Kamis 26 Jan 2023 01:00 WIB

Yuk Kenalan dengan Apa Itu Insurtech dan Sederet Keunggulannya

Insurtech adalah sebuah produk asuransi yang diluncurkan oleh perusahaan fintech. Berikut pengertian, regulasi, hingga keunggulannya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Berkat kemajuan teknologi yang begitu pesat, hampir semua aspek dalam kehidupan manusia mengalami perkembangan. Tidak hanya memudahkan, kemajuan teknologi tersebut juga mampu memberikan banyak keuntungan terhadap berbagai aktivitas ataupun kebutuhan masyarakat masa kini.

Salah satu contohnya adalah kemajuan di bidang finansial dengan kemunculan layanan yang bernama insurtech. Bagi yang belum tahu, insurtech adalah sebuah produk asuransi yang diluncurkan oleh perusahaan fintech atau financial technology. Tentunya, dibandingkan dengan jenis produk asuransi konvensional, ada beragam keunggulan dan daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh layanan berbasis digital ini.

Yang menjadi pertanyaan, apa sih yang dimaksud dengan insurtech itu? Selain itu, apa saja kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh produk tersebut hingga membuatnya lebih menarik untuk diajukan dibandingkan dengan layanan asuransi konvensional? Nah, jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu insurtech dan beragam kemudahan yang ditawarkannya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Jenis dan Macam-macam Risiko Asuransi yang Wajib Diketahui

 

Apa Itu Insurtech?

Apa Itu Insurtech?

Apa Itu Insurtech?

Kemajuan teknologi tak henti-hentinya memunculkan inovasi yang mampu memudahkan kehidupan manusia, termasuk dalam bidang finansial. Melalui kombinasi dari inovasi finansial bersama teknologi yang modern, terbentuk sebuah sektor keuangan baru yang dikenal sebagai financial technology atau fintech. 

Fintech sendiri merupakan perusahaan keuangan berbasis digital yang sebagian besar layanannya telah memanfaatkan kemajuan teknologi. Tidak hanya dalam hal pelayanan dan penawaran, beragam keunggulan yang dijanjikan pada produknya juga memaksimalkan peran teknologi di dalamnya.

Salah satu contoh inovasi yang diciptakan oleh perusahaan fintech ini adalah insurtech. Insurtech adalah singkatan dari layanan insurance technology, sebuah kolaborasi antara produk asuransi dan teknologi canggih yang didukung oleh sejumlah komponen finansial dari perusahaan fintech di Indonesia.

Bukti nyata dari kehadiran layanan insurtech adalah banyaknya e-commerce yang telah menawarkan jenis asuransi ini pada platform atau aplikasinya. Jual beli dari produk tersebut pun kerap dianggap sebagai metode yang banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat, khususnya di kawasan urban atau perkotaan. 

Seiring dengan penggunaan e-commerce yang semakin menjamur, tidak sedikit layanan, produk, dan jasa berlomba-lomba untuk bisa masuk ke dalam platform tersebut. Hal ini berlaku pula pada layanan asuransi jenis insurtech.

Melalui dukungan layanan ini, industri asuransi dapat memberi pengalaman yang lebih prima dan optimal pada para nasabahnya. Mulai dari proses distribusi produk, pembelian, evaluasi informasi calon nasabah, hingga polis yang dapat diperoleh melalui informasi e-mail saja. Seluruh layanan tersebut tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan menawarkan kemudahan serta keuntungan pada para penggunanya.

Regulasi Terkait Produk Insurtech

Secara regulasi, pelaku industri asuransi dalam negeri sepertinya masih perlu menunggu aturan dan ketentuan yang tetap terkait layanan ini. Regulasi tersebut berkaitan dengan implementasi dari layanan insurtech yang masih belum ditetapkan karena banyaknya pihak yang harus terlibat terkait pembuatan aturan tersebut. 

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan bakal terus mencoba merumuskan pedoman atau panduan ketentuan terkait proses dari layanan asuransi digital ini. Selain itu, AAJI atau Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia menyatakan jika setidaknya terdapat tiga instansi pemerintahan yang wajib terlibat pada pembentukan regulasi tersebut. 

Di antaranya adalah MA atau Mahkamah Agung, Direktorat Kependudukan & Catatan Sipil Kemendagri, dan Dirjen Pajak Kemenkeu. Tidak hanya itu, Kementerian Komunikasi & Informatika bakal dikaitkan pula terkait diskusi penyusunan regulasi insurtech bersama OJK. 

Pada implementasi layanannya, dibutuhkan meterai digital alias e-stamp yang merupakan kewenangan dari Dirjen Pajak. Sementara informasi terkait data kependudukan berada di sistem e-KTP. Hal tersebut membuat proses pembuatan regulasi ini memiliki banyak tantangan dan peran dari berbagai pihak. 

Absennya regulasi tersebut membuat pengembangan dari bisnis insurtech sedikit banyak memiliki halangan. Belum lagi adanya kebutuhan modal serta investasi yang tidak sedikit, termasuk edukasi terhadap masyarakat terkait layanan tersebut.

Kendati demikian, mengacu dari sisi demografi, pengembangan layanan ini begitu penting untuk dilakukan. Jadi, terlepas dari masalah banyaknya pulau serta jumlah penduduk, layanan asuransi tetap mampu dijangkau oleh masyarakat dari segala kalangan berkat peluasan distribusi dari produk asuransi berbasis digital.

Baca Juga: Wajib Dipahami Sebelum Mengajukan, Yuk Cari Tahu Apa Itu Polis Asuransi dan Fungsinya

Cara Kerja Insurtech yang Penting untuk Diketahui

Pada dasarnya, cara kerja dari insurtech tidak jauh berbeda dengan produk asuransi secara umum. Jenisnya pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, seperti, kesehatan, properti, jiwa, kendaraan, perjalanan, dan lain sebagainya. Sehingga, manfaatnya bisa lebih maksimal didapatkan.

Terkait pendaftarannya sendiri, calon nasabah perlu mengisi informasi diri dan memilih produk asuransi digital sesuai kebutuhannya. Kamu juga bisa melakukan perbandingan terhadap banyak produk sekaligus agar bisa mendapatkan manfaat perlindungan yang paling pas dan terbaik. Semua proses tersebut tentu bisa dilakukan secara daring sehingga lebih praktis dan tak memakan banyak waktu maupun tenaga. 

Setelah pengajuan berhasil dan pembayaran dilakukan, polis asuransi bakal dikirimkan via e-mail. Jadi, bisa dibilang jika cara kerja dari insurtech ini mirip ketika kamu melakukan pembelian tiket atau pemesanan hotel secara online yang prosesnya jauh lebih praktis dan simpel

Selain itu, pada jenis asuransi tertentu, nasabah diwajibkan untuk membayar biaya premi bulanan secara rutin sesuai ketentuan pada polis. Tentunya, pastikan untuk selalu membayar tagihan tersebut agar manfaat perlindungan dari asuransi tetap aktif. Karenanya, sesuaikan beban biaya premi asuransi yang dipilih dengan kondisi keuangan guna mengoptimalkan kegunaannya. 

Kemudahan Utama yang Ditawarkan Layanan Insurtech

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kehadiran insurtech mampu membawa beragam kemudahan terhadap penggunanya. Untuk lebih jelasnya, berikut 3 kemudahan utama yang ditawarkan oleh layanan ini. 

  1. Kemudahan Interaksi Antara Nasabah dengan Institusi

    Tanpa perlu mendatangi kantor dan melalui beragam proses pengajuan yang memakan waktu, calon nasabah bisa langsung mengajukan produk ini via sejumlah e-commerce dengan lebih praktis. Kamu pun bisa menyesuaikan manfaat proteksi yang dibutuhkan tanpa perlu menghubungi pihak agen asuransi atau sales karena dapat memilih produknya sendiri.

  2. Cashless Economy

    Keunggulan yang kedua dari insurtech adalah nasabah tak perlu repot lagi membawa ataupun mentransfer uang apabila ingin melakukan pembayaran premi maupun mendaftar layanannya. Di lain sisi, jenis produk asuransi ini juga bisa menekan risiko terjadinya penipuan ataupun hal serupa lain yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Via layanan ini pula kamu bisa mendapat jaminan terkait pengawasan layanan asuransi, termasuk keamanan pembayaran dan manfaat yang diberikannya. 

  3. Layanan Lebih Praktis

    Kelebihan yang terakhir adalah layanan yang ditawarkan oleh produk ini terbukti lebih praktis dan memudahkan. Sebelumnya, tidak sedikit orang yang meyakini jika ingin mendaftar atau mengajukan klaim manfaat asuransi wajib mendatangi kantor perusahaan asuransi. 

    Namun, untuk saat ini, aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan cara dan proses yang jauh lebih simpel dan praktis berkat kehadiran insurtech. Tidak hanya itu, penanganan masalah atau permintaan dari pihak nasabah pun bisa dilakukan dengan proses yang jauh lebih sederhana dan cepat. 

    Intinya, kehadiran produk ini membuka pintu pelayanan terhadap segala kendala yang dialami oleh nasabah asuransi secara digital atau online. Alhasil, kenyamanan nasabah menjadi lebih terjamin dan terjaga. Dengan keunggulan tersebut, insurtech juga berusaha mendorong kemajuan industri asuransi di mana hingga saat ini masih terbilang sulit dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. 

    Secara tidak langsung, hal tersebut juga mampu menjadi bahan edukasi terhadap masyarakat terkait pentingnya mempunyai jaminan perlindungan dari asuransi. Jadi, kesejahteraan masyarakat pun ikut terdorong dan membuatnya menjadi lebih melek tentang cara menjaga kondisi keuangannya agar tetap kondusif. 

Jadi, Apakah Kamu Tertarik dengan Layanan Insurtech Ini?

Pada dasarnya, insurtech adalah sebuah produk asuransi di mana layanannya ditawarkan secara online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Tentunya, ada banyak keunggulan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari menjadi nasabah jenis asuransi ini yang membuatnya lebih menarik ketimbang jenis asuransi konvensional. Nah, setelah memahami tentang apa itu insurtech, apakah kamu tertarik untuk menggunakan layanannya?

Baca Juga: Menjadi Kewajiban Nasabah Asuransi, Yuk Cari Tahu Apa Itu Premi Asuransi dan Cara Kerjanya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement