Kamis 27 Jul 2023 15:00 WIB

15 Oleh-Oleh dari Kota Palembang yang Khas dan Wajib Dibawa Pulang!

Tidak hanya Pempek, Palembang menawarkan banyak sekali makanan tradisional dan juga oleh-oleh yang menari. Simak 15 rekomendasi oleh-oleh dari Palembang berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Palembang merupakan ibukota Sumatera Selatan yang memiliki banyak daya tarik, mulai dari keindahan alam maupun kulinernya. Bukan cuma empek-empek saja, lho. Palembang punya banyak sekali kuliner khas yang menarik untuk dicicipi ketika jalan-jalan di kota cantik ini.

Apalagi Palembang termasuk salah satu kota paling tua di wilayah Asia Tenggara. Jika liburan atau sekedar berkunjung untuk keperluan lain ke Palembang, pastikan untuk jangan lupa bawa oleh-oleh khasnya. 

Tidak hanya pempek yang terkenal saja, masih banyak oleh-oleh ikonik lain yang bisa dibawa pulang. Berikut ini beberapa rekomendasi oleh-oleh dari Palembang yang khas untuk buah tangan.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Yogyakarta, Bukan Cuma Bakpia Pathok!

 

Rekomendasi Oleh-Oleh dari Palembang yang Khas

  1. Pempek Khas Palembang

    Pempek Khas Palembang (source: Liputan6.com)

    Dikenal sebagai Kota Pempek, rekomendasi pertama tentu saja pempek khas Palembang. Sekarang pempek sudah hadir di berbagai kota, namun rasa khas pempek Palembang hanya bisa ditemukan di kota asalnya. 

    Kamu bisa membeli pempek yang masih mentah yang nantinya bisa dimasak sendiri ketika sampai di rumah. Sangat lupa beli bersama bumbunya karena cita rasa khasnya juga dari bumbu tersebut.

  2. Martabak Har

    Martabak Har (source: masakandapurku.com)

    Martabak har adalah martabak yang sangat populer di Palembang. Pencinta martabak tidak boleh melewatkan cemilan satu ini. Keunikan dari martabak har yaitu cara makannya yang dicampur bersama kuah kari. Penasaran ingin mencobanya bukan?

  3. Otak-Otak Palembang

    Otak-otak Palembang (source: cookpad.com)

    Daging tenggiri tidak hanya bisa diolah jadi pempek yang lezat saja, namun juga bisa diolah jadi otak-otak khas kota Palembang. Biasanya otak-otak dibungkus daun pisang sehingga rasanya lebih khas. Kamu harus mencobanya dan membawa beberapa di antaranya pulang sebagai oleh-oleh.

  4. Bolu Suri

    Bolu Suri (source: Dapur Bunda Lidia)

    Bolu suri merupakan kue yang lezat dan legit. Penampilannya mirip bika ambon sehingga cocok untuk kamu yang suka bika ambon. Hanya satu kali gigitan saja dijamin semua orang akan minta tambah lagi. Jadi jangan lupa beli untuk oleh-oleh.

  5. Malbi

    Malbi Palembang (source: Top Wisata)

    Malbi adalah makanan yang terbuat dari daging, bisa dibilang mirip dengan rendang. Biasanya malbi dimakan bersama dengan nasi dan acara. Jika ingin membawa pulang untuk oleh-oleh, kamu bisa beli yang kemasan kalengan. 

  6. Engkak Ketan

    Engkak Ketan (source: Gudang IlmuKu)

    Kota Palembang memang terkenal dengan beragam kue yang legit dan lezat. Rekomendasi selanjutnya bernama engkak ketan yang terbuat dari ketan. Kue satu ini mirip lapis legit jadi cocok dimakan bersama teh di pagi hari.

  7. Kue Kojo

    Kue Kojo (source: Palpres)

    Nama kue kojo berasal dari kamboja karena bentuknya mirip bunga kamboja. Bukan hanya bentuknya saja, warnanya juga unik dan menggugah selera. Kue kojo lebih lembut dibandingkan dengan kue bolu. Jadi kamu bisa memakan beberapa potong kue sekaligus sebagai teman minum teh.

  8. Kue Delapan Jam

    Kue 8 Jam (source: Genpi.co)

    Namanya sangat unik ya? Kue delapan jam membutuhkan waktu pembuatan selama delapan jam. Jadi dinamakan seperti itu. Kue ini menggunakan bahan berupa telur bebek sehingga cita rasa dan teksturnya berbeda. Selain itu, kue delapan jam juga bisa tahan lebih lama untuk dibawa pulang sebagai buah tangan. 

  9. Kue Maksuba

    Kue Maksuba (source: Fimela)

    Satu lagi kue khas dari Palembang yang tampilannya mirip sekali dengan kue lapis yaitu kue maksuba. Seringkali dijadikan sebagai suguhan untuk para tamu. 

    Bahkan makanan ini sudah sangat khas dari masa ke masa untuk jamuan tamu. Kue maksuba ini dibuat dari bahan-bahan yang cukup umum seperti telur, kental manis, mentega, vanila, dan gula.

  10. Lempok Durian

    Lempok Durian (source: Genpi.co)

    Lempok durian merupakan cemilan yang terbuat dari durian dengan cita rasa manis. Kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk dibagi dengan orang di rumah. Meskipun dari durian, jangan khawatir karena baunya tidak terlalu menyengat. Jadi tetap bisa dibawa pulang dengan pesawat.

    Baca Juga: 15 Oleh-Oleh dari Lampung yang Khas untuk Dibawa Pulang!

  11. Kemplang

    Kemplang (source: Jurnal Soreang)

    Kemplang merupakan kerupuk berbahan dasar ikan sehingga jelas tahan lama untuk dijadikan oleh-oleh. Cita rasa gurih dari ikan dipadukan dengan teksturnya yang sedikit kasar membuat orang-orang akan ketagihan. Selain dijadikan cemilan, kerupuk kemplang juga cocok dijadikan pendamping makan berat.

  12. Tempoyak

    Tempoyak (source: Liputan6.com)

    Tempoyak merupakan sambal khas kota Palembang yang begitu unik. Jika mampir ke kota ini, jangan sampai kamu tidak mencicipinya. Tempoyak sendiri terbuat dari fermentasi durian. Pengemasan yang tepat bisa membuat tempoyak tahan lama untuk dibawa pulang.

  13. Ikan Salai

    Ikan Salai (source: Mubaonline)

    Jenis ikan asap tradisional khas Palembang menjadi rekomendasi selanjutnya untukmu jadikan oleh-oleh. Ada beberapa jenis ikan yang biasa dipakai untuk membuat ikan salai seperti ikan patin, gabus, atau baung. Seperti ikan asap pada umumnya, cita rasa yang ditawarkan gurih dan lezat.

  14. Gulo Puan

    Gulo Puan (source: Good News from Indonesia)

    Gulo puan berarti gula susu karena terbuat dari gula dan susu kerbau rawa. Di masa lalu, gulo puan merupakan makanan yang disukai para bangsawan kesultanan Palembang. Ingin mencicipinya? Cobalah bawa pulang untuk oleh-oleh.

  15. Songket Palembang

    Songket (source: PALTV)

    Oleh-oleh tidak hanya makanan saja, kamu bisa membawa pulang cinderamata yang lebih tahan lama seperti songket Palembang. Kain songket khas Palembang ini memiliki pilihan warna dan motif yang cukup beragam. 

    Kamu bisa memilihnya sesuai selera sendiri maupun orang yang akan diberikan oleh-oleh tersebut. Biasanya kain songket bisa dipakai untuk acara-acara pernikahan, acara wisuda maupun acara formal lainnya.

Nikmati Serunya Berburu Oleh-oleh Favorit dari Palembang yang Khas 

Menikmati oleh-oleh dari destinasi yang jadi tujuan wisata jalan-jalan memang bisa memberikan sensasi nostalgia bersama keluarga di rumah. Kamu juga bisa menyantapnya sambil menceritakan pengalaman menarik di kota tersebut. 

Selain itu, berburu oleh-oleh khas juga bisa jadi pengalaman yang tak kalah seru. Namun, pastikan untuk selalu bijak dalam berbelanja agar keuangan tetap aman, ya.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Asli Khas Malaysia

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement