Selasa 11 Apr 2023 09:00 WIB

Rekomendasi Obat Asam Lambung, Dari yang Tradisional Hingga Buatan Pabrik

Asam lambung kamu sering kambuh? Simak rekomendasi obat asam lambung yang alami dan pabrikan berikut ini agar dapat asam lambung dapat teratasi.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Di zaman yang serba sibuk seperti saat ini, orang sering lupa waktu dan melewatkan jam makan. Akibatnya, asam lambung jadi naik dan menyebabkan rasa kurang nyaman pada saluran pencernaan.

Tidak hanya karena pola makan yang tidak teratur, asam lambung yang naik juga sering dikaitkan dengan kondisi cemas dan stres. Bahkan pada beberapa kasus, naiknya asam lambung juga bisa disebabkan kondisi dinding lambung yang rusak.

Ketika asam lambung sudah naik, tentu saluran pencernaan akan mengalami masalah. Aktivitas keseharian pun jadi terasa tidak nyaman. Jika sudah demikian, kamu perlu istirahat dan minum obat agar tubuh jadi terasa lebih baik.

Di pasaran, ada banyak sekali merek obat asam lambung yang diperjualbelikan di apotik. Tidak hanya obat pabrikan, obat asam tradisional juga bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung yang naik.

Nah jika masih belum tahu obat jenis apa yang cocok untuk digunakan mengatasi asam lambung naik, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 8 Gaya Hidup yang Bikin Penyakit Maag Cepat Kambuh

 

Mengenal Apa Itu Asam Lambung

obat asam lambung

Obat Asam Lambung

Orang seringkali berpikir buruk soal asam lambung. Padahal sebenarnya, senyawa ini merupakan bagian dari sistem pencernaan yang normal dan mempunyai banyak manfaat.

Memiliki rumus kimia HCl, senyawa ini merupakan enzim yang penting untuk proses pencernaan. Keberadaannya berperan untuk memecah protein supaya bisa dicerna oleh saluran pencernaan dengan cara mengaktivasi enzim pepsinogen menjadi pepsin.

Selain itu, keberadaannya juga bisa mencegah bakteri yang ada pada makanan yang dimakan tumbuh. Selain itu, asam lambung juga berguna untuk merangsang pankreas, hati, dan usus untuk mencerna makanan.

Karena memiliki sifat asam dengan pH sekitar 1 sampai 3, keberadaan asam lambung juga berfungsi untuk melonggarkan saluran akhir yang menghubungkan lambung ke usus halus. Meskipun sifatnya sangat asam, pada keadaan normal asam lambung tidak akan membuat seseorang sakit. Hal ini dikarenakan tubuh juga menghasilkan larutan alkali bikarbonat yang mampu menurunkan keasaman asam lambung. Selain itu, keberadaan lapisan mukosa yang melapisi lambung juga bertindak sebagai pelindung.

Tetapi, dalam beberapa kondisi, asam lambung juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Misalnya, ketika asam lambung yang dihasilkan terlalu banyak atau terjadi kerusakan pada dinding lambung.

Beberapa gejala yang biasanya muncul ketika seseorang terkena penyakit asam lambung. Gejalanya meliputi kembung, mual dan muntah, terasa tidak nyaman di ulu hati (perut bagian atas), sakit kerongkongan dalam waktu lama (akibat cairan asam lambung naik), serta gampang kenyang ketika makan.

Penyakit lambung ini paling sering diakibatkan oleh konsumsi minuman atau makanan tertentu. Misalnya makanan yang tinggi asam, tinggi lemak, bersoda, berkafein, atau minuman beralkohol yang dianggap dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga menyebabkan iritasi pada lambung. Penyebab lain dari naiknya asam lambung juga bisa berasal dari kecemasan dan stres pikiran.

Baca juga: 6 Tips Sehat dan Puasa Lancar Buat Penderita Maag

Rekomendasi Obat Asam Lambung Alami

Jika sedang mengalami penyakit asam lambung dan tidak terlalu suka dengan obat-obatan medis, ada banyak pilihan obat alami yang bisa digunakan. Berikut 7 obat asam lambung tradisional yang bisa dipilih.

  1. Pisang

    Tidak hanya memiliki rasa manis, tetapi pisang juga memiliki senyawa yang bermanfaat sebagai antasida alami. Sifat basa yang dimiliki pisang mampu menetralkan asam lambung yang bersifat asam.

    Kalium di dalam buah pisang juga tergolong tinggi. Hal ini berguna untuk menghalangi penumpukan asamberlebih dan meningkatan produksi lendir di lambung. Apalagi, terdapat serat larut yang mampu membuat makanan lebih gampang mengalir di saluran cerna.

  2. Air Kelapa

    Hampir sama dengan pisang, air kelapa juga mengandung kalium yang tinggi yang diyakini dapat menetralkan asam. Untuk memperoleh manfaat ini, kamu bisa minum air kelapa murni yang belum dicampur dengan gula maupun pemanis lain.

  3. Jahe

    Selain menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki kandungan asam fenolik yang dapat menghalangi asam lambung naik dan mengatasi iritasi pada saluran pencernaan. Kamu bisa mendapat manfaat ini dengan merendamnya ke dalam segelas air mendidih lalu diminum setelah hangat atau mengunyah jahe utuh.

  4. Biji Jintan

    Meminum ramuan dari biji jintan panggang yang dihancurkan lalu dicampurkan ke dalam secangkir air juga bisa membantu meredakan asam lambung. Bahan herbal ini mampu mengatasi sakit perut, membantu pencernaan dan menetralkan asam lambung.

  5. Cengkeh

    Cengkah memiliki sifat karminatif yang menghalangi terbentuknya gas di saluran cerna. Kamu bisa mencampurkannya ke dalam masakan yang dapat menimbulkan perut kembung seperti lentil hitam atau kacang merah. Sedangkan untuk mengatasi bau mulut dan asam lambung, makanlah cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan dengan perbandingan 1 banding 1.

  6. Gula Merah

    Mengusap sepotong kecil gula merah usai makan bisa membantumu mengatasi masalah asam lambung. Hal ini dikarenakan gula merah mampu membuat saluran cerna jadi lebih basa. Selain itu, gula merah juga bisa mendinginkan perut dan menjaga suhu tubuh.

  7. Kayu Manis

    Kamu juga bisa minum teh kayu manis untuk mengobati infeksi pada saluran pencernaan. Obat asam lambung tradisional ini bisa menjadi antasida alami pada lambung serta membuat perut tenang.

Baca juga: Obat Omeprazole: Deskripsi, Dosis, Cara Penggunaan, serta Efek Sampingnya

Rekomendasi Obat Asam Lambung di Apotik

Selain bahan-bahan alami, kamu juga bisa menemukan obat asam lambung di apotik. Berikut beberapa rekomendasi obat asam lambung di apotik yang bisa dipilih.

  1. Sismax

    Obat yang berbentuk cair ini ampuh untuk membantu mengobati saluran cerna, termasuk menurunkan gas di lambung dan mengatasi kembung. Cara kerjanya adalah membuat lambung sembuh dengan cepat karena kandungan bahan aktif di dalamnya dapat menetralkan asam lambung.

  2. Plantacid

    Kandungan simethicone, magnesium hydroxide, dan alumunium hydroxide di dalamnya bermanfaat untuk mengatasi asam lambung naik dan beberapa masalah pencernaan lain. Obat ini bisa didapatkan tanpa perlu resep dokter.

  3. Sanmag

    Obat asam lambung naik yang bisa diperoleh di apotik berikutnya adalah Sanmag. Obat berbentuk cair ini efektif untuk mengatasi berbagai gejala yang berhubungan dengan masalah saluran cerna, termasuk nyeri ulu hati, gastritis, serta asam lambung yang berlebih. Hal ini berkat adanya kandungan simethicone, alumunium hidroksida, dan magnesium trisilicate.

  4. Promag

    Obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter ini bermanfaat untuk menurunkan gas berlebih di saluran cerna dan menetralkan asam lambung. Manfaat ini didapat karena di dalamnya mengandung bahan aktif, seperti hydrotalcite, magnesiumhidroksida, dan kalsium karbonat.

  5. Polysilane

    Obat yang bisa kamu beli tanpa resep dokter ini mengandung simethicone, magnesium hydroxide, dan alumunium hydroxide. Kandungan bahan aktif ini efektif untuk mengatasi gejala yang terkait masalah pencernaan, termasuk saat mengalami kelebihan asam lambung.

  6. Mylanta

    Obat ini memiliki kandungan antisida yang bermanfaat untuk membuat pepsin tidak aktif serta menetralkan asam lambung. Dengan begitu, selain jumlah pepsin berkurang, ini juga membantu meredakan nyeri ulu hati yang diakibatkan asam lambung.

  7. Lansoprazole

    Obat yang tergolong ke dalam proton pump inhibitors (PPI) ini dapat membantu mengurangi jumlah asam lambung serta menghalangi bagian sel yang berfungsi menghasilkan cairan asam. Untuk bisa membeli Lansoprazole, kamu perlu mengantongi resep dokter.

  8. Ranitidine

    Obat yang tergolong ke dalam H-2 receptor blocker ini dapat menurunkan produksi asam lambung serta mengatasi nyeri pada ulu hati. Untuk bisa mendapatkan Ranitidine kamu perlu mengantongi resep dokter.

Perbaiki Pola Hidup Agar Obat Asam Lambung Naik Bisa Bekerja Maksimal

Obat asam lambung alami maupun yang ada di apotik memang efektif untuk mengatasi penyakit asam lambung. Meski begitu, obat-obatan ini sifatnya hanya sementara. Kamu perlu memperbaiki pola hidup agar penyakit asam lambung ini tidak kembali datang di masa depan.

Kamu bisa mulai dengan mengganti diet dengan makanan yang lebih nyaman untuk lambung. Misalnya makan lebih sering dengan porsi kecil, menghindari makanan terlalu asam, pedas, dan berlemak, tidak makan saat mendekati waktu tidur, serta tidur teratur.

Jika kamu seorang perokok, berhentilah untuk mengisap tembakau. Usahakan juga untuk selalu memiliki berat badan ideal. Tetapi, jika semua hal tersebut sudah dilakukan namun penyakit asam lambung masih belum sembuh juga, operasi terkadang diperlukan.

Baca juga: Meredakan Maag Tanpa Obat, Bagaimana Caranya?

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement