Jumat 14 Apr 2023 09:00 WIB

Menabung dan Investasi, Penting! Begini Faktanya

Pahami dulu yuk fakta menarik pentingnya punya tabungan dan investasi berikut ini, agar kamu tahu betapa pentingnya mulai menabung dan investasi dari sekarang.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Sebagian orang tak sedikit yang berpikir bahwa penghasilan yang diperoleh saat ini belum cukup untuk dialokasikan untuk ditabung apalagi investasi. Selain karena penghasilan yang mungkin cenderung pas-pasan dan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, tentu ada banyak alasan lainnya. 

Salah satunya kesadaran diri yang masih sangat minim, hingga sikap enggan mempersiapkan kehidupan finansial yang lebih baik di masa depan dari awal. Daripada hanya menghabiskan uang dan waktu untuk hal-hal konsumtif, sebaiknya pahami dulu yuk fakta menarik berikut ini. Agar kamu tahu betapa pentingnya mulai menabung dan investasi dari sekarang.

 

Fakta Dibalik Pentingnya Menabung dan Investasi

menabung dan investasi

1. Tabungan saja Tidak Cukup  

Banyak penelitian mengungkapkan jika 2 dari 5 pekerja tak hampir memiliki persiapan dana tabungan apapun untuk menghadapi masa pensiunnya. Sehingga, tak heran jika banyak yang mengalami kesulitan finansial di saat sudah memasuki masa pensiun.

Namun, tak sedikit juga yang sudah sejak awal mempersiapkan dana pensiun yang juga tak punya cukup dana tabungan saat masa pensiunnya. Mengingat akan hal tersebut, membuat investasi menjadi langkah lanjutan yang tepat. Bukan hanya untuk menyiapkan dana pensiun tapi juga memperbaiki kondisi finansial secara keseluruhan. 

2. Kurang Mempertimbangkan Masa setelah Pensiun

Fakta yang selanjutnya perlu diketahui agar lebih paham tentang pentingnya menabung adalah kehidupan yang harus dijalani setelah masa  setelah pensiun. Setiap harinya, pasti memerlukan biaya untuk bisa tetap terus bertahan hidup. Belum lagi jika ada masalah pada kondisi kesehatan yang memerlukan biaya perawatan tak sedikit.

Realitanya, banyak yang sama sekali belum memikirkan soal tabungan untuk kehidupan di masa pensiun. Hingga tak sedikit yang mengalami kesulitan finansial, dan harus kesana kemari mencari pekerjaan. Inilah alasannya, mengapa menabung dari sekarang sangatlah penting sebagai persiapan dana yang akan dikeluarkan ketika sudah pensiun. 

3. Masa Muda Tidak Dimanfaatkan untuk Menabung, Apalagi Berinvestasi 

Menabung dan mulai berinvestasi sejak usia muda bisa jadi cara untuk mengelola kehidupan finansial jadi lebih teratur. Hanya saja, tak banyak anak muda atau milenial yang sadar akan hal ini.

Setelah paham akan pentingnya menabung dan investasi sejak muda, tapi masih banyak yang takut akan resikonya. Sehingga, mereka lebih memilih berinvestasi ke instrumen investasi yang cenderung konservatif dan dianggap lebih aman.

Padahal, saat usia masih muda seharusnya bisa lebih memanfaatkan waktunya untuk berinvestasi secara agresif. Agar nantinya bisa dengan mudah return di masa mendatang dengan optimal. 

Jadi Jangan sampai hanya menyimpannya di rekening tabungan. Tapi bisa mulai berinvestasi di sejumlah instrumen investasi yang memberikan imbal hasil menarik. Misalnya emas batangan, saham hingga reksadana yang terbukti profit.

4. Tak Bisa Memperkirakan Besarnya Dana untuk Masa Pensiun

Menjelang masa pensiun, penting untuk selalu menyisihkan sebagian penghasilan ke dalam tabungan dana pensiun. Kebutuhan ketika masa pensiun lebih banyak dan berat, apalagi saat tidak secara rinci memahami besarnya dana pensiun yang harus dikeluarkan. 

Sehingga, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan hal tersebut sejak dini dengan menabung dan menginvestasikan modalnya lebih banyak sebelum masa pensiun tiba. Hanya saja, banyak yang tak tahu dan bahkan tidak bisa memperkirakan berapa kisarannya dana yang perlu disiapkan.

Jadi, tak heran jika banyak yang santai menghadapinya dan tak mau berusaha untuk menyisihkan uangnya untuk disimpan sebagai dana pensiun. 

Baca Juga: Cara Menghitung Dana Pensiun dari Sekarang

5. Resiko Kesehatan di Masa Mendatang 

Persiapan asuransi kesehatan juga sangat perlu untuk dilakukan sejak dini sebagai bentuk persiapan. Mengingat ketika di usia senja, secara fisik sudah tidak lagi bugar dan sehat seperti dulu. Belum lagi, biaya perawatan juga tak bisa dibilang sedikit.

Untuk itulah, menabung dan investasi sejak awal menjadi hal yang sangat penting. Asuransi kesehatan bisa jadi pilihan untuk mempersiapkan biaya perawatan yang akan sangat membantu ketika sudah tak lagi produktif di masa pensiun. 

Baca Juga:  Antisipasi Biaya Rumah Sakit dan Biaya Medical Check Up, Ini Pentingnya Siapkan Dana Kesehatan

6. Tingginya Biaya Hidup

Semakin hari, biaya hidup menjadi semakin tinggi akibat inflasi. Hal ini tentu membuat hampir semua kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. 

Mengalokasikan sebagian dana pribadi untuk ditabung atau diinvestasikan, bisa jadi alternatif cara menyelamatkan kondisi finansial. Itulah, mengapa penting untuk selalu menyisihkan sebagian uangnya.  

7. Pekerjaan Saat ini Tidak Selamanya 

Fakta lain yang mendukung pentingnya menabung dari sekarang adalah tak ada yang tahu apakah tempat bekerja saat ini akan terus berjalan atau justru gulung tikar. Tidak ada yang bisa menjamin kamu akan tetap bekerja di tempat tersebut atau justru harus angkat kaki.

Dengan mulai menabung, dana yang terkumpul bisa digunakan sebagai modal untuk tetap menjalani hidup dan membuka usaha baru. Lain halnya jika sama sekali tak punya tabungan apapun saat tempat kerja tiba-tiba bermasalah dan harus mengalami PHK tanpa pesangon sedikit pun.

Pikirkan Masa Depan dengan Menabung dan Mulai Berinvestasi dari Sekarang

Perencanaan keuangan masa depan harus disusun dengan sebaik-baiknya. Dalam hal ini, pengubahan cara dan pola berpikir menyangkut kehidupan finansial harus dilakukan secara matang supaya tujuan hidup yang ingin dicapai bisa terwujud. 

Salah satunya dengan mulai menyisihkan penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan. Bukan hanya sekedar disimpan di rekening bank, tapi diinvestasikan dengan tepat dan memilih produk asuransi sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Melek Investasi: Simak Beda Investasi Saham, Reksa Dana, SBR, ORI, dan Deposito

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement