Kamis 29 Jun 2023 18:34 WIB

Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Cek tagihan PDAM Malang dapat dilakukan melalui website, aplikasi, dan e-commerce. Simak cara cekdan bayar tagihan PDAM Malang berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Pelayanan yang prima untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih merupakan salah satu visi dan misi perusahaan daerah air minum (PDAM) di seluruh wilayah. Salah satunya dengan memberikan kemudahan pengecekan tagihan yang harus dibayarkan.Hal ini juga diterapkan oleh PDAM Makassar, yaitu melalui website resmi. Cukup dengan bermodal kuota internet, pelanggan dapat memeroleh informasi terkait tagihan dan informasi lainnya.

Untuk mengetahui cara cek tagihan PDAM Malang yang terbilang mudah itu, simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Tips Jitu Atasi Tagihan PDAM yang Membengkak

 

Cara Cek Tagihan PDAM Malang

pdam malang

Cek Tagihan PDAM Malang

Untuk mengecek tagihan PDAM Malang melalui webiste, pelanggan dapat mengunjungi alamat http://pdamkotamakassar.co.id di mesin pencari. Lalu, pilih “Info Tagihan” dan masukkan nomor sambungan dan nama pelanggan. Selanjutnya, klik “Cek”, tunggu beberapa saat, dan total tagihan akan muncul.

Pelanggan juga bisa mengecek besaran tagihan melalui aplikasi PDAM Info. Jika telah memiliki aplikasi dan mendaftar, pelanggan bisa langsung memilih menu “Tagihan Air”.Sebagai informasi, PDAM Info juga dapat digunakan sebagai media pengaduan pelanggan dan informasi terkait PDAM secara keseluruhan.Selanjutnya, masukan informasi data pelanggan yang meliputi nomor sambungan, nama pelanggan, lokasi kabupaten atau kota tempat tinggal. Jangan lupa untuk memilih instansi PDAM Makassar.Setelah memasukkan semua data, klik “Simpan” dan tunggu beberapa saat. Informasi tagihan PDAM Makassar dan status pembayaran akan muncul setelahnya.

Selain melalui website, pengecekan PDAM Makassar juga bisa melalui e-commerce. Sama seperti aplikasi, pelanggan harus terlebih dulu mengunduh mobile apps yang akan digunakan.Setiap tampilan e-commerce akan berbeda-beda, tapi secara umum akan ada di menu “Tagihan”. Cari menu “PDAM”, masukan PDAM Makassar dan nomor pelanggan. Pilih “Lanjutkan” dan tunggu beberapa saat hingga muncul informasi tagihan PDAM Makassar di layar.

Terakhir, mengecek tagihan PDAM Makassar melalui m-banking. Sebelumnya, jangan lupa mendaftarkan nomor pelanggan ke salah satu bank yang telah bekerja sama dengan PDAM Makassar. Adapun beberapa m-banking yang telah bekerja sama adalah:

  • BNI
  • Mandiri
  • BRI.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek besaran tagihan PDAM Makassar. Dengan melakukan pengecekan terlebih dulu, kamu bisa mengetahui volume air yang digunakan selama sebulan dan menyiapkan dana untuk pembayaran tagihan.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Tagihan Air PDAM Tak Membengkak

Cara Bayar Tagihan PDAM Makassar

bayar tagihan pdam

Cara Bayar Tagihan PDAM Malang

Setelah mengetahui besaran tagihan, pembayaran PDAM Makassar juga bisa dilakukan melalui PDAM Info. Jika kamu sudah mendaftar, pada halaman utama, langsung pilih “Tagihan”.

Aplikasi akan langsung menunjukkan jumlah tagihan PDAM Makassar yang harus dibayarkan. Lalu, klik “Bayar” dan pilih “Metode Pembayaran”.Jika memilih “Transfer”, misalnya, tentukan bak yang akan digunakan. Selanjutnya, aplikasi akan menunjukkan “Rincian Tagihan”, lalu klik “Proses Bayar” Kemudian “Lanjutkan Pembayaran” dan menu “Penyelesaian Pembayaran” akan dimunculkan. Terdapat batas waktu pembayaran beserta nomor virtual account yang bisa digunakan saat melakukan pelunasan melalui ATM ataupun mobile banking. Setelah melakukan pembayaran, PDAM Info akan langsung meng-update tagihan menjadi Rp0. Supaya lebih yakin, kamu juga bisa mengecek kembali tagihan bulan yang sudah dibayarkan.

Selain lewat PDAM Info, tagihan PDAM Makassar juga bisa dibayarkan melalui m-banking. Sama seperti pada tahap pengecekan tagihan, kamu harus membuka m-banking yang ingin digunakan. Pilih “Pembayaran”, “Bayar”,” Tagihan” pada menu di aplikasi m-banking. Klik “Pembayaran PDAM dan IPL”, “PAM”, atau “PDAM” untuk memulai proses pembayaran. Masukan nomor pelanggan, klik “Lanjut” setelah nominal tagihan muncul pada aplikasi. Selanjutnya, klik “Bayar” dan masukan dana dana sesuai dengan besaran tagihan PDAM Makassar yang tertera. Jika pembayaran selesai, pelunasan tagihan PDAM Makassar pun selesai. Jadi, jangan lupa untuk membayar tagihan PDAM Makassar tepat waktu, yaitu pada tanggal 21 setiap bulannya. Pembayaran yang tepat waktu akan membantu PDAM Makassar untuk meningkatkan kualitas layanan air bersih untuk masyarakat.

Baca juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

Lapor Keluhan PDAM Makassar

Sejak beroperasi pada 1924, PDAM Makassar senantiasa berupaya memenuhi kebutuhan air masyarakat di Kota Makassar. Hingga saat ini, komitmen ini terus ditingkatkan demi memberikan layanan yang optimal.

Tak hanya proses distribusi air yang merata, PDAM Makassar juga selalu melayani setiap aduan dan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat. Tujuannya, agar setiap kendala yang terjadi bisa langsung diatasi dengan baik.

Pelanggan dapat melaporkan masalah yang dialami ke website PDAM Makassar. Pada laman ini telah disediakan menu khusus “Pengaduan” yang bisa diisi pelanggan. Sebelumnya, isi dulu kolom “Nomor Pelanggan”, lalu klik “Cek”. Laman akan berlanjut ke tampilan data-data yang harus diisi pelanggan, mulai dari nama pelapor, nomor telepon, perihal laporan, alamat, dan keluhan yang ingin disampaikan. Selain melalui website resmi PDAM Makassar, pengaduan juga bisa disampaikan ke nomor telepon 0411876777 atau melalui Whatsapp pada nomor 08114152999. Bisa juga melalui email ke alamat [email protected]. Jadi, jangan ragu untuk melaporkan jika distribusi air di rumah mengalami kendala, misalnya air yang keluar kecil, air kotor, atau ada kebocoran. Masalah ini dapat diselesaikan oleh petugas PDAM Makassar agar kamu bisa mendapatkan kebutuhan air bersih sebaik mungkin.

Baca juga: Cek Tagihan Air PDAM Surabaya, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Cara Berhemat Penggunaan Air dengan Perabot Rumah Tangga

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan penggunaan air di rumah. Misalnya, dengan menampung air hujan atau menggunakan kembali air bekas untuk keperluan membersihkan rumah. Selain dengan kebiasaan tersebut, kamu juga bisa menambahkan beberapa perangkat yang dapat membantu mengendalikan penggunaan air di rumah. Dengan demikian, tagihan air di PDAM bisa ditekan. Berikut beberapa perangkat rumah tangga untuk menghemat air. Dicoba, yuk!

  1. Keran Hemat Air

    Keran hemat air merupakan perangkat yang menggabungkan udara dengan air dengan mengandalkan aerator. Cara ini dapat membuat aliran air keluar dengan kuat meski air yang dikeluarkan sedikit.

    Selain pada keran aerator, shower juga bisa dipasangkan dengan konsep yang sama. Bahkan, beberapa shower dilengkapi dengan pengaturan aliran air yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

  2. Mesin Cuci

    Fitur mesin cuci yang dapat menghemat air menjadi primadona belakangan ini. Alasannya, karena dengan mode yang tepat, mesin cuci yang biasanya membutuhkan air yang banyak, kini dapat diatur sesuai kebutuhan.

    Kamu juga bisa memilih kebutuhan membilas pakaian sesuai jumlahnya. Bahkan, agar bisa lebih berhemat, sebaiknya kamu mencuci pakaian dalam jumlah besar sekaligus. Usahakan untuk tidak terlalu banyak menggunakan deterjen. Kamu juga bisa menggunakan deterjen ramah lingkungan dan sedikit busa agar pakaian tetap bersih meski proses pembilasan tidak banyak atau sering.

  3. Pengatur Irigasi Otomatis

    Alih-alih menggunakan selang untuk menyiram pohon, kamu bisa memasang pengatur irigasi otomatis. Alat ini digunakan untuk pengoptimalan proses menyiram pada waktu dan volume air yang tepat. Selain mode siram, irigasi otomatis juga ada yang model tetes. Sesuai modelnya, alat ini akan meneteskan air secara perlahan ke akar tanaman melalui jaringan katup, pipa, dan emitor. Cara ini dapat menghemat penggunaan air untuk menyiram tanaman.

Baca juga: Hemat Tagihan PDAM dengan Terapkan 4 Kegiatan Sederhana Ini di Rumah

Cek Tagihan PDAM Malang untuk Kemudahan Bertransaksi

Itulah penjelasan mengenai cek tagihan PDAM Malang dan cara bayarnya. Kamu bisa mengecek tagihan air pada layanan yang disediakan oleh PDAM. Untuk pembayaran, kamu dapat membayar tagihan air di Cermati.com untuk proses pembayaran tagihan air PDAM yang mudah dan cepat.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement