Jumat 14 Jul 2023 15:40 WIB

Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung

Untuk kamu yang tinggal di daerah Badung, berikut ini adalah cara cek dan bayar tagihan PDAM di daerahmu. Jangan sampai telat bayar!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Menentukan anggaran yang dibutuhkan dalam kurun waktu sebulan akan membuat kamu lebih tertib dalam mengelola keuangan. Perencanaan anggaran yang dibuat harus mencakup seluruh keuangan, termasuk untuk membayar tagihan listrik, internet, dan air. 

Untuk menentukan besaran dana yang diperlukan dapat diawali dengan pengecekan tagihan yang harus dibayarkan. Tagihan air dari perusahaan daerah air minum (PDAM), misalnya, dapat dilakukan secara offline dan online

Baca Juga: Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Kota Malang

Cara Cek Tagihan PDAM Badung

bayar tagihan pdam

Cek Tagihan PDAM Badung

Jika kamu tinggal di wilayah Kabupaten Badung, Bali, ada cara praktis untuk mengecek tagihan PDAM Kabupaten (Kab) Badung yang dikelola oleh Perumda Air Minum Tirta Mangutama, yaitu melalui website https://tirtamangutama.badungkab.go.id/.  

Pada website itu, pilih “Info Pelanggan” dan klik“ Informasi Tagihan Rekening Air”. Masukkan nomor sambungan pada kolom informasi Tagihan Rekening Air dan klik “Proses”. Setelahnya, website akan menampilan total tagihan yang harus dibayar.

Selain lewat website, mengecek tagihan PDAM Badung juga bisa dilakukan di marketplace. Kamu tinggal memasukkan nomor pelanggan ke dalam kolom tersedia, lalu akan terlihat besaran tagihan PDAM Badung yang harus dibayarkan.

Cara Membayar Tagihan PDAM Badung

tagihan pdam

Bayar Tagihan PDAM Badung

Untuk melakukan pembayaran, pelanggan dapat mengunjungi langsung Loket Pembayaran Perumda Tirta Manguntama yang tersebar di enam wilayah Kabupaten Badung, yaitu Petang, Abiansemal, Mengwi, Kuta, Kuta Utara, dan Kuta Selatan.

Selain menerima uang tunai, Loket Pembayaran Tirta Manguntama juga menerima pembayaran dengan QRIS. Caranya, scan barcode QRIS yang telah disediakan, masukkan nominal dan mobile PIN bank digunakan. Selanjutnya, akan muncul notifikasi jika pembayaran telah berhasil. 

Pembayaran tagihan PDAM Badung juga bisa dilakukan di minimarket dan Kantor Pos terdekat. Pelanggan juga dapat melakukan transfer melalui ATM atau transfer for payment ke Bank Pembangunan Daerah Bali dengan kode 129.

Kemudian, masukkan kode 5116 dan ID pelanggan pada mesin ATM. Masukan nominal sesuai dengan besaran tagihan. 

PDAM Kab Badung juga telah bekerja sama dengan sejumlah bank untuk mempermudah proses pembayaran tagihan pelanggan melalui mobile banking. Adapun bank yang menerima pembayaran tagihan untuk PDAM Kab Badung yaitu: 

  • Mandiri
  • BNI
  • BTN 
  • Bank BPD Bali

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan untuk mendaftarkan dulu nomor pelanggan pada mobile banking yang akan digunakan. Selanjutnya, pilih "Pembayaran", klik "PAM"," PDAM Badung", atau "PDAM" pada menu di mobile banking. 

Masukan nomor pelanggan dan lakukan pembayaran sesuai arahan aplikasi. Masukan nomina dan pembayaran tagihan PDAM Badung pun selesai. 

Pelanggan juga bisa melakukan pembayaran melalui marketplace yang sudah bekerja sama dengan PDAM Kab Badung. Unduh aplikasi yang akan digunakan lebih dulu dan daftarkan nomor pelanggan.

Umumnya, marketplace akan menyediakan menu khusus untuk membayar tagihan PDAM. Jika sudah didaftarkan sebelumnya, pelanggan dapat memilih menu mengikuti arahan dari marketplace untuk melakukan pembayaran.

Itulah beberapa cara melakukan pembayaran tagihan PDAM Kab Badung. Selalu cek besaran tagihan dan lakukan pembayaran tepat waktu.  

Pengaduan PDAM Kab Badung

Demi menjaga kualitas layanan, Pemerintah Kabupaten Badung bersama Perumda Air Minum Tirta Manguntama membuka laman pengaduan. Keluhan pelanggan dapat langsung disampaikan melalui website resmi PDAM Kab Badung. 

Pada bagian “Layana Kami”, terdapat menu “Pengaduan Layanan”. Jika diklik, laman akan membuat Form Pengaduan yang dapat diisi oleh pelanggan, yaitu Nama, Nomor HP, Kategori Pengaduan, Keluhan/Pengaduan, Lokasi Keluhan, dan Peta Lokasi. 

Pelanggan juga bisa mengunduh foto yang dapat memperkuat alasan pengaduan. Di sisi lain, pelanggan juga dapat merahasiakan identitas untuk keamanan privasi.

Jika diperlukan, pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan terkait PDDAM Kab Badung melalui sambungan nomor telepon 0361421845 atau melalui email [email protected].

Dengan melaporkan masalah, kamu telah membantu PDAM Kab Badung untuk meningkatkan pelayanan dan distribusi air yang lebih baik. 

Baca Juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Manfaat Mencatat Pengeluaran Bulanan

Jika sudah berpenghasilan, sudah selayaknya kamu mencatat semua pengeluaran  agar terjadi overspent. Apalagi jika kamu memiliki tanggungan yang wajib dibayarkan setiap bulannya, seperti kredit rumah, bayar asuransi, dan biaya rutin rumah tangga.

Tanpa disadari mencatat keuangan lebih efektif daripada hanya mengingat-ingat dan membayar semua pengeluaran begitu saja. Sebab, kamu jadi tidak tahu berapa besaran pasti pengeluaran yang diperlukan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memulai mencatat seluruh pengeluaran. Hal ini dapat membantu kamu untuk untuk tidak boros dan menggunakan keuangan lebih bijak.

Berikut manfaat lain dari mencatat keuangan yang perlu diketahui.

  1. Tidak ada overspent

    Dengan melakukan pencatatan keuangan, kamu telah berkomitmen untuk hanya menggunakan uang sesuai pos dan koridor yang telah dibuat. Tujuannya, agar setiap pengeluaran sesuai dengan rencana bujet yang telah dipersiapkan.

  2. Sekalipun untuk hal kecil, jangan gunakan uang yang telah dipersiapkan untuk pembayaran tagihan, misalnya, terpakai untuk hal lain. Apalagi yang sifatnya tidak terlalu penting.

  3. Dengan mencatat keuangan, pola pengeluaran bulanan akan lebih teratur. Kamu juga akan lebih disiplin dan terhindar dari perilaku konsumtif. Ingat, kamu harus berkomitmen dengan catatan keuangan yang telah dibuat. 

  4. Lebih perhitungan

    Menggunakan uang sesuai dengan catatan pengeluaran akan membantu kamu lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. Ketika ingin membeli sesuatu, kamu juga akan mempetimbangkannya lebih dalam dan tidak gegabah dalam berbelanja.

  5. Tak masalah jika kamu selalu mengandalkan diskon atau promo. Justru hal ini dapat membantu untuk menghemat pengeluaran.

  6. Mencatat pengeluaran juga dapat membantu menemukan masalah keuangan yang selama ini mungkin belum disadari. Bisa jadi, penyebabnya karena ada pengeluaran yang dilakukan di luar dari koridor keuangan yang telah dibuat tanpa disadari 

  7. Membantu capai target finansial

    Dengan mencatat pengeluaran, target finansial dalam jangka pendek dan panjang dapat lebih mudah diatur. Sebab, kamu dapat mengetahui seberapa besar pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan dan berapa banyak yang bisa disimpan.

  8. Jika keuangan tercatat dengan baik, alokasi dana juga akan lebih mudah dilakukan, misalnya untuk investasi, membeli barang secara tunai, atau membayar utang. Jadi, kamu juga tidak was-was dengan kondisi keuangan di masa depan.

  9. Bahkan, jika dicatat dan dikelola dengan baik, kamu bisa menyisihkan uang untuk mengumpulkan dana darurat atau modal usaha. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah untuk mandiri secara finansial dah tidak perlu bergantung pada orang lain jika menghadapi masalah keuangan.

  10. Itulah beberapa manfaat dari mencatat keuangan. Kebiasaan ini dapat membantu dalam menentukan besaran anggaran yang diperlukan setiap bulannya.

  11. Dengan mencatat keuangan, kamu juga akan lebih mudah menentukan anggaran keuangan di rumah, tak kecuali untuk biaya wajib seperti membayar tagihan PDAM. 

Bayar Tagihan PDAM Lewat Cermati.com

Agar proses pembayaran tagihan lebih mudah, kamu dapat mengandalkan Cermati.com. Proses pembayaran tagihan PDAM di Cermati.com sangat praktis dan mudah.

Selain itu, transaksi pembayaran juga akan tersimpan secara detail. Jadi, pengeluaran rutin tetap tercatat dan sesuai dengan anggaran yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement