Ahad 25 Jun 2023 09:00 WIB

Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

Ketahui berbagai cara cek dan bayar tagihan PDAM Intan Banjar yang mudah dan dapat dilakukan secara online di mana pun dan kapan pun.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Setiap orang pasti membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Saking pentingnya, dana penggunaan air bersih musti dianggarkan dalam pengeluaran wajib bulanan bagi setiap orang.

Makanya, tak heran jika pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) melakukan pengecekan tagihan pengeluaran air bersih secara rutin. Hal ini akan mempermudah untuk mempersiapkan dana atau biaya yang harus dibayarkan.

Agar lebih siap dalam menyiapkan dana untuk bayar tagihan PDAM Intan Banjar, ketahui berbagai cara pengecekannya berikut ini.

Baca juga: Cek Tagihan Air PDAM Surabaya, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Tentang PDAM Intan Banjar

PDAM Intan Banjar milik PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) beroperasi sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2006. Wilayah operasinya dingai menjadi dua wilayah atau daerah, yaitu Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

Area pelayanan PDAM Intan Banjar dibagi menjadi 10 wilayah, yaitu Martapura dan Banjarbaru (BNA), Karang Intan, Landasan Ulin, Kertak Hanyar, Sungai Tabuk, Tambak Sirang, Astambul, Matraman, Simpang Empat, dan Pengaron.

Tata pengelolaan dan peraturan PT Air Minum Intan Banjar dibuat berdasarkan Peraturan Bupati Banjar Nomor 4 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Banjar. Hingga saat ini, PDAM Intan Banjar memiliki 11 sumber air dengan total 78 ribu pelanggan yang sudah menerima air bersih setiap harinya.

Kantor PDAM Intan Banjar berada di Jalan Pangeran Hidayatullah Nomor 24, Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pelanggan bisa menghubungi petugas PDAM Intan Banjar melalui nomor (0511) 4772061 mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA pada Senin Kamis, 08.00 hingga 11.00 WITA pada Jumat, dan 08.00 hingga 12.00 WITA pada Sabtu.

Cara Cek Tagihan PDAM Intan Banjar

tagihan pdam

Cek Tagihan PDAM Intan Banjar

  1. Cara Cek Tagihan PDAM Intan Banjar Melalui Website

    Kini, cukup bermodal jaringan internet, kamu bisa mengecek tagihan air bersih di PDAM Intan Banjar. Salah satunya dengan mengunjungi situs resmi PDAM Intan Banjar ke alamat website https://pdamintanbanjar.co.id/infopelanggan.php.

    Selanjutnya, masukkan nomor pelanggan PDAM Intan Banjar, lalu pilih "Lihat”. Laman akan menampilkan detail informasi tagihan, seperti golongan tarif, harga air, beban tetap, denda, dan tagihan yang harus dibayar.

    Selain lewat website, pengecekan tagihan juga bisa dilakukan melalui aplikasi PDAM Intan Banjar. Tentunya kamu harus mengunduh aplikasi PDAM Intan Banjar di Play Store terlebih dulu.

    Lakukan proses pendaftaran akun dengan memasukan nomor pelanggan. Setelah berhasil, masuk ke menu utama dan klik "Info Tagihan".

    Pada menu itu, masukkan nomor sambungan, nama pelanggan, dan kabupaten atau kota tempat tinggal. Pastikan untuk memilih PDAM sesuai wilayah yang dimaksud.

    Selanjutnya, klik "Simpan" dan tagihan PDAM Intan Banjar akan langsung muncul.Status pembayaran juga akan terlihat pada tahap ini.

    Sebagai informasi, website PDAM Intan Banjar juga bisa digunakan pelanggan untuk melaporkan keluhan terkait ketersediaan dan kualitas air yang tersalurkan.

  2. Cara Cek Tagihan PDAM Intan Banjar Melalui Marketplace

    Cara lain mengecek tagihan PDAM Intan Banjar adalah melalui marketplace. Caranya, pelanggan harus mengunduh aplikasi marketplace yang ingin digunakan.

    Lalu, pada aplikasi itu, pilih menu "Top Up dan Tagihan" yang berada di halaman utama. Cari menu "Air PDAM", klik "Pilih Cluster" dan tentukan area Kalimantan Selatan dan pilih Intan Banjar pada kolom "Wilayah".

    Selanjutnya, masukkan nomor pelanggan yang sudah didaftarkan dan pilih "Cek Tagihan". Pada tahap ini, akan terlihat biaya tagihan yang harus dibayarkan.

Cara Bayar Tagihan PDAM Intan Banjar

bayar tagihan pdam

Bayar Tagihan PDAM Intan Banjar

Untuk membayar tagihan PDAM Intan Banjar, kamu dapat melakukannya dengan mendatangi loket pembayaran secara langsung. PDAM Intan Banjar memiliki 143 mitra yang tersebar di wilayah Banjar, Banjarbaru, Aluh-aluh, Gambut, Martapura, Malintan Baru, Kertak Hanyar, Martapura, Simpang Empat Pengaron, dan Landasan Ulin.

Selain ke loket mitra, pembayaran tagihan PDAM Intan Banjar juga bisa dilakukan di minimarket yang telah ditentukan. Sebagai informasi, pembayaran di minimarket hanya bisa dilakukan untuk satu nomor pelanggan yang tidak memiliki tunggakan.

Untuk memudahkan pelanggan, PDAM Intan Banjar juga menyediakan Mobil Keliling dan Payment Point. Tagihan juga bisa dibayarkan di Kantor Pos terdekat.

Beberapa bank juga telah ditunjuk oleh PDAM Intan Banjar agar pelanggan bisa melakukan pembayaran di sana. Bank yang sudah bekerja sama di antaranya:

  • BRI
  • Mandiri
  • BNI
  • Bank BTN
  • Bank Kalsel

Melalui bank tersebut, pelanggan bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM Intan Banjar dengan cara transfer melalui ATM atau ke teller bank. Pelanggan juga bisa melakukan pembayaran dengan metode internet banking dan mobile banking.

Baca juga: Tagihan Air Membengkak? Begini Cara Mudah Hemat Air Saat Mencuci Mobil

Tips Berhemat Air untuk Keperluan Rumah Tangga

penggunaan air

Penggunaan Air di Rumah

Kebutuhan air bersih pada rumah tangga bisa dibilang cukup besar. Jika disamaratakan, setiap rumah membutuhkan setidaknya sekitar 140 liter setiap harinya.

Meski penggunaan air bersih merupakan sangat krusial, tapi bukan berarti kamu bebas menggunakan air semaunya. Ada beberapa cara agar kamu bisa menghemat tagihan air di PDAM agar tidak membengkak. Berikut 5 cara mudah yang dilakukan untuk menghemat penggunaan air.

  1. Mencuci Baju dalam Jumlah Banyak

    Penggunaan air untuk mencuci baju sangat banyak, rata-rata bisa mencapai 30 persen dari konsumsi air bersih harian. Oleh karena itu, kamu harus membuat jadwal mencuci yang tepat agar penggunaan air bisa diminimalisir.

    Misalnya, cucilah baju dalam jumlah banyak sekaligus dengan jadwal dua hari sekali. Cara ini dapat menghemat penggunaan air untuk mencuci dan membilas.

    Jangan lupa gunakan deterjen yang tidak terlalu menghasilkan banyak residu atau sisa busa pada pakaian. Dengan demikian, air yang diperlukan untuk membilas juga tidak terlalu banyak.

  2. Gunakan Gayung untuk Menyiram

    Tahukan kamu bahwa air yang digunakan untuk menyiram toilet dengan flush lebih banyak yang terbuang daripada yang dibutuhkan? Untuk itu, sebaiknya mulailah menggunakan gayung untuk menyiram toilet.

    Ketika menyiram dengan gayung, volume air yang dibutuhkan lebih mudah ditakar. Berbeda dengan flush yang memiliki takaran air yang konstan untuk menyiram toilet.

    Sebab, dalam sekali flush, toilet akan mengeluarkan 18 hingga 26,5 liter air. Jumlah ini termasuk besar dan sayang sekali jika hanya digunakan untuk menyiram kotoran, bukan?

  3. Reuse Air

    Mulai sekarang, jangan buang air bekas merendam pakaian. Alih-alih langsung membuangnya ke pembuangan air, kamu bisa menggunakan air ini untuk mengepel lantai dan mencuci motor atau mobil, tergantung besarnya kendaraan.

    Selain air rendaman pakaian, air sisa memasak juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman di pot-pot kecil. Menyiram tanaman menggunakan wadah juga lebih hemat ketimbang menggunakan air mengalir dengan selang.

  4. Buat Sumur Air

    Selain mengandalkan PDAM, kamu juga bisa membuat sumur air untuk memenuhi kebutuhan non-konsumsi, seperti mencuci piring, mengepel, dan menyiram tanaman. Namun, sebaiknya cari tahu dulu kualitas air tanah yang berada di rumah agar tetap layak digunakan, yaitu tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak berasa.

    Cara ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar, tapi memberikan manfaat secara jangka panjang. Dengan mengkombinasikan penggunaan air tanah, tagihan air PDAM bisa ditekan.

  5. Gunakan Perangkat Rumah Tangga yang Tepat

    Perangkat rumah tangga tidak hanya membantu mempermudah pekerjaan dan hemat waktu, tetapi juga hemat air. Mesin cuci, misalnya, ada yang sudah dilengkapi dengan mode khusus agar pengeluaran air saat mencuci bisa lebih hemat.

    Perangkat lainnya yang cukup populer belakangan adalah robot vacuum cleaner. Alat canggih ini dapat membersihkan lantai dari debu. Bahkan, ada tipe robot vacuum cleaner sudah dilengkapi dengan mode mop atau mengepel.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Tips Jitu Atasi Tagihan PDAM yang Membengkak

Kurangi Penggunaan Air untuk Kebutuhan Rumah Agar Tagihan PDAM Intan Banjar Tidak Membengkak

Itulah penjelasan mengenai tagihan PDAM Intan Banjar sekaligus lima langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran air. Kamu bisa membandingkannya antara sebelum melakukan hal sederhana tersebut dengan setelahnya. Jika terbukti lebih hemat, anggaran yang kamu buat untuk biaya PDAM akan lebih murah. Untuk melakukan pembayarannya PDAM, kamu bisa mengandalkan Cermati.com dengan proses yang lebih mudah dan cepat.

Baca juga: Hemat Tagihan PDAM dengan Terapkan 4 Kegiatan Sederhana Ini di Rumah

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement