Selasa 20 Jun 2023 18:00 WIB

10 Film Barat Bagus yang Paling Menginspirasi, Penuh Motivasi dan Mengharukan!

Film yang bagus biasanya mengandung pesan atau kesan yang membuat emosi bergejolak. Simak rekomendasi film barat yang menginspirasi, mengharukan, dan juga memberi motivasi berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kisah atau cerita yang inspiratif bisa kita dapatkan dari berbagai macam sumber, tak terkecuali dari tontonan sebuah film. Sejak dahulu, film-film yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada para penontonnya pun banyak disuguhkan.

Selain menjadi hiburan, film yang menginspirasi pun menjadi salah satu tontonan yang layak kalian tonton karena di dalamnya terdapat hal-hal yang menginspirasi. Cerita yang dituangkan biasanya mengambil kisah kehidupan seorang tokoh, keluarga, dan perjuangan hidup seseorang.

Dari luar negeri sendiri sudah banyak film-film menginspirasi yang bisa kalian masukan ke daftar tontonan berikutnya. Lantas apa saja deretan film-film tersebut? Ini ulasannya.

Baca Juga: Daftar Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi

 

  1. One Flew Over the Cuckoo's Nest (1975)

    Film yang menginspirasi pertama datang dari kisah seorang bernama Randle McMurphy yang berjudul One Flew Over the Cuckoo's Nest. Cerita bermula ketika ia berpura-pura menjadi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) saat ingin dijatuhi hukuman atas tindakan kriminalnya, dan ia dialihkan ke rumah sakit jiwa.

    Saat menjalani hidup di rumah sakit jiwa tersebut, Randle McMurphy bertemu dengan salah seorang perawat bernama Mildred Ratched yang memiliki otoritas sangat kuat di situ, dan bahkan mengintimidasi para pasiennya. Di situ, Randle McMurphy. Hal inspiratif yang ingin diangkat dari film ini adalah bagaimana ODGJ pun memiliki hak yang sama dengan orang normal lainnya, dan harus mendapat penyembuhan dengan cara yang layak.

    Dengan cerita yang disajikan, dan akting para pemainnya yang sangat mengagumkan, film barat inspiratif ini mendapatkan banyak penghargaan, dan bahkan menjadi kedua dalam sejarah yang memenangkan lima besar kategori Oscar. Diantaranya adalah Film Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik, Sutradara Terbaik, hingga Skenario Terbaik.

  2. Rocky (1976)

    Film drama olahraga ini bisa menjadi salah satu karya inspirtatif yang bisa kalian tonton, karena menceritakan bagaimana perjuangan petinju bernama Rocky Balboa yang bertarung melawan juara tinju kelas berat ternama, yakni Apollo Creed. Pemeran utama film ini adalah Sylvester Stallone yang juga sebagai penulis dari Rocky.

    Dalam perjuangannya untuk melawan petinju ternama Apollo Creed, Rocky mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ia pun berlatih sangat keras untuk membuktikan kalau petinju atau petarung lokal bisa menaklukan lawannya yang merupakan petinju kelas dunia.

  3. Forrest Gump (1994)

    Satu lagi kisah inspiratif mengenai kehidupan seseorang yang dituangkan dalam sebuah film, yakni mengisahkan mengenai perjuangan hidup Forrest Gump yang mana diperankan oleh Tom Hanks. Forrest Gump harus melalui kehidupan yang sulit dan tidak percaya diri lantaran dirinya memiliki cacat intelektual dengan IQ 75 dan menggunakan penyangga kaki untuk memperbaiki tulang belakangnya yang bengkok.

    Film ini pun banyak menginspirasi bagaimana sebuah perjuangan hidup di tengah kekurangan hingga mengantarkannya ke situasi yang mengubah hidupnya, dan bahkan bisa menjadi seorang Angkatan Darat AS. Forrest Gump pun berhasil meraih banyak penghargaan, mulai dari Film Terbaik, Aktor Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik hingga penyuntingan Film Terbaik di Academy Awards ke-67.

  4. Good Will Hunting (1997)

    Film inspiratif lainnya adalah Good Will Hunting, yakni film yang mengisahkan mengenai kehidupan seorang pria bernama Will Hunting yang memiliki kecerdasan luar biasa. Meski merupakan orang yang jenius, bekerja sebagai petugas kebersihan dan menghabiskan waktu luang bersama dengan teman-temannya. 

    Suatu ketika, Will pun terlibat masalah kriminal dan terdapat seorang professor yang menjamin hukuman asalkan dirinya dapat menjalani sesi terapi dengan psikolog. Di situ, terkuak bagaimana ungkapan perasaan yang dialaminya selama ini, hingga kerap menyalahkan dirinya sendiri.

  5. A Beautiful Mind (2001)

    Salah satu film bagus yang dapat menginspirasi kalian adalah A Beautiful Mind yang merupakan biografi tentang John Nash, yakni seorang peraih nobel di bidang Ekonomi. Film ini pun disutradarai Ron Howard, dan dibintangi oleh Russell Crowe, Ed Haris, Jennifer Connelly, Paul Bettany, Adam Goldberg hingga Judd Hirsch.

    Kendati demikian, John baru mengetahui kalau dirinya ternyata memiliki gangguan skizofrenia paranoida. Penyakit tersebut membuatnya berada dalam imajinasi yang mengharuskannya menjalani sejumlah perawatan dan terapi, dan ia pun berhasil mengatasi halusinasinya sendiri.

  6. The Pursuit of Happyness (2006)

     

    The Pursuit of Happyness bisa menjadi salah satu tontonan film yang dapat menginspirasi jika menontonnya karena kalian akan disuguhkan mengenai perjuangan seorang ayah untuk anaknya terutama dalam hal ketidakstabilan ekonomi dalam keluarganya. Film ini pun dibintangi oleh seorang ayah dan anak sungguhan, yakni Will Smith dan Jaden Smith.

    Film ini diadaptasi dari memoar terlaris pada 2006 yang ditulis Gardner dengan Quincy Troupe. Ketika The Pursuit of Happyness ditayangkan, film ini mendapatkan banyak respons atau ulasan positif dari kritikus, dan bahkan mengantarkan Will Smith ke Oscar dan Golden Globe untuk nominasi Aktor Terbaik.

  7. The Bucket List (2007)

    Jika ingin menonton film yang menginspirasi dengan cerita yang mengharukan mungkin ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk disaksikan yang berjudul The Bucket List. Film ini dibintangi oleh dua aktor kenamaan, yakni Jack Nicholson dan Morgan Freeman, serta disutradarai oleh Rob Reiner.

    Film inspiratif ini mengisahkan mengenai dua orang pria paruh baya yang memiliki satu kesamaan, yaitu divonis mengidap kanker paru-paru dan memiliki usia yang tidak lama lagi. Mereka yang baru pertama kali bertemu di rumah sakit ini akhirnya memutuskan untuk melakukan hal-hal apa saja yang diinginkan.

  8. The Intouchables (2011)

    Film inspiratif bagus lainnya diambil dari kisah nyata Philippe Pozzo, yakni seorang pengusaha dengan pengasuhnya yang berjudul The Intouchables. Film komedi drama ini digarap oleh sutradara Eric Toledano dan Olivier Nakache, serta dibintangi Francois Cluzet serta Omar Sy.

    The Intouchables menceritakan kisah inspiratif dari seorang pengusaha yang lumpuh karena sebuah kecelakaan, dan harus diurus oleh pengasuh bernama Driss. Awalnya, Driss tidak tertarik dengan pekerjaannya, namun ia justru merawat Philippe dengan serius dan membuat keduanya menjadi teman baik.

  9. Life of Pi (2012)

    Life of Pi dapat menjadi salah satu rekomendasi film menginspirasi melalui cerita yang diadaptasi melalui novel fiksi dengan judul sama yang ditulis oleh Yann Martel. Film inspiratif ini mengisahkan mengenai perjalanan hidup seorang pria bernama Pi Patel (Suraj Sharma) yang harus bertahan hidup dengan harimau buas bernama Richard Parker setelah kapal yang ditumpanginya mengalami kecelakaan akibat badai.

    Film tersebut pun meraih banyak penghargaan lewat cerita dan juga gambar yang disuguhkan, yakni diantaranya Film Drama Terbaik, Sutradara Terbaik Musik Asli Terbaik di Golden Globe. Sementara di Academy Awards ke-85, Life of Pi mendapatkan 11 nominasi dari Film Terbaik hingga Skenario Adaptasi Terbaik.

  10. Lion (2016)

    Film inspiratif terakhir masih mengangkat cerita mengenai perjalanan hidup seseorang, dan kali ini adalah perjuangan seorang pria miskin bernama Saroo yang berusia lima tahun harus terpisah dengan keluarganya. Hal tersebut terjadi ketika dirinya sedang menumpang tidur di sebuah kereta yang ternyata membawa dirinya ke tempat bernama Kalkuta.

    Saat itu ia berusaha untuk kembali ke rumah keluarganya, namun tidak pernah berhasil hingga akhirnya ia diadopsi oleh pasangan asal Australia. Ketika sudah dewasa, ia kembali berjuang untuk bertemu dengan keluarganya, dan mencari tahu asal usul dimana dirinya berasal.

    Sejak penayangannya perdana pada November 2016, film yang menginspirasi para penontonnya ini mendapatkan banyak penghargaan. Di Oscar Lion masuk enam nominasi, diantaranya adalah Film Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, serta Skenario Adaptasi Terbaik.

    Baca Juga: 25 Film yang Wajib Ditonton untuk Nambah Motivasi

Film Inspiratif Kaya Makna dan Pesan Tentang Kehidupan

Itu lah deretan film-film barat yang dapat memberikan inspirasi kepada para penontonnya. Inspirasi yang ingin disampaikan dituangkan melalui sebuah cerita dengan mengandung banyak pesan dan makna yang dapat dipetik oleh setiap orang.

Kebanyakan film-film inspiratif tersebut datang dari perjuangan-perjuangan hidup seseorang atau tokoh, mulai dari mengenai keluarga, bertahan hidup hingga mencapai impiannya. 10 film yang diulas di atas juga tak perlu diragukan lagi ceritanya, karena sudah meraih banyak nominasi hingga mendapatkan penghargaan dari ajang bergengsi di dunia perfilman seperti Academy Awards hingga Oscar.

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement