Jumat 19 May 2023 12:00 WIB

15 Film Bertema Natal Ini Cocok untuk Mengisi Waktu Liburan Natalmu

Ini dia rekomendasi film bertema Natal identik dengan tema kekeluargaan dan persahabatan yang cocok untuk ditonton bersama dengan keluarga saat libur natal.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh kamu dan keluarga menjelang libur panjang Natal tahun ini. Kamu bisa travelling bersama, makan malam bersama dan nonton film bersama. Yep! Nonton film bersama adalah pilihan paling tepat yang bisa kamu lakukan dengan keluarga, selain bisa menambah keharmonisan hubungan keluarga, hemat budget pula.

Film bertema Natal identik dengan tema kekeluargaan dan persahabatan yang cocok untuk dijadikan konsep liburan asik dengan keluarga. Nah, biar tambah seru nonton barengnya ini dia beberapa rekomendasi film bertema natal yang cocok untuk nonton bareng dengan keluarga di liburan panjang menjelang natal.

 

15 Rekomendasi Film Natal

nonton film natal

Nonton Film Natal

  1. A Christmas Carol oleh Disney

    Salah satu dongeng anak terkenal yang diangkat menjadi film ini memiliki makna yang dalam mengenai kemanusiaan dan makna natal yang indah. Film ini menceritakan tentang seorang lelaki tua (Tuan Scrooge) yang tidak menyukai natal karena hidupnya yang dipenuhi kesepian. Suara Tuan Scrooge ini diisi oleh Jim Carrey. Film ini tidak hanya mengharukan, tapi juga penuh dengan pelajaran kehidupan. Sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga

  2. Elf

    Ini adalah salah satu film natal keluarga yang wajib kamu tonton menjelang dan di hari natal. Tingkah kocak seorang elf bongsor yang diperankan oleh aktor komedi terkenal Will Ferrel akan membuat kamu terpingkal-pingkal dengan tingkah lakunya. Bergenre komedi-drama film ini akan mengajarkan kamu betapa pentingnya arti keluarga dalam kehidupan.

  3. Rise of Guardians

    Tau karakter animasi tampan Jack Frost? Nah, ini dia film yang tepat untuk ditonton jika penasaran dengan asal muasal dari karakter kartun tampan ini. Bercerita tentang para peri dan tokoh dongeng lainnya seperti peri gigi, kelinci paskah dan Jack frost sendiri dalam membantu Santa Claus untuk menyelamatkan natal. Pengisi suara dari film ini pun dipenuhi aktor ternama seperti Chris Pine, Jude Law, Hugh Jackman, Alec Baldwin, dan juga Isla Fisher.

  4. The Grinch & Grinch Stole Christmas

    Grinch adalah makhluk hijau menyebalkan yang sangat membenci natal. Diceritakan Grinch sangat membenci natal hingga dia tidak kuat lagi dan ingin menghacurkan natal dengan mencuri semua kado natal yang ada di desa Whoville yang sangat senang merayakan natal secara besar-besaran.

    Grinch sendiri memiliki 2 versi film pertama yang dimainkan oleh aktor komedi Jim Carrey dan versi animasinya dengan pengisi suara Bennedict Cumberbath. Kedua film tersebut sama-sama seru untuk ditonton dengan keluarga kamu di hari natal.

  5. Home Alone (1-5)

    Home Alone bisa dikatakan film klasik yang paling sering ditonton ketika natal. Rasanya, natal tidak lengkap jika tidak menonton film yang diperankan oleh mantan aktor cilik paling terkenal di dunia saat itu, Macaulay Culking. Saking suksesnya film ini pun memilki hingga 5 sequel dan sama-sama sukses.

    Menceritakan tentang seorang anak kecil bernama Kevin yang tidak sengaja tertinggal oleh orangtuanya yang berlibur ke luar negeri. Kevin yang cerdik membuat rencana licik dan usil dalam menjebak dan mengusir para perampok yang akan merampok rumahnya. Berbagai macam kelucuan akibat keusilan dari Kevin ini lah yang menjadi daya tarik utama film Home Alone.

  6. The Polar Express

    The Polar Express digadang-gadang menjadi film natal terbaik di dunia. Film ini pun disutradarai oleh salah satu sutradara terbaik sekaligus aktor legendaris Tom Hanks.

    Film ini menceritakan tentang seorang anak kecil yang tidak mempercayai santa claus yang entah kenapa membuat dirinya tiba-tiba terbangun di sebuah kereta yang menuju kutub utara, tempat santa claus tinggal. Di kutub utara itu lah dia belajar banyak mengenai jati diri sang santa clause, peri-perinya yang bertugas menciptakan hadiah untuk si anak baik dan si anak nakal hingga rusa pengantar hadiahnya. Cerita ini pun menceritakan mengenai persahabatan dan keindahan natal.

  7. Nightmare Before Christmas

    Karakter tengkorak terkenal Jack Skellington tidak hanya sekadar karakter belaka yang diciptakan tanpa latar belakang yang jelas. Meski sudah sangat tua, film animasi Night Before Christmas memiliki impact yang kuat di dunia perfilman sebagai film natal dengan konsep, tema, dan cerita yang sangat unik dan tidak ada duanya.

    Ditayangkan tahun 1993, film ini menceritakan karakter ciptaan Tim Burton, Jack Skellington bersama dengan teman-teman Halloween yang lain sangat ingin merayakan natal seperti keluarga pada umumnya. Mereka bahkan menculik sang santa agar mereka lah yang menjalankan misi membagikan hadiah ke seluruh anak di dunia, demi bisa merasakan sensasi kebahagiaan natal yang belum pernah mereka rasakan.

  8. Arthur Christmas

    Siapa yang sangka akan ada film yang menceritakan keluarga santa claus dengan seorang istri dan anak juga beserta perinya yang mencoba menjalankan misi tahunan membagikan hadiah natal keseluruh dunia dengan teknologi modern. Unik dan berbeda ketika penayangan pertama film ini (2001) pun mendapatkan banyak perhatian.

    Film animasi ini tidak hanya lucu dan menghibur tapi juga penuh dengan cerita mengenai arti keluarga dan persahabatan juga kerjasama dan kepercayaan dengan sesama. Film ini pun diisi dengan banyak aktor terkenal seperti James McAvoy, Hugh Laury, dan Bill Nighy.

  9. A Merry Friggin Christmas

    Siapa tidak kenal dengan aktor komedi legenda Robin Williams? Bersama dengan aktor dan aktris terkenal lainnya. Film ini bercerita tentang seorang kakek yang sangat menyayangi cucunya dan ingin memberikan kado terbaik untuk natal kepadanya.

    Tapi, Robin tidak bisa melakukan itu sendiri, dia harus bekerja sama dengan anak laki-lakinya untuk bisa mengabulkan kado permintaan si cucu. Bagian lucunya, Robin sang kakek ternyata memiliki hubungan kurang baik dan sedang berperang dingin dengan anak laki-lakinya yang merupakan ayah dari cucu kesayangannya.

    Akan ada banyak adegan kocak dan mengharukan difilm ini dan alur cerita yang susah ditebak membuat film ini sangat seru ditonton bersama keluarga.

  10. Jingle All The Way

    Aktor laga ternama Arnold Schwarzenegger adalah pemeran utama dari film natal keluarga populer ini. Bercerita tentang Arnold yang merupakan seorang ayah yang sangat workaholic hingga dibenci oleh anak semata wayangnya sendiri. Untuk menebus kesalahannya, Arnold bertekad akan memberikan kado natal yang paling diinginkan oleh sang anak.

    Di film ini, Arnold harus melewati berbagai petualangan seru yang tidak hanya mendebarkan tapi juga kocak demi mendapatkan kado natal impian sang anak, yaitu boneka robot limited edition yang diperebutkan oleh ribuan orang tua saat itu.

  11. Love Actually

    Love Actually merupakan salah satu film natal live action yang juga populer. Bergenre rom-com alias romantic comedy, film ini menceritakan berbagai perspektif perayaan natal dari 9 orang yang berbeda. Uniknya, setiap cerita dari 9 orang tersebutu saling berhubungan membangun satu plot yang komprehensif. Film ini dibintangi oleh artis ternama, seperti Hugh Grant, Colin Firth, Kiera Knightley, Alan Rickman, Rowan Atkinson, dan sebagainya.

  12. It's A wonderful Life

    Masih dalam format hitam putih, film ini ditayangkan pertama kali pada tahun 1946 dan masih dikenang sebagai “must watch” selama natal tiap tahunnya. Film ini dibintangi oleh James Stewart dan Henry Travers, bintang film pada masanya.

    Film ini bercerita tentang George Bailey yang berharap tidak dilahirkan di dunia karena merasa tidak berguna. Permintaan itu kemudian dikabulkan oleh malaikat yang turun ke bumi. Kemudian, George menyadari bahwa dirinya lebih berguna dari apa yang dia kira dan banyak hal yang berubah ketika ia tidak ada di dunia.

  13. A Christmas Story

    Nyatanya, film lama pun tidak berhenti menarik perhatian khalayak, seperti film A Christmas Story yang dibuat pada tahun 1983. Film ini bercerita tentang anak kecil yang mengutarakan keinginannya untuk natal pada ibunya. Namun, permintaan tersebut ditolak karena dianggap berbahaya.

    Film ini cocok untuk ditonton oleh anak-anak. Sebab, meskipun sudah tua, cerita di film ini masih menjadi relatable pada anak-anak yang memiliki keinginan untuk natal.

  14. The Holiday

    Film natal memang identik dengan komedi dan animasi. Tapi, tidak melulu demikian. Banyak film natal yang bisa memberikan perasaan wholesome pada penontonnya, seperti film The Holiday. Dimainkan oleh Cameron Diaz, film ini bercerita tentang dua orang wanita yang bertukar rumah setelah mengalami patah hati yang kemudian menemukan cinta sejatinya. Jika kamu menonton ini, pasti akan tersadar bahwa terdapat banyak pelajaran yang dapat diambil dari film romansa ini.

  15. Gremlins

  16. Genre film horor komedi Gremlins berkaitan dengan kisah makhluk lucu yang berubah menjadi monster yang menakutkan.
    Gizmo adalah mogwai kecil yang lucu yang merupakan salah satu karakter horor yang paling dikenal, tetapi ada peraturan yang mencegahnya berubah menjadi monster yang menakutkan!
    Film dimulai dengan narasi dari Randall Peltzer, seorang inovator produk, yang bekerja di Chinatown dan memasuki toko barang antik.
    Setelah melihat makhluk lucu seperti ngengat yang memikat minatnya, dia berusaha meyakinkan dan bernegosiasi untuk memilikinya.
    Namun, setelah mendapatkan makhluk menggemaskan, ia mengalami berbagai kejadian aneh dan menakutkan.

Menikmati Quality Time Natal dengan Nonton Bersama Keluarga

Siapa bilang menonton film dengan keluarga di saat natal untuk mengisi liburan tidak seru? Menonton film tidak hanya bisa sangat menghibur tapi juga akan memberikan banyak kesan dan sudut pandang yang berbeda terhadap berbagai hal, memberikan pengetahuan baru dan menambah keharmonisan hubungan keluarga.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement