Kamis 09 Mar 2023 13:40 WIB

Milenial Wajib Tahu! Berikut Metode Menabung Seru Ala TikTok yang Patut Dicoba

TikTok menjadi aplikasi yang kini digemari masyarakat karena konten yang menarik. Tips menabung di TikTok juga menjadi konten dengan banyak penggemar.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Mengisi waktu luang dengan berselancar di media sosial adalah hal yang menyenangkan. Ada banyak informasi dan pengetahuan terbaru yang bisa didapatkan. Apalagi jika hal tersebut bisa diterapkan dan memberikan manfaat yang besar, pasti akan sangat menguntungkan.

Hal ini juga berlaku untuk para pengguna akun media sosial TikTok yang saat ini sedang digemari banyak orang. Keberadaan platform ini disambut begitu baik dan dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti berjualan, sharing tips kehidupan, saling bertukar kabar, dan lain sebagainya.

Salah satu hal bermanfaat yang bisa didapatkan di TikTok adalah tentang tips menabung dengan berbagai metode. Pemilik akun membuat video berisi tutorial menabung yang bisa dengan mudah diterapkan. Ini sangat menarik karena bisa menjadi motivasi penonton yang bosan dengan metode menabung yang itu-itu saja.

Nah, agar tak makin penasaran, di bawah ini ada beberapa tips menabung yang unik dan banyak ditemukan di TikTok. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi buat yang ingin menabung. Yuk, simak baik-baik ya!

Baca juga: Tips Ajarkan Anak Menabung

 

Trend Menabung Ala TikTok yang Patut Dicoba

menabung

Menabung Ala TikTok

Menabung memang terlihat mudah dilakukan. Namun, tahukah bahwa menabung bisa terasa membosankan jika dilakukan dengan metode yang itu-itu saja? Belum lagi jika tak ada target yang ingin dicapai, maka menabung dilakukan secara asal-asalan.

Untuk itu, agar menabung terasa lebih menyenangkan, ada beberapa metode yang bisa dicoba, di antaranya:

  1. Celengan Tabel Target

    Metode menabung pertama yang paling viral di TikTok adalah celengan tabel target. Dalam metode ini, kamu perlu menyiapkan tabel berisikan angka atau nominal yang hendak ditabung dalam jangka waktu tertentu.

    Tabel tersebut kemudian ditempel pada media tabungan, seperti celengan kaleng, kardus, atau amplop. Lalu, kamu wajib mencoret kolom sesuai dengan nominal yang dimasukkan ke dalam tabungan.

    Sebagai contoh saat menargetkan untuk menabung 5 juta per tahun. Artinya, kamu harus membuat 52 kolom sesuai dengan jumlah minggu dalam satu tahun. Selanjutnya, isikan nominal di setiap kolom yang jika dijumlahkan secara keseluruhan bisa memenuhi target yang diinginkan.

    Nominal yang diisikan tak harus sama, bisa mulai dari 0, 5, 10, 50, atau 100 ribu rupiah. Nilai 0 rupiah di sini penting untuk berjaga-jaga jika dalam minggu tertentu tak ada uang yang bisa ditabung. Sebagai gantinya, bisa membuat nominal yang lebih besar di minggu-minggu gajian agar jumlah yang ditabung bisa tetap memenuhi target.

    Jangka waktu menabungnya pun tak harus setiap minggu, ya. Bisa juga setiap hari, bulan, atau waktu tertentu saja. Ini semua bisa disesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing. Menarik, kan?

  2. Menabung Koin

    Tips selanjutnya yang patut dicoba adalah menabung uang koin. Selama ini keberadaan uang koin memang dianggap remeh. Padahal, jika dikumpulkan secara konsisten dalam jangka waktu tertentu, jumlahnya bisa sangat lumayan, lho.

    Untuk menerapkannya hanya diperlukan satu wadah tertutup. Kamu bisa melubangi bagian atas untuk memudahkan saat memasukkan uang koin. Setiap memiliki uang koin dari sisa kembalian, kamu bisa memasukkannya dan lihat berapa banyak yang bisa terkumpul dalam satu tahun.

    Untuk nominal biasanya tidak ditentukan. Namun, bisa dipisahkan wadahnya sesuai dengan nominal koin, seperti 500 atau 1000 rupiah. Dengan begitu, akan lebih memudahkan saat menghitungnya.

  3. Menabung Sesuai Tanggal

    Satu lagi metode menabung viral yang patut dicoba adalah menabung sesuai tanggal. Metode ini cukup sederhana karena nominal uang yang ditabungkan sesuai dengan tanggal yang tertera pada kalender. Contohnya di tanggal 1 kamu menabung seribu rupiah, tanggal 2 dua ribu rupiah, begitu seterusnya sampai tanggal 31 sebesar Rp31.000.

    Nah, jika memiliki uang lebih, nominalnya bisa diganti menjadi kelipatan 10 atau 20 ribu. Jadi, jumlah yang didapatkan dalam sebulan bisa lebih banyak. Mungkin terlihat kecil nominalnya, tapi jika dikumpulkan selama setengah atau satu tahun penuh, berapa banyak ya yang bisa terkumpul?

  4. The Power Of 20 ribu

    Tips terakhir yang bisa diterapkan adalah dengan menabung pecahan uang 20 ribu. Biasanya, tak ada target mengenai berapa banyak yang harus dikumpulkan. Ketentuannya hanya setiap memiliki uang pecahan dua puluh ribu, maka wajib menabungkannya.

    Nah, setelah satu tahun, kamu boleh menghitung seberapa banyak yang bisa dikumpulkan. Tips ini juga bisa diterapkan dengan mengganti nominal uangnya seperti 5, 10, 50, bahkan 100 ribu. Semua disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing, ya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menabung yang Baik dan Benar?

Jalankan Proses Menabung dengan Konsisten agar Bisa Merasakan Manfaatnya

Menabung tak lagi menjadi hal yang sulit jika dijalani dengan metode yang menyenangkan. Adanya target tertentu justru semakin menambah semangat untuk giat menabung. Itulah mengapa dalam menabung, diperlukan tekad dan konsistensi agar mendapatkan manfaat dan keuntungan yang maksimal. Di antara keempat tips menabung di atas, manakah yang ingin kamu coba?

Baca juga: Cara Menabung Rp 50 Juta dengan Gaji UMP

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement