Selasa 13 Jun 2023 12:40 WIB

10 Ide Bisnis yang Menguntungkan dan Ramah Lingkungan

Butuh pekerjaan yang cocok dengan minat sebagai pecinta lingkungan? Ini dia 10 ide bisnis dan pekerjaan yang cocok yang ramah lingkungan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Saat menjalankan sebuah bisnis, keuntungan kerap menjadi tujuan utama dalam bisnis tersebut. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat bisnis hanya akan berjalan baik jika didukung oleh sistem keuangan yang sehat, salah satunya dengan adanya sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan secara berkala.

Semua lini di dalam bisnis membutuhkan biaya, itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari kegiatan bisnis tersebut. Namun, bagaimana jika ternyata kamu memiliki tujuan istimewa lainnya di dalam bisnis yang akan dijalankan nanti?

Berbisnis sekaligus bisa ikut serta menyelamatkan lingkungan, ini tentu tujuan yang sangat baik. Kamu tidak semata-mata hanya memikirkan keuntungan saja, namun juga memiliki keinginan yang positif untuk memperbaiki atau bahkan sekedar mengurangi berbagai masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Hal ini akan sangat menyenangkan, terutama bagi yang memang memiliki kepedulian khusus akan hal-hal yang membuat lingkungan menjadi lebih baik dan nyaman.

Tidak selalu sulit, ada banyak ide bisnis ramah lingkungan yang bisa dijadikan pilihan. Simak 10 ide bisnis ramah lingkungan berikut ini, yang bisa dijalankan dengan mudah:

Baca Juga: Plus Minus Bisnis Ketok Magic dan Modal yang Dibutuhkan

 

1. Vermak dan Jual Furniture Lama

 Ilustrasi Menjual Furniture Lama 
Ilustrasi Menjual Furniture Lama

Banyak orang yang menumpuk furniture lama mereka di gudang, bahkan yang masih layak pakai sekalipun. Alih-alih dirawat, di dalam gudang berbagai furniture ini justru menumpuk dan berpotensi menjadi sampah. Perubahan model, bahan dan banyak hal lainnya, kerap menjadi alasan mengapa seseorang mengganti furniture mereka dengan yang baru. Namun di lain sisi, ada banyak sekali orang yang juga menyukai barang-barang antik dan lama seperti ini, dan kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis yang baru.

Selain mendapatkan keuntungan, Bisnis ini juga akan ikut serta mengurangi masalah penumpukan barang yang akan mengganggu kebersihan lingkungan.

2. Produksi dan Menjual Kompos

Menjual Produk Hasil Kompos 
Menjual Produk Hasil Kompos

Memilah sampah menjadi sampah organik dan non organik mungkin belum menjadi sebuah kebiasaan yang baik bagi kebanyakan orang. Padahal jika dilakukan, hal ini bahkan akan sangat membantu mempermudah proses pengolahan sampah itu sendiri. Kamu bisa mengolah sampah non organik menjadi kompos, sehingga sampah-sampah ini akan lebih berguna lagi. Bukan hanya melakukan kegiatan produksi, kompos ini kelak bisa dijual kepada mereka yang membutuhkannya, harganya juga terbilang tinggi di pasaran.

3. Mengolah Sampah Elektronik

 Mengolah Sampah Menjadi Barang yang Bisa Dipakai
Mengolah Sampah Menjadi Barang yang Bisa Dipakai

Masih terkait dengan sampah yang kerap menimbulkan masalah akibat pengolahannya yang tidak tepat. Di antara berbagai jenis sampah, sampah elektronik menjadi salah satu yang tersulit untuk diatasi, sebab sampah ini memang sulit terurai kembali. Inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis, yakni dengan ikut serta mengolah sampah elektronik yang jumlahnya semakin lama memang semakin banyak. Kamu bisa mengumpulkan sampah-sampah ini dan menjualnya langsung kepada mereka yang berminat untuk mengolahnya kembali, atau bisa juga mengolahnya menjadi berbagai macam hiasan yang menarik.

4. Konsultan Lingkungan Hidup

 Konsultan Lingkungan Hidup 
Konsultan Lingkungan Hidup

Jika memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan pemeliharaan lingkungan dan yang lainnya, maka bisa mengambil bisnis ini. Kamu bisa ikut serta memberikan kampanye mengenai lingkungan, memberikan saran mengenai pentingnya kondisi ramah lingkungan yang tepat bagi mereka yang membutuhkan.

Bukan hanya itu saja, bidang ini juga bisa memberikan pemahaman yang baik terkait dengan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan bagi banyak orang. Jika memang memiliki kemampuan yang baik, maka kegiatan ini juga akan mendatangkan uang sekaligus dampak yang baik bagi banyak orang.

5. Membuat dan Menjual Kosmetik Organik

 Ilustrasi Kosmetik Organik 
Ilustrasi Kosmetik Organik

Bukan hanya makanan saja, namun sebagian orang juga sudah begitu tertarik untuk ikut menggunakan beragam kosmetik organik yang ramah lingkungan. Hal ini akan sangat baik bagi kulit, terutama jika memiliki kemampuan yang baik dalam meracik berbagai bahan organik tersebut menjadi kosmetik yang tepat. Pelajari cara mengolah bahan-bahan ini dengan baik melalui informasi internet atau yang lainnya, sehingga manfaat yang bisa didapatkan dari kosmetik tersebut benar-benar maksimal.

6. Event Organizer Istimewa

 Ilustrasi Event Organizer
 Ilustrasi Event Organizer

Bukan hanya keuntungan saja, bisnis Event Organizer (EO) juga bisa sekaligus ikut serta menjaga lingkungan sekitar. Pengaturan acara serta pemilihan tema yang berbau alam, bisa membuat EO begitu istimewa, apalagi jika ditambah dengan lokasi yang memang mendukung untuk hal tersebut.

Kamu bisa menggunakan beragam ornamen yang ramah lingkungan, cendramata yang juga ramah lingkungan, seperti: satu pot kaktus lucu, sebungkus kecil bibit bunga, dan yang lainnya. Hal ini akan membuat EO kamu berbeda dari EO kebanyakan, sebab konsepnya memang istimewa.

7. Pengembang Aplikasi Hijau

 Ilustrasi Aplikasi yang Ramah Lingkungan 
Ilustrasi Aplikasi yang Ramah Lingkungan

Jika memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan aplikasi yang ramah lingkungan, maka bisa memilih bisnis yang satu ini. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap baik, namun mengenalkannya kepada masyarakat umum adalah tantangan utama yang tidak mudah untuk dilakukan. Inilah yang akan menjadi pekerjaan kamu, di mana tugasmu mengembangkan dan membuat aplikasi hijau dikenal dan memberikan manfaat positif bagi banyak orang.

8. Membuat Aksesoris dari Barang Bekas

Ilustrasi Hiasan Bunga dari Botol Plastik Bekas
Ilustrasi Hiasan Bunga dari Botol Plastik Bekas 

Dengan mengandalkan kemampuan dalam mengolah berbagai barang bekas, maka kamu bisa memulai bisnis aksesoris daur ulang ini. Ada banyak benda bekas yang bisa dimanfaatkan, misalnya: botol plastik, sisa kain perca atau flanel, sisa potongan kayu, atau bahkan dengan menggunakan batok kelapa. Buat dan jual barang-barang ini secara online, selain menguntungkan, sekaligus turut ikut serta menjaga lingkungan sekitar.

9. Membuka Salon Kecantikan yang Ramah Lingkungan

Ilustrasi Salon Kecantikan Ramah Lingkungan 
Ilustrasi Salon Kecantikan Ramah Lingkungan

Bagi yang tertarik dengan dunia kecantikan, maka pilihan bisnis yang satu ini layak untuk dipertimbangkan. Kamu bisa meracik berbagai kosmetik dan bahan kecantikan lainnya yang berbahan organik dan ramah lingkungan. Saat ini, jumlah pengguna kosmetik berbahan organik juga telah cukup tinggi, sehingga salon tidak akan sepi dari pelanggan.

10. Membuka Katering Ramah Lingkungan

Ilustrasi Usaha Katering Ramah Lingkungan
Ilustrasi Usaha Katering Ramah Lingkungan

Bisnis ini masih terbilang jarang, meskipun ada, hanya di kota-kota besar seperti Jakarta saja. Bisnis katering ramah lingkungan bisa dibuka dengan menggunakan bahan-bahan makanan organik, tentunya tetap dengan rasa yang lezat. Terapkan juga penggunaan kemasan ramah lingkungan, agar tujuan bisa tercapai dengan maksimal.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Warung Sembako yang Laris Manis

Pilih yang Paling Sesuai dengan Minat

Menjalankan bisnis ramah lingkungan mungkin akan terasa sulit, meski pada dasarnya kegiatan ini bisa memberikan dampak yang baik. Rencanakan dan pilih jenis bisnis yang paling sesuai dengan minat, agar kelak lebih mudah dalam menjalankannya. Bukan hanya keuntungan, namun bisa ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitar.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Penyewaan Alat Fitness

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement