Rabu 14 Jun 2023 00:00 WIB

CV Fresh Graduate: Panduan, Contoh, dan Tips Membuatnya

CV fresh graduate selalu menjadi yang paling banyak dicari. Berikut cara membuat CV untuk fresh graduate yang benar dan tipsnya agar CV dilirik oleh rekcruiter:

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

CV fresh graduate selalu menjadi yang paling banyak dicari. Bagaimana tidak, jenis CV yang satu ini biasanya akan digunakan oleh para pelamar pemula atau orang-orang yang baru akan mencari pekerjaan untuk pertama kalinya. 

Pada umumnya, para pelamar pemula belum memiliki pengalaman kerja dan bahkan pengetahuan yang cukup tentang dunia kerja itu sendiri. Namun meski begitu, membuat CV yang berkualitas tentu bukan hal yang sulit, sebab ada banyak contoh CV lamaran kerja fresh graduate yang bisa dijadikan sebagai acuan. 

 

Buat CV Fresh Graduate dengan Benar 

cv fresh graduate

Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu dokumen penting dan wajib disertakan ketika mengajukan lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan. Di dalam prakteknya, CV ini akan menjadi salah satu pertimbangan recruiter untuk melihat kelayakan seorang pelamar dalam mengikuti tahap rekrutmen berikutnya.

Jika melihat penjelasan di atas, jelas CV ini begitu penting dan seharusnya dibuat dengan cara yang tepat oleh setiap pelamar. Saat belum memiliki pengalaman dalam membuat CV, maka pelamar bisa melihat contoh CV fresh graduate SMA atau contoh CV fresh graduate SMA bagi pelamar yang tidak atau belum menyelesaikan jenjang kuliah. 

Sedangkan pelamar yang sudah menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, bisa melihat contoh CV fresh graduate bagi pelamar sarjana. Para pelamar perlu membuat CV yang tepat dan sesuai dengan jenjang pendidikan yang sudah ditempuh selama ini. Jika belum memiliki pengalaman kerja, gunakan CV untuk fresh graduate

Sebagaimana CV pada umumnya, CV fresh graduate akan memuat riwayat, pengalaman dan juga kemampuan pelamar. CV untuk fresh graduate inilah yang akan menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kepribadian pelamar dengan jelas, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. 

Hindari untuk memilih contoh CV lamaran kerja fresh graduate dengan sembarangan. Penting untuk tetap menyesuaikan isi CV dengan kualifikasi yang diharapkan oleh perusahaan itu sendiri, termasuk riwayat pendidikan pelamar. Jika hanya lulus sekolah menengah, maka gunakan contoh CV fresh graduate SMK atau contoh CV fresh graduate SMA saja.  

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD

Panduan Menulis CV Fresh Graduate

CV untuk fresh graduate tentu harus disesuaikan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Hal ini penting, agar perekrut lebih mudah untuk melihat apa saja yang bisa menjadi pertimbangan mereka untuk menerima lamaran tersebut. 

Menonjolkan beberapa kemampuan yang relevan dengan pekerjaan tersebut di dalam CV merupakan hal yang biasa dilakukan, bahkan ini juga sering ditemukan dalam contoh CV fresh graduate SMK atau contoh CV fresh graduate SMA. 

Namun meski begitu, CV fresh graduate ini juga tetap harus dibuat dengan profesional dan sesuai dengan porsinya. Jangan sampai membuat CV yang terlalu panjang, namun justru tidak memuat komponen penting di dalamnya. 

Berikut ini adalah beberapa informasi yang perlu dimasukkan di dalam CV fresh graduate

1. Personal Detail and Contact Information

CV akan memuat informasi pribadi dan juga kontak pelamar dengan lengkap, antara lain: nama dan juga tanggal lahir, alamat tinggal, alamat email, serta nomor ponsel. Selain itu, pada beberapa contoh CV lamaran kerja fresh graduate juga kerap dicantumkan akun media sosial, terutama yang berhubungan dengan ranah profesional. 

2. Summary

Poin yang satu ini juga selalu bisa dilihat pada contoh CV fresh graduate.  Pelamar bisa menulis ringkasan tentang pencapaian pada bagian awal Curriculum Vitae. Tidak ada salahnya menuliskan bagian ini secara mendalam, selama masih berkaitan dengan skills dan juga pekerjaan/ posisi yang sedang dilamar. 

3. Accomplishment

Meski masih fresh graduate, jangan lupa untuk menonjolkan pencapaian yang sudah didapatkan. Bagian ini bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut. Ada banyak pencapaian yang bisa dijabarkan dalam CV, antara lain: beasiswa yang pernah didapatkan, kejuaraan yang pernah dimenangkan, penghargaan, dan yang lainnya. 

4. Education and Qualification

Penting untuk mencantumkan nama lembaga maupun universitas, jurusan yang diambil, gelar yang didapatkan, dan juga IPK terakhir. Urutkanlah gelar sesuai dengan jenjang pendidikan terakhir yang diselesaikan. Pelamar juga bisa mencantumkan judul tesis atau skripsi, jika hal tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. 

5. Internship

Ini bagian yang kerap dicantumkan dalam contoh CV fresh graduate, sebab pelamar fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja. Cantumkanlah dengan jelas posisi yang diambil ketika magang. Jelaskan juga deskripsi pekerjaan apa saja yang dilakukan selama magang, termasuk nama dan lokasi perusahaan, serta waktu pelaksanaannya. 

6. Volunteer/ Community 

Bagian yang satu ini bisa dimanfaatkan oleh pelamar fresh graduate untuk menunjukkan kemampuan diri, meskipun belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Agar lebih jelas, pelamar bisa melihat contoh CV fresh graduate SMA atau contoh CV fresh graduate SMK pada umumnya. 

Cantumkan posisi serta aktivitas yang dilakukan di dalam komunitas yang diikuti selama ini. Hal ini akan memudahkan recruiter melihat kepribadian pelamar dengan lebih jelas, seperti: jiwa sosial, kreativitas, kemampuan beradaptasi dengan orang lain, dan yang lainnya. 

7. Skill

Ini salah satu bagian yang paling penting dalam CV fresh graduate, di mana pelamar bisa menjelaskan semua kemampuan yang dimilikinya, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Ini tentu penting, mengingat fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. 

Pelamar bisa mencantumkan kemampuan teknis yang dikuasai, seperti dalam bidang komputer maupun bahasa. Selain itu, berbagai skill lainnya yang mendukung juga bisa dicantumkan, seperti: lisensi profesional, short course, publikasi ilmiah, dan yang lainnya. 

8. Hobby/ Interest

Jangan lupa untuk mencantumkan hobi di dalam CV untuk fresh graduate. Sebagian perusahaan kerap menginginkan karyawan yang memiliki keseimbangan yang baik dalam hidupnya. Tidak ada salahnya untuk mencantumkan hobi ini sebagai pertimbangan mereka. Namun jika perusahaan begitu formal, maka hindari untuk memberikan informasi yang bersifat pribadi seperti ini. 

Baca Juga:  9 Cara Membuat Surat Referensi Kerja dan Contohnya

Tips Menulis CV Fresh Graduate

cv fresh graduate

Pada dasarnya, kebanyakan pelamar fresh graduate akan menjadikan contoh CV lamaran kerja fresh graduate sebagai acuan dalam menulis CV mereka. Hal ini tentu tidak salah, selama disesuaikan dengan kondisi pelamar dan juga pekerjaan yang akan dilamar itu sendiri. 

Selain itu, sesuaikan juga CV untuk fresh graduate ini dengan jenjang pendidikan terakhir yang sudah ditempuh. Jika melamar setelah selesai menempuh pendidikan menengah, menggunakan contoh CV fresh graduate SMK atau contoh CV fresh graduate SMA saja. Gunakan contoh CV fresh graduate yang tepat dan sesuai. 

Berikut ini adalah beberapa tips menulis CV yang menarik untuk fresh graduate

  • Pakailah bahasa yang formal dan mudah untuk dipahami, sehingga recruiter mudah memahaminya. Hal ini penting, mengingat lamaran kerja adalah urusan yang bersifat formal. 
  • Sajikan informasi di dalam CV dengan menarik, agar recruiter tidak malas untuk membacanya. 
  • Urutkan semua bagian CV dengan format yang fleksibel, pilih contoh CV fresh graduate yang menarik sebagai acuan. 
  • Tampilkan berbagai pencapaian dan juga keterampilan yang dimiliki pada urutan paling atas, dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan posisi yang sedang dilamar.
  • Buatlah daftar pada masing-masing kategori dengan urutan kronologis, di mana urutan paling atas dari yang terbaru terlebih dahulu. 
  • Jangan cantumkan semua pengalaman organisasi maupun pencapaian lainnya, apalagi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. 
  • Jika tidak begitu yakin atau tidak dikuasai dengan baik, jangan cantumkan keterampilan tertentu di dalam CV fresh graduate
  • Cantumkanlah keterampilan yang dimiliki dengan spesifik.
  • Cantumkan keterampilan bahasa asing di kategori keterampilan dan jangan lupa untuk mencantumkan skor dalam kemampuan menulis serta berbicara dengan jelas. 
  • Pakai font yang formal dan dalam ukuran yang tepat, agar lebih mudah untuk dibaca pihak HRD.
  • Simpanlah file CV dengan menggunakan nama jelas, sehingga pihak HRD mudah untuk menemukannya. 

Buat CV Fresh Graduate yang Tepat dan Profesional 

Saat ingin melamar kerja pertama kalinya, tidak ada salahnya melihat contoh CV lamaran kerja fresh graduate sebagai acuan. Tulislah CV yang tepat, profesional dan sesuai dengan posisi yang sedang dilamar. Hal ini penting, agar peluang untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar.

Baca Juga: Lagi Melamar Kerja? Yuk, Siapkan Surat Rekomendasi Kerja

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement