Kamis 29 Jun 2023 21:00 WIB

Cara Mengecek Tagihan dan Pembayaran PDAM Kota Semarang

Bagi yang tinggal di kota Semarang, simak penjelasan berikut tentang cara cek danbayar tagihan PDAM Kota Semarang yang mudah dan antiribet.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Air merupakan kebutuhan yang krusial bagi setiap manusia. Saking pentingnya, kehadiran air sangat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari untuk konsumsi, kebersihan, dan keperluan lainnya.

Oleh karena itu, sebagai penyedia air bersih, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) senantiasa memperluas dan mengoptimalkan distribusi air bersih kepada masyarakat. Tujuannya, agar kebutuhan air bersih dapat terpenuhi dengan baik dan merata.

Pendistribusian air yang sudah baik harus diimbangi dengan pelayanan yang baik pula. Untuk itu, PDAM di sejumlah wilayah menyediakan layanan pengecekan tagihan yang mudah diakses. Berikut cara cek tagihan PDAM Kota Semarang.

Baca juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

 

Cara Cek Tagihan PDAM Kota Semarang

pdam semarang

PDAM Kota Semarang

Jika kamu tinggal di Semarang, PDAM Kota Semarang memiliki situs resmi bernama https://pdamkotasmg.co.id/. Melalui website ini, besaran tagihan bisa dicek setiap bulan agar dananya bisa dipersiapkan. Caranya juga sangat mudah. Jika sudah berada di halaman utama website PDAM Kota Semarang, pilih “Layanan Online” dan klik “Info Tagihan Pelanggan”. Selanjutnya, masukan nomor pelanggan pada kolom yang sudah disediakan. Pilih bulan rekening dan tahun yang sesuai. Terakhir, klik “Tampilkan Tagihan”.

Website akan menampilkan besaran tagihan PDAM Kota Semarang sesuai dengan bulan yang dicari. Gunakan data ini untuk mempermudah proses pembayaran nantinya.

Selain melalui website, pelanggan juga dapat mengecek tagihan PDAM Kota Semarang dengan mendatangi langsung Loket Pembayaran Wilayah Arteri. Loket ini terdiri dari minimarket, kelurahan yang telah ditunjuk, dan bank yang telah bekerja sama dengan PDAM Kota Semarang.

Kamu juga bisa mengecek besaran tagina dengan hanya menggunakan smartphone. Pertama, pengecekan tagihan PDAM Kota Semarang bisa dilihat melalui aplikasi marketplace. Tentunya, aplikasi yang ingin digunakan harus diunduh terlebih dulu. Lalu, daftarkan nomor pelanggan PDAM Kota Semarang. Jika sudah terdaftar, aplikasi marketplace biasanya sudah menyediakan menu khusus agar dapat info tagihan dengan mudah.

Sealin itu, kamu juag bisa melakukan cek tagihan PDAM Semarang dengan mengunduh aplikasi PDAM Tirta Moedal, perusahan daerah yang mengelola PDAM Kota Semarang. Aplikasinya diberi nama Si Agan Tirta Moeda dan dapat diunduh di Play Store. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya, mulai dari info tagihan, pengaduan, membaca meteran, dan mendaftar untuk sambungan baru. Pengecekan besaran tagihan PDAM Kota Semarang akan mempermudah dalam proses pembayaran. Pelanggan juga akan lebih mudah mempersiapkan dana sesuai dengan yang harus dibayarkan.

Baca juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

Cara Membayar Tagihan PDAM Kota Semarang

bayar tagihan pdam semarang

Bayar Tagihan PDAM Semarang

Setelah mengetahui besaran tagihan PDAM Kota Semarang, setiap pelanggan dapat melakukan pembayaran. Ada dua cara pembayaran tagihan PDAM Semarang yang bisa dilakukan, yaitu mendatangi loket pembayaran dan secara online. Pembayaran langsung dapat dilakukan di 11 Loket Pembayaran Wilayah Arteri PDAM Kota Semarang. Loket ini terdiri dari minimarket, kelurahan yang telah ditunjuk, dan bank yang telah bekerja sama dengan PDAM Kota Semarang.

Untuk pembayaran online, pelanggan bisa menggunakan m-banking dari bank yang telah bekerja sama dengan PDAM Kota Semarang. Ada 13 bank yang menyediakan pembayaran, antara lain:

  • OCBC NISP
  • Bank BTN
  • Panin Bank
  • BCA
  • BNI
  • Mandiri
  • Bank Mega
  • Citibank
  • Sinarmas
  • Bank Bukopin
  • HSBC
  • Standard Chartered
  • Bank Jateng

Penggunaan m-banking bisa disesuaikan dengan bank yang telah dimiliki pelanggan. Daftarkan dulu nomor pelanggan PDAM Kota Semarang pada aplikasi m-banking. Alur pembayaran bisa berbeda-beda bagi setiap aplikasi m-banking. Pelanggan cukup mengikuti petunjuk dan langkah-langkah yang tertera pada aplikasi. Setelah proses pembayaran selesai, lakukan pengecekan kembali untuk memastikan apakah tagihan PDAM Kota Semarang telah berhasil dibayar. Ketigabelas bank tersebut juga dapat menerima pembayaran melalui ATM.

Sebelumnya, catat kode PDAM Kota Semarang, yaitu 0004, dan ikuti petunjuk yang tertera. Setelah pembayaran selesai, ATM akan mencetak struk transaksi yang dapat disimpan. Pembayaran tagihan PDAM Kota Semarang juga bisa dilakukan melalui marketplace yang telah ditunjuk. Jika nomor pelanggan sudah terdaftar, pembayaran bisa dilakukan ketika mengecek besaran tagihan. Setiap marketplace biasanya telah menyederhanakan tampilan muka untuk memudahkan pengguna menemukan pilihan pembayaran, termasuk PDAM. Proses pembayaran dapat diselesaikan dengan mengikuti instruksi dari marketplace. Pelanggan hanya perlu menyesuaikan lokasi PDAM sesuai dengan tempat tinggal. Jadi, pastikan untuk memilih PDAM Kota Semarang dan lakukan pembayaran sesuai arahan.

Pembayaran online dapat mempermudah pelunasan tagihan PDAM Kota Semarang. Pastikan untuk tidak telat membayar tagihan PDAM Kota Semarang, yaitu antara tanggal 20 hingga 25 setiap bulannya.

Baca juga: Lakukan Cara Ini Agar Tagihan Air PDAM Tak Membengkak

Pengaduan PDAM Kota Semarang

PDAM Kota Semarang memiliki empat wilayah cakupan pendistribusian air bersih yang telah mencapai 60 persen per Januari 2023. Total pelanggan PDAM Kota Semarang ini setara dengan 181.549 pelanggan. Adapun wilayah cakupan PDAM Kota Semarang dibagi menjadi empat cabang. Keempat wilayah ini meliputi Cabang Utara dengan 39.726 pelanggan, Cabang Timur dengan 58.405 pelanggan, Cabang Selatan dengan 40.550 pelanggan, dan Cabang Barat dengan 42.769 pelanggan.

Pengolahan air oleh PDAM Kota Semarang dilakukan pada enam Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang memiliki kapasitas hingga 2.582 liter per detik. Sementara, sumber airnya berasal dari alam dan artesis. Dengan kapasitas dan area cakupan tersebut, PDAM Kota Semarang senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada pelanggan yang mengalami masalah terkait PDAM, misalnya air yang keluar sedikit, air mati, atau ada kebocoran.

Jika mengalami masalah itu, pelanggan dapat melaporkannya langsung melalui Call Center PDAM Kota Semarang pada nomor 08001503888. Keluhan juga bisa disampaikan melalui pesan WhatsApp ke nomor 08112680060. Selain itu, keluhan pun dapat disampaikan melalui media sosial, yaitu Twitter @PDAMKotaSMG dan Instagram @pdam_kota_semarang. Bisa juga melalui Fanspage PDAM Kota Semarang.

Dengan melaporkan keluhan, PDAM Kota Semarang akan dengan cepat melakukan tindakan perbaikan yang diperlukan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas layanan PDAM Kota Semarang agar menjadi lebih baik.

Baca juga: Hemat Tagihan PDAM dengan Terapkan 4 Kegiatan Sederhana Ini di Rumah

Tip Bayar Tagihan Tepat Waktu

Kesibukan sehari-hari kadang membuat lupa untuk melaksanakan pembayaran yang sifatnya wajib, seperti membayar tagihan air di PDAM. Padahal, jika telat, akan dikenakan sanksi dan denda sesuai dengan perhitungan yang telah ditetapkan. Bahkan, jika tidak kunjung dibayarkan, pihak PDAM bisa memberikan surat teguran. Terburuk, aliran air bersih ke rumah juga bisa diputus oleh pihak PDAM. Oleh karena itu, penting untuk membayar tagihan tepat waktu. Nah, agar tidak lupa, kamu bisa membuat reminder atau menjadwalkan pembayaran. Berikut 5 hal yang bisa dilakukan agar tidak telat membayar tagihan air di PDAM.

  1. Jangan Ditunda

    Salah satu hal yang kadang membuat lupa adalah karena menunda pembayaran. Untuk mencegahnya, kamu dapat membuat catatan khusus yang berisi tagihan rutin yang harus dibayarkan setiap bulannya. Perkiraan besaran anggaran yang diperlukan berdasarkan tagihan PDAM bulan lalu. Biasanya, total anggaran tidak akan berbeda jauh jika pemakaian air konstan dan tidak ada kebocoran pipa. Tidak perlu menunggu tenggat waktu, bayarlah tagihan ketika sudah menerima gaji atau dana yang diperlukan sudah siap. Jika sudah dibayar sejak awal, kamu tidak perlu khawatir lagi akan lupa.

  2. Sisihkan Sejak Awal

    Pembayaran tagihan PDAM biasanya diberikan tenggat waktu antara tanggal 20 atau 25 setiap bulannya. Bagi sebagian orang, tanggal ini sama seperti momen gajian. Artinya, tidak akan sulit jika ingin melakukan pembayaran pada waktu gajian. Namun, jika kamu bukan termasuk golongan yang menerima gaji pada akhir bulan, sebaiknya segera sisihkan anggaran ketika menerima fee. Pisahkan langsung uang untuk membayar tagihan PDAM. Beberapa marketplace dan m-banking memiliki sistem autodebet untuk mempermudah pembayaran tagihan. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini agar tagihan bisa terbayarkan tepat waktu.

  3. Buat Reminder

    Smartphone yang kamu pakai sudah cukup canggih untuk dipakai sebagai alat pengingat. Manfaatkan tools Kalender untuk membuat reminder ketika harus membayar tagihan. Berikan jeda satu atau dua hari sebelum tenggat waktu pembayaran tagihan PDAM. Begitu alarm pengingat sudah berbunyi, segera lakukan pembayaran.

  4. Selain dengan kalender, gunakan asisten pribadi pada smartphone untuk membantu mengingatkan jika sudah waktunya membayar tagihan PDAM. Kamu juga bisa meminta asisten pribadi untuk membantu menjalankan aplikasi pembayaran lebih cepat. Jangan lupa untuk selalu mengecek catatan keuangan agar kamu tahu apa saja yang harus dibayarkan. Hal ini dapat membuat kamu lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

Baca juga: Cek Tagihan Air PDAM Surabaya, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Bayar Tagihan PDAM Semarang Tepat pada Waktunya

Tanpa kamu sadari, dengan membayar tepat waktu, kamu terhindar dari denda dan sanksi yang menyebabkan adanya pengeluaran yang tidak perlu. Jadi, anggaran yang sudah kamu persiapkan akan tetap sesuai. Soal pembayaran tagihan PDAM, kamu bisa melakukannya di Cermati.com. Proses pembayaran di Cermati.com juga sangat mudah dan cepat.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement