Senin 21 Aug 2023 15:00 WIB

Pelanggan PDAM Jambi Capai 96 Ribu, Begini Cara Cek Tagihan dan Bayarnya

Untuk warga Jambi, simak cara cek dan bayar tagihan PDAM di artikel ini. Jangan sampai telat bayar!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Indonesia memiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang bertugas mendistribusikan air bersih. PDAM saat ini sudah menjangkau ke berbagai kota di Indonesia, salah satunya PDAM Jambi. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Jambi Nomor 3 Tahun 2020 berganti nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum.

PDAM Jambi tersebut sudah berdiri selama puluhan tahun dan pada 2023 memiliki lebih dari 96 ribu pelanggan. Memiliki sistem berlangganan, maka pelanggan perlu membayar tagihan setiap bulannya. Nah, saat ini semua informasi terkait PDAM Jambi tersedia secara online melalui https://www.tirtamayang.com/pdamrek/.

Melalui website tersebut, tersedia informasi lengkap mulai dari cek tagihan, cara bayar, jenis layanan, dan lainnya. Pada artikel ini akan dijelaskan terkait cara cek tagihan dan cara bayar pelanggan PDAM Jambi. Jika kamu merupakan pelanggan PDAM Jambi, berikut adalah informasi yang penting untuk diketahui.

Baca Juga: Hindari Tagihan Membengkak, Ini Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Sidoarjo

 

Cek Tagihan PDAM Jambi

bayar tagihan pdam

Cek Tagihan PDAM Jambi

Sama seperti listrik pascabayar, pelanggan PDAM Jambi perlu membayar tagihan pemakaian bulanan. Nah, untuk mengecek tagihan PDAM Jambi, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Datang ke Kantor Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi

    Jika kamu pelanggan PDAM Jambi atau Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, kamu bisa mendatangi kantor pusat di Jalan Letkol Slamet Riyadi, kantor pelayanan bisnis wilayah I di Gedung Graha Tirta Jalan Sultan Agung, kantor pelayanan bisnis wilayah II di Jalan Lintas Timur, dan loket pembayaran Kota Jambi Seberang.

    Kamu bisa datang ke salah satu kantor Perumdam Kota Jambi tersebut. Kamu bisa menanyakan kepada pihak terkait untuk mengetahui jumlah tagihan air yang telah dipakai.

  2. Melalui Website Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi

    Cek tagihan PDAM Jambi juga bisa dilakukan melalui website Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi. Pertama, kamu bisa membuka situs https://www.tirtamayang.com/pdamrek/ melalui gawai. Kedua, saat masuk ke beranda website pilih dan klik menu “Layanan Pelanggan”. Ketiga, pilih dan klik “Cek Tagihan”.

    Kemudian, akan muncul beberapa info terkait mengecek tagihan. Klik bagian “Cek Tagihan” dan masukkan nomor pelanggan tekan enter. Lalu, akan muncul jumlah tagihan air milik kamu.

  3. Melalui Telepon

    Kamu juga bisa mengecek tagihan PDAM Jambi melalui saluran telepon. Ada beberapa nomor telepon yang tersedia, yaitu 0741-7550122, 0741-7550124, 0721-7550126. Kamu akan tersambung dengan call center yang akan membantu terkait cek tagihan PDAM Jambi milik kamu.

    Hal yang perlu kamu perhatikan saat mengecek tagihan melalui telepon, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup agar panggilan tidak terputus. Kamu juga bisa menelpon menggunakan saluran telepon rumah agar lebih hemat.

  4. Lewat Pesan Singkat atau SMS 

    Cek tagihan PDAM Jambi atau PDAM Tirta Mayang juga tersedia melalui pesan singkat (SMS). Caranya, ketikan pesan dengan format TAG#Nomor Pelanggan, lalu kirim ke nomor 0856-0904-0200. Kemudian, kamu akan mendapatkan balasan SMS berisi rincian tagihan air dari PDAM Jambi.

    Itulah beberapa cara mengecek tagihan air PDAM Jambi. Sama seperti listrik, tagihan PDAM juga tergantung pada banyaknya pemakaian.

Cara Bayar PDAM Jambi

tagihan pdam

Bayar Tagihan PDAM Jambi

Selain cek tagihan PDAM Jambi, artikel ini juga akan memberikan informasi terkait cara membayar PDAM Jambi. Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk membayar tagihan air PDAM. Dilansir dari situs resmi Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, berikut cara membayar tagihan PDAM.

  1. Kantor Perumdam Tirta Mayang

    Untuk membayar tagihan PDAM Jambi, pelanggan bisa mengunjungi langsung kantor PDAM Jambi atau Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi. Berikut adalah beberapa alamat kantor PDAM atau Perumdam Tirta Mayang yang bisa kamu kunjungi untuk membayar.

    1. Kantor Pusat Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi di Jalan Letkol Slamet Riyadi. Waktu layanan pada kantor pusat ini adalah Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 15.00 WIB.
    2. Kantor Pelayanan dan Bisnis Wilayah I Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi di Jalan Sultan Agung. Waktu layanan pada kantor pelayanan dan bisnis wilayah I adalah Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 15.00 WIB, serta Sabtu pukul 08.00 - 12.00.
    3. Kantor Pelayanan dan Bisnis Wilayah II Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi di Jalan Lintas Sumatera. Waktu layanan pada kantor pelayanan dan bisnis wilayah II adalah Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 15.00 WIB, serta Sabtu pukul 08.00 - 12.00.
    4. Loket Pembayaran JKS Pasir Panjang di Jalan KH. A. Qodir Ibrahim. Waktu layanan pada loket pembayaran ini adalah Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 15.00 WIB, serta Sabtu pukul 08.00 - 12.00.
  2. Kantor Pos

    Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah berdiri sejak lama dalam bidang pengiriman dan pembayaran. Ada pun, Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi juga bekerja sama dengan Kantor Pos dalam pembayaran pelanggan. Berikut adalah kantor pos yang bisa kamu kunjungi untuk membayar tagihan PDAM.

    1. Kantor Pos Sipin di Jalan Slamet Riyadi.
    2. Kantor Pos Telanaipura di Jalan Jendral A Thalib.
    3. Kantor Pos Patimura di Jalan Kapten Patimura.
    4. Kantor Pos Simpang Rimbo di Jalan Lingkar Barat II RT 04.
    5. Kantor Pos Mayang di Rd Saifudin.
    6. Kantor Pos Sipin Ujung di Jalan Hos Cokroaminoto.
    7. Kantor Pos Kotabaru di Jalan Pangeran Hidayat.
    8. Kantor Pos Thehok di Jalan Kol Pol M Thaher.
    9. Kantor Pos Jelutung di Jalan DI Panjaitan.
    10. Kantor Pos Bandara di Jalan Soekarno Hatta.
    11. Kantor Pos Jambi Timur di Jalan Pakubuwono.
    12. Kantor Pos Payo Selincah di Jalan Sentot Abiasa.
    13. Kantor Pos Kenali Asam di Jalan Surya Darma.
  3. Agen PPOB Pos

    Masih bekerja sama dengan Pos Indonesia, pembayaran tagihan PDAM pelanggan di Jambi juga bisa dibayarkan melalui agen pos yang tersebar di Kota Jambi. Beberapa di antaranya, Agen Pos Berkah di Perumahan Bumi Mayang Mangurai, Agen Pos Tata di Jalan Griya Mayang Asri, Koperasi Tona Perhatian di Jalan Komplek Kehutanan, dan lainnya. Informasi agen bayar Pos lainnya bisa kamu dapatkan melalui https://www.tirtamayang.com/pdamrek/ .

  4. Agen PPOB Griya Bayar

    Kemudian, terdapat berbagai agen griya bayar yang sudah bekerja sama dengan Perumdam Tirta Mayang untuk membayar tagihan. Beberapa di antaranya adalah Ke_Mart di PLN Telanai, Loket Panca di Jalan Manggaan, serta agen Kembar Lestari di Kenali Besar.

  5. Kantor Kas dan ATM Jambi

    Sebagai bank daerah, Bank Jambi bisa kamu manfaatkan untuk membayar tagihan air PDAM. Kamu bisa mengunjungi Kantor Pusat Bank Jambi, Kantor Cabang, dan berbagai gerai ATM Bank Jambi.

  6. Bank BTN

    Pembayaran tagihan PDAM di Jambi pun bisa kamu lakukan melalui Bank Tabungan Negara (BTN), yakni Bank BTN Cabang Jambi, Bank BTN Hayam Wuruk, Bank BTN KCP Jelutung, Bank BTN KK Simpang Rimbo, Bank BTN KK Mayang, Bank BTN KK Angso Duo, Bank BTN Kantor Kas Selincah, dan Bank BTN KK LPO Jambi.

  7. Agen PPOB FastPay

    Melalui agen PPOB FastPay, kamu juga bisa membayar tagihan PDAM. Kamu bisa mendatangi berbagai agen FastPay di kota Jambi. Untuk informasi agen dan lokasi, kamu bisa melihat di situs resmi Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi https://www.tirtamayang.com/pdamrek/.

  8. Gerai Minimarket

    Saat ini, berbagai gerai minimarket di Indonesia menyediakan fasilitas pembayaran dan transaksi keuangan. Termasuk pembayaran tagihan PDAM di Jambi juga bisa dilakukan di berbagai minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. 

  9. Aplikasi Mobile

    Perkembangan digital juga mendukung pembayaran tagihan air PDAM semakin mudah melalui smartphone. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi mobile dengan mengunduh melalui Play Store dan App Store. Beberapa aplikasi tersebut, antara lain Tokopedia, Shopee, Dana, Link Aja, dan lainnya.

    Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung

Jenis Layanan PDAM

PDAM memberikan layanan berupa langganan ketersediaan air bersih bagi tempat tinggal di seluruh kota dan provinsi di Indonesia. Melalui situs Perumdam Tirta Mayang Kota Jambi, ada beberapa jenis layanan yang disediakan, seperti layanan pasang baru, ganti meter air, air mobil tangki, serta layanan pasang baru.

Kamu bisa mengunjungi website PDAM Jambi, lalu memilih menu layanan pelanggan dan akan muncul beberapa pilihan layanan. Di sana terdapat syarat dan ketentuan pada setiap layanan yang ingin dipilih.

Ketahui Informasi PDAM Jambi melalui Situs Resmi

Nah, demikianlah beberapa informasi terkait PDAM Jambi, mulai dari cara cek tagihan PDAM, cara membayar, serta jenis layanan yang tersedia. Untuk mengetahui informasi lengkap seputar PDAM Jambi, kunjungi situs resmi di https://www.tirtamayang.com/pdamrek/. Terutama, bagi kamu pelanggan PDAM di Kota Jambi tentu perlu mengetahui berbagai informasi secara berkala.

Misalnya, terkait jumlah tagihan pembayaran setiap bulan. Kemudian, informasi jenis layanan yang dibutuhkan. Semoga informasi seputar PDAM Jambi tersebut dapat bermanfaat untuk kamu yang berlangganan, ya!

Baca Juga: Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Kota Malang

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement