Ahad 25 Jun 2023 00:00 WIB

Cek Tagihan Air PDAM Surabaya, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Bagi yang tinggal di Surabaya, sebaiknya kamu mengetahui berbagai cara cek dan bayar tagihan PDAM Surabaya. Simak penjelasan ini untuk mengetahuinya.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kebutuhan wajib bulanan harus dibayar tepat waktu. Hal ini meliputi biaya KPR rumah, tagihan listrik, dan air. Saking pentingnya, biaya wajib ini harus dianggarkan ketika kamu menerima gaji bulanan.

Kini, ada cara praktis untuk mengecek biaya wajib bulanan, khususnya biaya air dari perusahaan daerah air minum (PDAM). Cukup cek melalui website atau aplikasi Android PDAM daerah tinggal melalui smartphone. Simak cara cek tagihan pdam Suarabaya berikut ini.

Baca juga: 20 Cara Mudah Menghemat Air di Rumah

Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya

pdam surabaya

Tagihan PDAM Surabaya

  1. Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya Melalui Website

    Sejumlah pemerintah daerah (pemda) telah mempermudah cara pengecekan tagihan air PDAM. Pemerintah Kota Surabaya, misalnya, telah membuka akses pengecekan tagihan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya melalui website www.pdam-sby.go.id/.

    Setelah membuka dan masuk ke website, pilih menu "Informasi Tagihan Online" pada laman utama. Isi form cek tagihan online dengan nomor pelanggan dan captcha yang tersedia, lalu isi kolom “Periode” dengan format tahun dan bulan.

    Selanjutnya, informasi tagihan secara rinci akan muncul, mulai dari data pelanggan hingga rincian tagihan. Dari data ini, kamu dapat melihat besaran penggunaan air dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang harus dibayarkan.

  2. Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya Melalui Aplikasi

    Sementara itu, pengecekan tagihan PDAM Surabaya juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Pertama, unduh aplikasi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya di PlayStore. Jangan lupa aktifkan GPS pada ponsel agar fitur "Catat Mandiri" bisa diaktifkan.

    Kedua, pilih "Layanan Pelanggan" pada menu utama. Jika ingin mengecek tagihan, pilih "Tagihan Rekening" dengan memasukan bulan yang dituju, lalu tekan "Kirim".

    Setelah itu, akan muncul rincian tagihan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Detailnya meliputi, periode, kede tarif, periode bayar, meter lalu, meter kini, total pemakaian, retribusi kebersihan, dan jumlah tagihan. Tertulis pula jika ada tunggakan denda, biaya lain-lain atau subsidi, dan total tagihan.

  3. Cara Cek Tagihan PDAM Surabaya Melalui SMS

    Selain menggunakan kedua cara di atas, tagihan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya juga bisa dilihat dengan melalui pesan singkat SMS. Namun, kamu harus terlebih dulu mendaftar ke SMS Center PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

    Sebagai informasi, satu nomor ponsel hanya bisa digunakan untuk satu nomor pelanggan. Adapun cara pendaftarannya adalah melalui SMS dengan formal DAFTAR(spasi)Nomor Pelanggan, lalu kirim ke 08123316666.

    Setelah pendaftaran berhasil, kamu bisa menggunakan SMS Center PDAM Surya Sembada Kota Surabaya untuk mengecek biaya tagihan.

    Selain mengecek tagihan, SMS Center PDAM Surabaya juga dapat memberikan informasi lain, seperti status pelanggan, alamat loket, pengaduan, dan info lengkap PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Baca juga: Tagihan Air Membengkak? Begini Cara Mudah Hemat Air Saat Mencuci Mobil

Cara Bayar Tagihan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya

bayar tagihan pdam

Bayar Tagihan PDAM Surabaya

Setelah mengetahui jumlah tagihan, tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Proses pembayaran bisa dilakukan di loket pembayaran PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang tersebar di beberapa lokasi di Surabaya.

Metode pembayaran di loket PDAM Surya Sembada Kota Surabaya bisa dilakukan dengan uang tunai. Setiap loket biasanya akan mengenakan biaya administrasi masing-masing.

Selain ke loket pembayaran PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, pembayaran tagihan juga bisa dilakukan di minimarket yang telah ditentukan. Proses pembayaran dilakukan oleh petugas minimarket dari kasir.

Pembayaran juga bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor cabang bank terdekat. Metode pembayaran PDAM Surya Sembada Kota Surabaya di kantor cabang bank diproses oleh teller.

Pembayaran dengan model transfer dan setor tunai melalui ATM juga dapat dilakukan. Jika ingin melakukan pembayaran dengan metode ini, kamu harus memasukan kode PDAM Surya Sembada Kota Surabaya ke mesin ATM, masukan nomor pelanggan, lalu bayar sesuai dengan nominal tagihan.

Untuk mempermudah proses pembayaran, setidaknya ada 14 bank yang telah bekerjasama dengan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Selain melalui aplikasi dan ATM, pembayaran tagihan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya juga bisa dilakukan lewat mobile banking, internet banking, dan SMS banking.

Sementara itu, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya juga telah bekerja sama dengan beberapa payment point online bank (PPOB) untuk mempermudah pelanggan melakukan pembayaran. Prosesnya bisa melalui melalui PPOB atau marketplace yang sudah ditunjuk oleh PDAM.

Metode pembayaran ini cukup diminati oleh pelanggan. Apalagi, sejumlah bank dan marketplace juga menawarkan cashback dan potongan harga jika melakukan pembayaran melalui aplikasi miliknya. Oleh karena itu, kamu wajib mengecek penawaran dari bank atau marketplace terkait.

Pembayaran ke PDAM Surya Sembada Kota Surabaya juga bisa dijadwalkan melalui aplikasi dari PPOB. Jadi, sistem akan langsung melakukan autodebet setiap tanggal pembayaran per bulannya.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Tips Jitu Atasi Tagihan PDAM yang Membengkak

Tips Menghemat Air PDAM

hemat air

Hemat Air PDAM

Air merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Hampir setiap kegiatan manusia sehari-hari pasti membutuhkan air, mulai dari mandi hingga memasak.

Meski berperan sangat besar dalam kehidupan manusia, penggunaan air bersih juga harus dilakukan dengan bijak. Dengan melakukan hal ini, pengeluaran air bersih akan lebih hemat dan tidak mubazir.

Berikut 3 langkah menghemat air bersih yang bisa kamu ikuti untuk menghemat penggunaan air di rumah.

  1. Tidak Ada Kebocoran

    Air bersih yang keluar karena kebocoran akan sangat merugikan. Sebab, tidak hanya air jadi terbuang sia-sia, tagihan air akan ikut membengkak meski kamu tidak menggunakannya.

    Sebagai informasi, kebocoran air bersih diperkirakan bisa mencapai 20 liter per hari. Kebayang, kan, kerugian yang harus ditanggung?

    Oleh karena itu, kamu wajib curiga jika merasa tagihan air tiba-tiba membengkak ketimbang bulan sebelumnya. Bisa jadi hal ini disebabkan karena adanya kebocoran air PDAM yang tidak disadari.

    Jika mengalami hal ini, segera laporkan ke PDAM terkait agar segera bisa diperbaiki. Biasanya, petugas akan melakukan pemeriksaan keran, pipa, dan saluran air untuk mencari penyebab kebocoran dan segera melakukan perbaikan.

  2. Gunakan Air Seperlunya

    Menghemat air PDAM merupakan cara terbaik untuk menekan biaya tagihan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang sederhana.

    Misalnya, ketika sedang mencuci tangan, matikan keran saat sedang menyabuni tangan, lalu hidupkan kembali saat ingin membilas. Dengan cara ini, kamu sudah berhemat 4 liter per menit.

    Cara lainnya adalah dengan menggunakan sabun secukupnya saat mencuci piring atau pakaian. Langkah ini dapat mengurangi kebutuhan air untuk membilas piring atau baju. Selain itu, pengurangan deterjen atau sabun lebih ramah lingkungan, lho.

  3. Buat Tempat Penampungan

    Saat musim hujan, kamu bisa menampung air hujan ke dalam ember atau tempat penampungan agar bisa digunakan kembali. Sebab, pada dasarnya air hujan termasuk kategori air bersih.

    Jangan lupa untuk menutup tempat penampungan air hujan rapat-rapat agar tidak jadi sarang nyamuk. Meski bersih, air hujan tidak bisa disamakan dengan air PDAM yang layak dikonsumsi. Sebab, kemungkinan masih terdapat bakteri, debu, dan kotoran di pada air hujan.

    Namun, air hujan yang ditampung bisa digunakan untuk mengepel lantai, menyiram pohon, dan mencuci baju. Bahkan, jika air hujan terkumpul dalam jumlah besar, kamu bisa menggunakannya untuk mencuci mobil.

Baca juga: Hemat Tagihan PDAM dengan Terapkan 4 Kegiatan Sederhana Ini di Rumah

Gunakan Air Secukupnya Agar Tagihan PDAM Surabaya Tidak Membengkak

Nah, itulah pembahasan mengenai tagihan PDAM Surabaya dan cara menghemat air. Gunakan air PDAM Surabaya seperlunya dan bayarlah tagihan tepat waktu. Sebab, pembayaran tagihan yang tertunda dapat memengaruhi layanan dan operasional PDAM di tempat tinggalmu.

Sekarang, kamu bisa membayar tagihan PDAM di Cermati.com. Caranya juga sangat mudah, yaitu cukup dengan memasukan wilayah PDAM yang dituju dan masukan nomor identitas pelanggan. Ikuti langkah-langkahnya untuk menyelesaikan proses pembayaran yang mudah. Selamat mencoba!

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Tagihan Air PDAM Tak Membengkak

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement