Kamis 27 Apr 2023 18:00 WIB

Mengenal Fotografer: Tanggung Jawab, Skill dan Jenisnya

Fotografer tentu sudah bukan profesi yang asing lagi untuk kebanyakan orang. Berikut penjelasan selengkapnya seputar profesi Fotografer:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Fotografer tentu sudah bukan profesi yang asing lagi untuk kebanyakan orang. Profesi yang satu ini bahkan terbilang populer dan banyak diminati, terutama sejak era digital yang memudahkan akses berbagai informasi dan menghadirkan banyak media digital di saat bersamaan. 

Perkembangan media digital dan media sosial membawa banyak perubahan di dunia fotografi itu sendiri. Saat ini, ada banyak fotografer pemula yang juga bisa mendapatkan ruang untuk berkarya, sebab ada banyak lowongan pekerjaan di bidang yang satu in.

Berdasarkan Career Explorer, fotografer adalah seorang profesional yang berfokus pada dunia seni untuk memotret momen dalam bentuk foto dengan menggunakan kamera digital atau analog. 

Fotografer artinya seseorang yang akan mengambil foto sebuah lokasi maupun objek lainnya, di mana hal ini dilakukan untuk merekam kejadian tertentu serta mengisahkan cerita tersebut melalui gambar/ foto yang diambilnya. 

Pekerjaan yang satu ini kerap ditemukan dalam berbagai sektor industri yang beragam, di mana masing-masing pekerjaan biasanya akan punya spesialisasi tersendiri. Artinya, Fotografer bukanlah seseorang yang harus selalu bekerja di dalam studio, namun seringkali bekerja di luar studio, tergantung pada proyek yang sedang ditanganinya. 

Contohnya: fotografer produk biasanya akan bekerja untuk mengambil foto berbagai produk, di mana hal tersebut dilakukan di dalam studio. Namun sebaliknya, seorang fotografer berita akan bekerja di lokasi-lokasi tertentu, yakni tempatnya ditugaskan untuk meliput sebuah berita. 

Saat melakukan pengambilan gambar, seorang fotografer pemula maupun profesional kerap memakai cahaya buatan yang berasal dari lampu maupun cahaya alami sinar matahari untuk menghasilkan foto yang berkualitas.  

 

Apa saja Tanggung Jawab Seorang Fotografer? 

tanggung jawab fotografer

Pada dasarnya, seorang fotografer bisa saja bekerja sebagai freelancer tanpa terikat dengan sebuah perusahaan. Namun di lain sisi, ada juga fotografer yang bekerja penuh dan menjadi bagian dari sebuah perusahaan tertentu. 

Pekerjaan ini biasanya berkaitan dengan sejumlah bidang atau event-event tertentu, seperti: festival, pernikahan, wisuda, pesta, dan event lainnya. Selain itu, fotografi juga berkaitan dengan dunia periklanan, di mana fotografer kerap memberikan jasa pengambilan berbagai foto produk yang akan dipasarkan. 

Bidang lainnya yang berkaitan dengan fotografer adalah dunia jurnalistik. Profesi ini kerap menyajikan berbagai foto-foto terbaik untuk melengkapi berbagai berita maupun artikel yang dimuat di surat kabar maupun majalah. 

Merujuk The Balance Careers, seorang fotografer memiliki tanggung jawab pada kualitas gambar yang diberikan kepada kliennya. Berdasarkan pernyataan ini, jelas bahwa seorang fotografer ikut berperan/ bertanggung jawab dalam proses penyuntingan foto, meskipun peran tersebut tidak begitu besar, sebab penyuntingan gambar/ foto merupakan tanggung jawab editor foto. 

Namun secara tidak langsung, penjelasan di atas juga menunjukkan bagaimana lingkup pekerjaan fotografer ini terbilang luas. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memiliki minat yang besar sebelum terjun ke bidang yang satu ini. 

Fotografer artinya seseorang yang akan menghasilkan foto berkualitas dengan kemampuan yang dimilikinya. Namun untuk bisa mendapatkan foto terbaik, jelas dibutuhkan kerja yang maksimal dan bertanggung jawab.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi tanggung jawab fotografer, baik itu fotografer pemula maupun yang sudah profesional: 

  • Melakukan pengambilan dan pengeditan foto sesuai dengan kebutuhan klien atau perusahaan.
  • Menghasilkan foto dengan penggunaan berbagai metode yang ada untuk media cetak atau digital.
  • Mengirimkan hasil akhir foto ke berbagai pihak yang berkepentingan, seperti: media, klien internal maupun eksternal, desainer grafis, dan yang lainnya.
  • Melakukan retouching atau penyesuaian foto setelah sesi pemotretan selesai.
  • Melakukan promosi bisnis kepada khalayak ramai dan klien.
  • Melengkapi persediaan produksi serta editing dengan baik.

Baca Juga:  Karir untuk Kamu Lulusan Sastra Inggris" href="https://www.cermati.com/artikel/5-prospek-karir-untuk-kamu-lulusan-sastra-inggris" target="_blank">5 Prospek Karir untuk Kamu Lulusan Sastra Inggris

Skill yang Wajib Dikuasai Fotografer

skill fotografer

Fotografer artinya seseorang yang akan menghasilkan foto/ gambar yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan klien. Untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik, tentu saja fotografer pemula maupun profesional harus memiliki skill yang mumpuni. 

Fotografer adalah profesi yang bergelut di bidang seni, sehingga lulusan bidang seni, desain maupun fotografi itu sendiri tentu akan lebih mudah untuk menguasai bidang yang satu ini. Namun meski begitu, tidak tertutup kemungkinan untuk menguasai fotografi ini secara otodidak atau tanpa pendidikan formal. 

Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang fotografer dalam menjalankan tugasnya: 

  • Kemampuan artistik. 
  • Kemampuan teknis untuk menggunakan kamera.
  • Kemampuan untuk melakukan proses editing.
  • Kemampuan komunikasi yang baik. 
  • Sikap teliti, sabar, serta cekatan. 
  • Kemampuan untuk berkolaborasi.
  • Kemampuan untuk bekerja sesuai deadline ketat. 
  • Sikap kreatif serta inovatif

Baca Juga: Raih Karir Internasional dengan Bekerja di Perusahaan Multinasional

Jenis Fotografer dan Tips Karirnya

jenis karir fotografer 

Fotografer artinya seorang profesional yang menghasilkan foto/ gambar yang berkualitas baik dengan kemampuannya. Bidang yang satu ini terbilang luas dan selalu terbuka untuk para fotografer pemula yang baru akan merintis karir pertamanya.

Berikut ini adalah beberapa jenis fotografer dan juga tips untuk menekuni karirnya dengan sukses:

1. Fotografer Pernikahan 

Fotografer yang satu ini juga dikenal dengan sebutan wedding photographer, yakni orang yang profesional dan akan mengambil foto dalam sebuah acara pernikahan. Fotografer ini bisa saja bekerja sebagai freelancer atau bahkan bergabung dengan wedding organizer maupun agency.

Tips: 

  • Memiliki kemampuan mumpuni dalam mengambil gambar, termasuk pada momen-momen tak terduga.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sebab akan berhadapan dengan banyak orang dalam pesta pernikahan
  • Pahami rangkaian acara pernikahan yang akan digelar dari awal sampai selesai.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam mengorganisir sesi foto. 

2. Fotografer Fashion

Fotografer di bidang fashion akan bertanggung jawab untuk menghasilkan foto produk fashion yang berkualitas baik. Pada umumnya, mereka bekerja untuk industri/ pebisnis fashion atau bahkan marketplace fashion

Tips: 

  • Memiliki kemampuan baik dalam berkomunikasi, baik itu dengan model maupun desainer dan pihak lainnya yang terlibat dalam proyek.
  • Gunakan pencahayaan yang baik, agar setiap foto bisa tampil maksimal.

3. Travel Photographer

Sesuai dengan namanya, fotografer yang satu ini akan kerap bepergian ke berbagai tempat dan mengabadikan berbagai foto unik dan cantik. Sebagian orang yang bergelut di bidang ini akan bekerja mandiri dan menjual sendiri hasil karyanya. Namun ada juga yang bekerja untuk perusahaan atau agency.

Tips: 

  • Selalu bawa perlengkapan foto yang memadai, agar pengambilan gambar selalu maksimal.
  • Pilih destinasi perjalanan yang unik dan sekiranya bisa menghasilkan foto yang berkualitas. 

4. Photojournalist

Fotografer jurnalistik adalah orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pengambilan foto, melakukan editing, dan menampilkan foto tersebut di media tertentu untuk tujuan menceritakan sebuah peristiwa.

Tips: 

  • Bangun relasi yang luas untuk mendapatkan akses dalam pekerjaan.
  • Biasakan untuk bekerja di bawah deadline yang ketat.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

5. Fotografer Makanan

Fotografer makanan menjadi salah satu yang paling populer belakangan ini, sebab banyak orang membutuhkan jasanya. Tugasnya adalah memberikan hasil foto makanan terbaik dan bisa menggugah selera orang-orang untuk menikmatinya. 

Tips: 

  • Memiliki pengetahuan yang baik seputar kuliner dan bahan-bahan makanan.
  • Jalin hubungan baik dengan orang-orang dari industri kuliner, seperti: pemilik restoran, food blogger, dan yang lainnya. 

6. Sport Photographer

Fotografer yang satu ini akan bertanggung jawab untuk mengambil gambar, mengedit dan menyajikannya di media dengan tujuan agar cerita dalam perhelatan olahraga bisa tersampaikan dengan baik. Pada umumnya, sport photographer punya akses khusus untuk meliput acara dari dekat, sehingga bisa mendapatkan foto terbaik.

Tips: 

  • Asah kemampuan untuk mengambil foto-foto dengan angle sulit dan mendadak.
  • Ikuti perkembangan dunia olahraga, khususnya event-event yang penting.

Karir Fotografer yang Cukup Menjanjikan

Fotografer menjadi salah satu profesi yang masih menjanjikan, bahkan hingga satu dekade ke depan peluangnya masih bagus. Bidang yang satu ini memiliki banyak jenis dan semakin berkembang. Jika berminat untuk menekuni profesi ini dengan serius, kembangkan bakat dan dapatkan pengetahuan yang memadai sebagai bekal untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga: Kenali Tugas, Tantangan dan Peluang Karir Jadi Talent Acquisition

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement