kamu jadikan referensi terbaik.

  1. Tipe Mobil City Car bagi Para Pekerja Kantoran

    Tak bisa dipungkiri, para pekerja kantoran di kota-kota besar sangat identik dengan gaya hidup yang terkesan urban sekaligus edgy. Pastinya, tipe kendaraan yang paling cocok untuk mendukung lifestyle semacam itu adalah city car.

    Mayoritas, mobil jenis city car ini dibuat dengan desain sekaligus warna yang super menarik. Bukan hanya desain body, tipe city car memiliki keunggulan dalam hal bermanuver.

    Bahkan, mobil-mobil macam ini memiliki tingkat efisiensi lebih tinggi dalam hal konsumsi bahan bakar. Adapun beberapa tipe city car terbaik yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

    • Honda Jazz

      Kamu pasti kenal dengan city car andalan Honda ini, bukan? Mobil ini pantas dikendarai para pekerja kantoran karena mengusung mesin 1.500 cc yang mampu menghadapi setiap kemacetan di jalanan perkotaan super padat.

      Honda Jazz juga dibekali dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang baik. Bukan itu saja, interior dan eksteriornya dibuat begitu stylish sekaligus berjiwa muda sehingga pas untuk para pekerja kantoran masa kini.

    • Toyota Yaris

      Berbeda dengan tipe city car sebelumnya, Toyota Yaris berasal dari pabrikan Toyota dengan mesin 1.500 cc yang juga efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Salah satu kelebihan dari Yaris adalah jaringan servis yang cukup banyak di kawasan perkotaan sehingga bisa jadi nilai tambah.

  2. Tipe Mobil Sedan untuk Para Pebisnis Eksekutif

    Bisa dibilang, sedan seakan sengaja dibuat dengan desain mewah nan elegan untuk memancarkan kesan profesional bagi siapa saja yang mengendarainya. Apalagi, efisiensi pemakaian bahan bakar tidak terlalu jadi masalah berarti.

    Sedan juga memiliki bobot dan dimensi mobil yang cenderung besar dengan interior ekstra nyaman dilengkapi fitur premium yang tersemat di dalamnya. Tak heran, jika sedan kerap jadi pilihan utama para pebisnis eksekutif demi mendapatkan kenyamanan sekaligus ketenangan di setiap perjalanan menuju ataupun pulang kantor.

    Adapun pilihan terbaik dari tipe mobil sedan ini adalah sebagai berikut.

    • Mercedes-Benz S Class

      Merek mobil andalan pabrikan Jerman satu ini memang terlihat sangat elegan dan mewah. Apalagi di dalamnya dilengkapi dengan segala macam fitur premium yang mampu memanjakan sang pemilik.

      Diketahui, Mercedes-Benz S Class mengusung mesin 2.996 cc dengan teknologi terbaru sehingga mampu melaju dan berjalan secara aman sekaligus nyaman. Tentu saja, mobil ini sangat pantas dan cocok dijadikan kendaraan untuk kamu para pebisnis eksekutif yang mengutamakan kenyamanan.

    • BMW Series 7

      Selain Mercedes-Benz, merek mobil mewah yang juga berasal dari Jerman dengan kualitas terbaik adalah BMW. Dari segi mesin, BMW Series 7 ini dibuat dengan dapur pacu sebesar 1.998 cc.

      Bisa dibilang, untuk segmen sedan mewah, BMW Series 7 ini memang berhadapan langsung secara head to head dengan Mercedes-Benz S Class.

  3. Tipe Double Cabin untuk para Pekerja Lapangan

    Bagi yang bekerja di lapangan, khususnya para pekerja proyek yang sudah pasti membutuhkan mobil kuat dan andal untuk menembus berbagai lokasi rumit. Jiwa bekerja sebagai seorang petualang tentu bakal menyatu dengan tipe mobil double cabin.

    Pasalnya, mobil double cabin yang memiliki kargo bisa sangat membantu untuk membawa setiap perlengkapan dan peralatan yang mendukung pekerjaan. Apalagi, desain body kendaraan yang kekar sangat cocok untuk menggambarkan sisi petualang sang pengendara.

    Umumnya, tipe mobil double cabin ini dibekali dengan mesin diesel yang memiliki torsi cukup besar. Adapun beberapa rekomendasi terbaiknya sebagai berikut.

    • New Ford Ranger

      Sesuai dengan namanya, New Ford Ranger merupakan salah satu tipe mobil double cabin andalan Ford yang dibekali mesin sebesar 3.198 cc untuk tipe 4WD. Mobil satu ini sangat cocok dibawa ke jalan yang memiliki kontur rusak atau cenderung off-road karena memiliki ground clearance cukup memadai.

    • Mitsubishi Strada Triton

      Selain Ford, salah satu tipe mobil double cabin yang paling laku di pasar Indonesia adalah Mitsubishi Strada Triton. Pasalnya, Strada disebut-sebut mampu melahap berbagai kontur jalanan, termasuk off-road dengan sangat sempurna.

      Mesin 2.477 cc di dalamnya didukung dengan ground clearance tinggi sehingga cocok dijadikan pilihan kendaraan untuk ke tempat kerja di segala kondisi jalanan.

Baca juga: Cara Kerja dan Perawatan Kopling Mobil yang Benar, Pengendara Mobil Wajib Tahu!

Pilih Jenis Kendaraan yang Tepat untuk Meningkatkan Mobilitas

Nah, itu tadi beberapa tipe mobil berdasarkan jenis pekerjaan yang digeluti. Ketahuilah, kenyamanan di jalan bakal jadi penenang untuk menghadapi segala macam stres dalam pekerjaan.

Oleh sebab itu, sebelum memilih jenis mobil sesuai bidang pekerjaan yang tepat, pastikan kamu telah mengetahui spesifikasi kendaraan yang diinginkan agar bisa mendukung aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Baru Pertama Beli Mobil, Ini Tipsnya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement