Senin 21 Aug 2023 15:00 WIB

Hindari Tagihan Membengkak, Ini Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Sidoarjo

Untuk warga Sidorajo, simak cara cek dan bayar tagihan PDAM Sidoarjo berikut ini! Jangan sampai telat bayar!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dengan berlangganan PDAM, masyarakat bisa menikmati air bersih yang sudah berstandar kesehatan untuk kebutuhan sehari-hari dan dikonsumsi. Tidak hanya menyasar kota-kota besar, PDAM juga tersebar di berbagai Kabupaten, salah satunya Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

PDAM Sidoarjo atau Perumda Delta Tirta Sidoarjo saat ini telah menyasar belasan ribu masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. Tujuannya adalah meningkatkan pengelolaan air minum berstandar kesehatan serta meningkatkan kesehatan masyarakat Sidoarjo.

Nah, bagi pelanggan lama maupun baru, sebaiknya rutin cek tagihan PDAM Sidoarjo. Hal ini bertujuan untuk mengontrol tagihan bayar setiap bulan, mengingat waktu bayar, serta bijak dalam pemakaian air. Perlu diketahui, selain mengecek langsung tagihan ke kantor PDAM Sidoarjo, kamu bisa pula mengecek secara online melalui smartphone sehingga lebih mudah dan praktis.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung

 

Cek Tagihan PDAM Sidoarjo

bayar tagihan pdam

Cek Tagihan PDAM Sidoarjo

Bagi pelanggan lama, tentu sudah sering mengecek biaya tagihan PDAM bulanan di kantor PDAM Sidoarjo. Akan tetapi, digitalisasi saat ini mendorong berbagai kemudahan, termasuk untuk mengecek tagihan PDAM Sidoarjo.

Kamu bisa mengecek tagihan dengan smartphone kapan dan dimana saja. Salah satu cara cek tagihan PDAM Sidoarjo melalui situs Speedcash ttps://www.speedcash.co.id/tagihan-pdam/sidoarjo. Langkah pertama, kamu hanya perlu membuka situs tersebut dan memasukan nomor pelanggan PDAM pada kolom yang tersedia. Kemudian, klik ‘Cek Tagihan’ dan akan muncul total biaya tagihan PDAM.

Cara itu lebih praktis dibandingkan kamu harus pergi ke kantor PDAM untuk cek tagihan per bulan. Kamu jadi lebih mudah mengontrol tagihan dan pemakaian air PDAM di rumah.

Cara Bayar Tagihan PDAM Sidoarjo

tagihan pdam

Bayar Tagihan PDAM Sidoarjo

Selain cek tagihan, Speedcash juga menyediakan pembayaran PDAM Sidoarjo secara online sehingga praktis dan cepat. Caranya, setelah mengecek, kamu bisa memilih menu ‘Bayar’ menggunakan saldo e-wallet di Speedcash.

Adapun pembayaran tagihan juga bisa dilakukan di kantor pusat PDAM Sidoarjo. Kemudian, berbagai PDAM juga bekerja sama dengan perbankan untuk pembayaran tagihan, seperti Bank Daerah, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Ada pula berbagai aplikasi mobile yang tersedia untuk pembayaran PDAM, seperti Tokopedia dan lainnya. Sementara, beberapa perusahaan kerja sama pun melayani pembayaran PDAM, seperti Pos Indonesia, Indomaret, dan Alfamart.

Itulah cara mengecek dan membayar tagihan PDAM Sidoarjo yang bisa jadi informasi penting untuk kamu. Cek tagihan PDAM secara rutin pun bermanfaat untuk memastikan biaya tagihan tidak membengkak atau meningkat dari biasanya.

Sebab, pada beberapa kasus terjadi peningkatan tagihan PDAM yang dialami pelanggan. Hal ini tentu menjadi beban pengeluaran tambahan bagi kamu dan keluarga.

Baca Juga: Cara Mengecek Tagihan dan Pembayaran PDAM Kota Semarang

Penyebab Tagihan PDAM Meningkat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tagihan PDAM meningkat di luar batas wajar. Apapun alasannya, hal ini perlu segera diatasi agar tidak merugikan pelanggan. Namun, pelanggan juga harus waspada memperhatikan apakah penyebabnya terjadi dari penggunaan pelanggan itu sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab tagihan PDAM Sidoarjo meningkat.

  1. Penggunaan berlebihan

    Sebagai informasi, tagihan PDAM dihitung berdasarkan jumlah pemakaian pelanggan per bulan. Oleh sebab itu, intensitas pemakaian air PDAM yang tinggi atau berlebihan akan berdampak pada lonjakan tagihan. 

    Hal ini seringkali tak disadari pelanggan, sehingga dengan santai menggunakan air untuk mengisi kolam plastik anak dan penggunaan bathtub saat mandi yang membutuhkan debit air banyak sehingga mendorong peningkatan tagihan PDAM. 

    Maka dari itu, penting bagi pelanggan PDAM Sidoarjo untuk memastikan penggunaan air dengan bijak. Ajak anggota keluarga untuk lebih hemat dan bijak menggunakan air, terutama yang membutuhkan jumlah debit air besar.

  2. Lupa menutup keran 

    Penyebab tagihan PDAM meningkat lainnya adalah kelalaian atau lupa menutup keran. Dengan demikian, pelanggan PDAM disarankan untuk tidak membuka penuh keran agar debit air yang keluar tidak terlalu besar. 

    Kamu bisa menggunakan penampungan, seperti ember di setiap bawah keran agar tidak perlu membuka keran berulang kali. Untuk lebih efektif, gunakan toren sebagai penampungan air yang cukup besar agar penampungan lebih efektif.

    Namun, tetap pastikan seluruh keran tertutup dengan baik setelah pemakaian dan tidak ada kebocoran pada keran sehingga air terus menerus menetes.

  3. Pipa bocor

    Pelanggan PDAM Sidoarjo mungkin juga kerap mengalami tagihan yang membengkak padahal pemakaian dilakukan sewajarnya. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada pipa saluran yang jarang disadari. Maka dari itu, saat mengalami hal ini, kamu sebaiknya segera mengecek saluran pipa air pada beberapa bagian, seperti kloset, pemanas air, toren, dan wastafel.

    Bagian-bagian tersebut menggunakan saluran air yang sering terlupa untuk diperhatikan. Jika kamu menemukan sumber masalahnya, maka segera lakukan perbaikan agar tagihan membengkak tidak terus menerus terjadi.

    Pasalnya, kebocoran kecil sekalipun akan membuat air terus menetes dan terhitung sebagai pemakaian oleh PDAM. Tetapi, jika kebocoran terjadi pipa PDAM saluran luar, segera hubungi petugas PDAM untuk mengecek dan memperbaiki. Jangan biarkan kebocoran terjadi dalam waktu lama untuk menekan biaya tagihan yang membengkak.

  4. Tunggakan tagihan

    Tagihan meningkat atau membengkak juga sering terjadi akibat tunggakan tagihan yang belum dibayarkan selama beberapa bulan. Terlebih, setiap keterlambatan menimbulkan denda bayar. Maka dari itu, kamu harus memastikan melakukan pembayaran tagihan sebelum jatuh tempo setiap bulan. 

    Hindari menunggak, sebab jumlah tagihan akan menumpuk dan terlalu besar. Jika merasa repot membayar PDAM di kantor atau agen bayar, kamu bisa membayar secara online melalui smartphone yang jauh lebih praktis. Saat ini PDAM telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memudahkan pelanggan membayar tagihan, termasuk aplikasi mobile, seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

  5. Penggabungan jaringan pipa dan saluran pompa 

    Meski jarang terjadi, penggabungan saluran pompa dengan jaringan pipa bisa membuat tagihan PDAM meningkat drastis. Pasalnya, penggabungan ini membuat laju air ke dalam sumur pompa memiliki tekanan besar. Masalah ini, seringkali tidak terdeteksi dibandingkan penyebab lainnya.

    Jika kamu mengalami kenaikan tagihan berturut-turut selama tiga bulan dan tidak ada kebocoran pipa, sebaiknya hubungi petugas PDAM untuk melakukan pemeriksaan.

  6. Jarang cek meteran 

    PDAM memasangkan meteran air yang bisa dicek oleh pelanggan kapan pun. Akan tetapi, kebanyakan pelanggan enggan mengecek padahal sangat penting untuk mengetahui penggunaan air. Pengecekan secara rutin bisa mengurangi anomali atau kejanggalan yang mungkin terjadi, seperti jarum meteran yang bergerak terlalu cepat. 

    Hal tersebut juga dapat mengantisipasi adanya kesalahan pencatatan oleh petugas PDAM serta mendeteksi jika ada kebocoran pada pipa meteran. Apabila terjadi kebocoran atau kerusakan pada meteran karena waktu penggunaan yang sudah lama, kamu bisa memperbaikinya dengan bantuan petugas PDAM melalui pergantian unit meteran baru.

Tips Pemakaian PDAM Sidoarjo Agar Tagihan Tidak Meningkat

Cek dengan rutin tagihan PDAM Sidoarjo untuk mengontrol jumlah pembayaran dan pemakaian air secara bijak. Sebagai pengguna air berlangganan, siapkan penampungan untuk mencegah situasi PDAM mati dan sebagainya. Kamu dan keluarga juga harus rutin menutup keran setelah pemakaian dan mengecek kondisi keran atau pipa saluran tidak ada kebocoran.

Selain itu, rutin cek meteran PDAM yang ada untuk memastikan keandalan alat tersebut dan tidak ada hal yang janggal dalam penggunaannya. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol tagihan tetap aman dan tidak membuat pengeluaran bulanan menjadi boros.

Adapun jangan tunggak pembayaran hingga melewati batas jatuh tempo. Dengan rutin mengecek tagihan juga bisa menjadi pengingat waktu untuk segera membayar sehingga tagihan tidak menumpuk dan membayar denda.

Perhatikan Tagihan PDAM Sidoarjo dan Kondisi Pemakaian

Demikianlah beberapa informasi seputar cek tagihan, bayar dan penyebab tagihan PDAM Sidoarjo meningkat. Bagi kamu pelanggan PDAM Sidoarjo, sebaiknya mulai perhatikan pemakaian serta tagihan yang ada setiap bulan.

Yuk, bijak menggunakan air untuk kelestarian lingkungan serta hemat biaya. Gunakan layanan PDAM dengan tepat untuk kebutuhan konsumsi dan kegiatan sehari-hari yang membutuhkan air bersih berstandar kesehatan.

Baca Juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement