Rabu 28 Jun 2023 21:50 WIB

Sejahtera Jalani Usia Senja dengan Asuransi Hari Tua, Ini Pengertian dan Manfaatnya

Buat hari tuamu dan pasanganmu jadi tenang dan tentram dengan asuransi hari tua. Berikut manfaat dan tips memilih asuransi hari tua terbaik.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Meski masih terasa begitu lama, tapi segala kebutuhan hidup di hari tua perlu dipersiapkan semaksimal mungkin sedari sekarang. Pasalnya, ketika telah menjalani kehidupan masa pensiun, kebanyakan dari kita sudah tidak lagi bekerja dan tak memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karenanya, salah satu cara untuk tetap bisa hidup adalah dengan menggunakan tabungan yang telah dikumpulkan selama masih aktif bekerja.

Di sisi lain, ada alternatif mempersiapkan kesejahteraan di masa pensiun yaitu dengan memanfaatkan asuransi hari tua. Dengan memiliki proteksi produk asuransi ini, kamu bisa menjadikan diri lebih mandiri di hari tua nanti dan tak membebani anak untuk memenuhi segala kebutuhan hingga memicu munculnya generasi sandwich

Pada dasarnya, asuransi hari tua adalah salah satu jenis produk asuransi yang mampu memberikan manfaat menjamin segala kebutuhan pihak tertanggung di hari tua. Pasalnya, dari seluruh biaya premi yang dibayarkan secara rutin tiap bulan selama belasan tahun, semuanya akan dicairkan sebagai tabungan yang bisa digunakan di masa pensiun.

Lalu, seperti apa manfaat dan fungsi dari memiliki asuransi jaminan hari tua ini? Nah, untuk memahami pentingnya mempunyai proteksinya, simak sederet manfaat dan keuntungan memiliki asuransi hari tua, serta tips memilih produk yang terbaik berikut ini.

Baca Juga: Asuransi Jiwa: Pengertian, Manfaat, Jenis, Syarat Pengajuan, dan Tips Memilihnya

 

Manfaat Asuransi Hari Tua

Manfaat Asuransi Hari Tua

Manfaat Asuransi Hari Tua

  1. Memberi Santunan Sampai Meninggal Dunia

    Asuransi hari tua adalah produk asuransi yang berguna untuk menjamin kesejahteraan hidup pihak tertanggung di usia senja. Dengan memiliki produk asuransi ini, kamu selaku pihak tertanggung bisa mendapat bantuan berupa uang santunan saat memasuki masa pensiun dan tak lagi produktif bekerja. Bahkan, pemberian uang santunan tersebut akan terus diberikan hingga pihak tertanggung meninggal dunia. 

    Terkait nominal uang santunan yang diberikan sendiri disesuaikan dengan kontrak atau kesepakatan yang telah dilakukan dengan pihak penyedia asuransi ketika proses pengajuan. Selain itu, semakin besar biaya premi yang dibayarkan tiap bulan, nilai uang santunan yang dibayarkan juga bisa lebih tinggi. Karenanya, pertimbangkan besaran premi yang dibayarkan ini agar mampu mendapatkan nilai uang santunan yang sesuai di hari tua nanti. 

  2. Menjadi Sarana Penuhi Gaya Hidup di Masa Pensiun

    Manfaat penting lainnya dari memiliki asuransi hari tua yang bagus adalah dapat membantumu memenuhi gaya hidup dan segala kebutuhan dengan lebih optimal. Tak dapat dipungkiri ketika di hari tua, tidak sedikit orang masih memiliki hasrat dan gaya hidup yang tinggi selayaknya di usia muda dan membutuhkan banyak biaya.

    Beberapa orang mungkin lebih suka menghabiskan masa tuanya dengan menjalani hobi yang terbilang mahal. Sebagai contoh adalah bermain golf, memancing, dan lain sebagainya. Jika tidak ditunjang dengan tabungan dan dana pensiun bernilai besar, tentu hobi tersebut hanya akan menjadi angan-angan saja bukan?

    Karenanya, demi tetap bisa memenuhi gaya hidup tersebut di usia pensiun, pastikan untuk mengajukan asuransi jaminan hari tua ini. Sehingga, uang santunan yang didapatkan bisa digunakan untuk menjalani hobi atau gaya hidup sesuai keinginan dengan lebih mudah. 

  3. Lebih Sejahtera dan Bahagia Menikmati Usia Senja

    Tak kalah menariknya, menyiapkan asuransi hari tua sedini mungkin bisa menjadikan masa pensiunmu lebih sejahtera dan bahagia. Pasalnya, selama masih produktif dan aktif bekerja, kamu menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar premi asuransi ini. Kemudian, setelah mencapai waktu pensiun, seluruh dana yang sudah terkumpul dalam asuransi tersebut bisa dicairkan untuk memenuhi segala kebutuhan hari tua. 

    Alhasil, ketika sudah tiba waktunya untuk pensiun, kamu tidak lagi terpaksa untuk bekerja dan membanting tulang agar bisa mendapatkan pemasukan guna memenuhi kebutuhan. Jadi, masa tua pun bisa dijalani dengan lebih santai melakukan aktivitas yang ringan dan menyenangkan, tanpa perlu susah payah lagi bekerja untuk bisa hidup.

  4. Melindungi Diri dari Beragam Jenis Risiko di Masa Depan

    Ketika usia sudah tak lagi muda, barangkali akan muncul banyak risiko masalah yang mungkin terjadi dan mengancam dalam hidup. Khususnya dalam urusan kesehatan, risiko tersebut akan lebih rentan terjadi saat sudah tua nanti. 

    Nah, risiko munculnya masalah tetap bisa muncul meski sudah hari tua, bahkan kemungkinannya jauh lebih tinggi. Apabila tidak memiliki tabungan dan pemasukan untuk mengantisipasi masalah tersebut, sudah pasti masa tua akan dihabiskan dengan sengsara. Karenanya, penting untuk mengajukan asuransi hari tua ini guna menyiasati risiko munculnya masalah di usia senja nanti. 

    Sebab, uang santunan yang diberikan bisa digunakan untuk mengatasi masalah di masa tua. Setidaknya, kamu tak perlu lagi didesak mendapatkan dana tunai sampai harus mengajukan pinjaman padahal diri sudah tidak lagi produktif. Jadi, kamu bisa lebih mampu melindungi diri dari beragam jenis risiko di masa pensiun nanti. 

  5. Menawarkan Beragam Keunggulan Dibanding Investasi

    Beberapa orang mungkin menyiapkan kebutuhan hari tuanya dengan berinvestasi ketimbang menyiapkan asuransi. Sebenarnya, kedua strategi menyiapkan kebutuhan hari tua tersebut sama-sama bijak untuk dipilih. Hanya saja, baik investasi atau asuransi masing-masing memiliki sejumlah perbedaan yang penting untuk dipahami, antara lain:

    Faktor Pembeda

    Penjelasan

    Tujuan yang Diraih

    Melihat dari tujuannya, asuransi hari tua berguna untuk melindungi pihak tertanggung dari beragam jenis risiko. Ketika risiko yang dijamin pada polis asuransi terjadi, nasabah bisa mendapat perlindungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

    Sementara untuk investasi, tujuannya adalah mengembangkan aset atau dana guna mencapai tujuan tertentu di masa depan. Tujuan investasi pun beragam dan bisa disesuaikan sendiri oleh investor, mulai dari biaya menikah, membeli rumah atau kendaraan, hingga dana pensiun.

    Hasil yang Didapat

    Terkait hasil yang didapat, pada asuransi, kamu bisa memperoleh jaminan proteksi terhadap kebutuhan di hari tua. Sedangkan untuk investasi, hasil yang didapat berupa nilai uang atau aset yang terus berkembang seiring waktu. Tapi, pahami jika dalam investasi nilai aset juga bisa menurun tergantung situasi.

    Risiko yang Ditanggung

    Mengenai risiko yang ditanggung, pada asuransi hari tua, tujuan dari produk keuangan tersebut adalah untuk menyiasati risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Yang menjadi perhatian adalah asuransi melindungi risiko yang belum tentu akan terjadi. Sehingga, kamu tetap diharuskan membayar biaya premi terlepas dari terjadi atau tidaknya risiko yang ditanggung asuransi. 

    Sedangkan pada investasi, risikonya berkaitan dengan potensi dana yang berkurang karena performa instrumen yang buruk. Penurunan nilai investasi ini juga tidak bisa dipastikan sepenuhnya dan menjadi risiko yang harus diantisipasi investor. 

    Fleksibilitas Dana

    Terakhir, terkait fleksibilitas dana, asuransi memiliki beban biaya premi yang tetap tiap bulannya sesuai ketentuan pada polis. Sementara untuk investasi, besaran dananya bersifat lebih fleksibel sesuai keinginan investor.

Baca Juga: Antisipasi Sejak Dini, Yuk Cari Tahu Apa Itu Asuransi PHK, Manfaat, dan Rekomendasi Produknya

 

4 Tips Memilih Asuransi Hari Tua Terbaik

Tips Memilih Asuransi Hari Tua Terbaik

Tips Memilih Asuransi Hari Tua Terbaik

Ketika memutuskan untuk mengajukan asuransi hari tua, tentu ada banyak sekali hal yang penting untuk dipertimbangkan. Langkah ini perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan produk asuransi yang terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan. Agar tak salah menentukan pilihan, berikut adalah 4 tips memilih asuransi hari tua terbaik.

  1. Cek Reputasi Penyedia Asuransi

    Salah satu ciri asuransi yang terbaik adalah perusahaan yang menaunginya memiliki reputasi yang menjanjikan. Hal ini bisa dilihat dari ulasan nasabah yang umumnya positif, dengan track record serta performa yang apik dalam menangani klaim proteksi. Selain itu, pastikan juga perusahaan asuransi yang dipilih legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

  2. Perhitungkan Biaya Premi

    Agar bisa mendapatkan manfaat asuransi, kamu diharuskan untuk membayar biaya premi dengan disiplin. Karenanya, perhitungkan besaran biaya premi ini dengan kemampuan bayar guna menghindari risiko gagal bayar atau menunggak. 

  3. Kemudahan Proses Administrasi

    Tips lainnya, usahakan untuk memilih asuransi yang memudahkan nasabah dalam melalui proses administrasi, khususnya mengenai pengajuan klaim yang simpel. Dengan begitu, ketika diharuskan untuk mengajukan klaim, kamu tidak dipersulit dengan proses administrasi yang ribet, serta memakan waktu dan tenaga. 

  4. Bandingkan Produk dan Manfaat yang Diberi

    Tips yang terakhir, pastikan untuk memahami segala hal penting seputar produk asuransi dan manfaat yang diberikan sesuai ketentuan pada polis. Tentunya, cermati setiap poin yang tertulis pada polis dan jangan ragu menanyakan hal yang tidak dimengerti. Dengan begitu, kamu bisa memastikan jika produk asuransi mampu memberi manfaat proteksi yang optimal.

Jangan Jadi Pemantik Generasi Sandwich dengan Siapkan Asuransi Hari Tua

Asuransi hari tua pada dasarnya merupakan cara agar bisa mempersiapkan kebutuhan hidup di masa pensiun meski sudah tidak lagi bekerja. Sehingga, hal ini bisa menjadikanmu sebagai orang yang mandiri dan tak bergantung pada anak di usia tua nanti.

Baca Juga: Mengenal Asuransi Unit Link yang Menawarkan Fitur Asuransi Sekaligus Investasi

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement