Senin 11 Sep 2023 18:00 WIB

Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Bandung

Jangan sampai telat bayar!, ketahui cara cek dan bayar tagihan PDAM Bandung berikut ini! Warga Bandung wajib tau!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bandung sudah mengaliri kebutuhan air masyarakat sejak 1926. Saat itu, namanya masih Water Leiding Beedrijf di bawah pengawasan pemerintah Belanda. 

Cakupannya masih terbatas, yaitu baru daerah Lembang dan Cimahi. Lau, pada 1977, dibuatlah Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Bandung Nomor XVII Tahun 1977 tentang Pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum untuk wilayah Kabupaten Bandung. 

Pada 2005, PDAM Kabupaten Bandung mengoperasikan PDAM Tirta Raharja untuk mendistribusikan air baku. Dan pada 2019, berdasarkan Perda Kabupaten Bandung Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Raharja, perusahaan disahkan menjadi Perumda Air Minum Tirta Raharja. 

Saat ini, PDAM Tirta Raharja telah 100 persen tersambung ke seluruh pelanggan yang berada di Kabupaten Bandung. Para pelanggan ini tersebar di empat wilayah, yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Purwakarta.

Informasi terkait PDAM Tirta Raharja dapat dilihat melalui situs resminya pada laman https://www.tirtaraharja.co.id/. Pada laman in, pelanggan dapat mengecek tagihan, pembayaran, dan hitungan tarif dari penggunaan air setiap bulan. 

Baca juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

 

Cara Cek Tagihan PDAM Tirta Raharja

pdam bandung

PDAM Bandung

Untuk mengecek tagihan PDAM Tirta Raharja, pelanggan memiliki banyak pilihan cara. Jika membutuhkan informasi yang detail, pelanggan dapat langsung datang ke kantor pusat. Namun, jika memilih cara yang praktis, pengecekan tagihan PDAM Tirta Raharja dapat dilakukan secara online. 

Berikut penjelasan lengkapnya. 

  1. Ke Kantor Pusat PDAM Tirta Raharja 

    Pelanggan dapat mengecek tagihan dengan berkunjung ke Kantor Pusat PDAM Tirta Raharja yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi KM 3, Cipageran, Kota Cimahi. Pengecekan tagihan PDAM Tirta Raharja akan dibantu oleh petugas di loket pelayanan. 

    Persiapkan nomor sambung untuk memudahkan proses pengecekan. Selain tagihan, pelanggan juga bisa mengecek jika ada denda yang harus dibayarkan. 

  2. Melalui sambungan telepon

    Mengecek tagihan PDAM Tirta Raharja dapat dilakukan dengan sambungan telepon pada nomor 0226654184. Petugas yang melayani akan memberikan informasi seputar tagihan yang harus dibayarkan pelanggan. 

  3. Melalui situs resmi PDAM Tirta Raharja

    Tagihan PDAM Tirta Raharja dapat dicek melalui situs resmi perusahaan, yaitu https://www.tirtaraharja.co.id/ . Masuk ke laman utama, lalu pilih menu “Info”. Selanjutnya, masukan nomor sambung, dan tekan “Enter”.

    Hasil pengecekan tagihan PDAM TIrta Raharja akan keluar secara rinci, mulai dari nama, alamat, status pelanggan, golongan, rayon, hingga jumlah tagihan. Informasi ini dapat menjadi acuan bagi pelanggan jika ingin membayar tagihan.

  4. Menggunakan aplikasi Mobile TIRAQU

    PDAM Tirta Raharja menghadirkan kemudahan untuk pelanggan dalam mengecek tagihan dengan menggunakan Mobile TIRAQU. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. 

    Pertama-tama, pelanggan harus mendaftarkan nomor sambung ke aplikasi. Setelah itu, cari menu “Informasi Tagihan”. Karena nomor sambung sudah terdaftar, TIRAQU dapat langsung menampilkan informasi tagihan PDAM Tirta Raharja yang harus dibayarkan pelanggan. 

  5. Lewat marketplace dan e-commerce

    Pengecekan tagihan PDAM Tirta Raharja juga dapat diketahui dengan lewat marketplace dan e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, Bebas Bayar, dan Ralai.

    Itulah lima cara yang dapat dilakukan untuk mengecek tagihan PDAM Tirta Raharja yang perlu diketahui. Cara ini dapat membantu pelanggan dalam memperkirakan dana yang harus dipersiapkan saat pembayaran. 

    Baca juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Cara Bayar Tagihan PDAM Tirta Raharja

bayar tagihan pdam bandung

Bayar Tagihan PDAM Bandung

Pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pelanggan bisa datang langsung ke kantor pusat atau kantor wilayah dan mengandalkan pembayaran online. Berikut penjelasan lengkapnya. 

  1. Ke Kantor Layanan PDAM Tirta Raharja

    Jika datang ke kantor pusat untuk mengecek tagihan, pelanggan bisa sekalian melakukan pembayaran. Proses pembayaran akan dibantu oleh petugas hingga transaksi selesai. Jangan lupa untuk memastikan bahwa tagihan yang harus dibayarkan sama seperti saat pengecekan sebelumnya. 

  2. Kantor Wilayah PDAM Tirta Raharja

    PDAM Tirta Raharja juga membuka layanan bayar tagihan di sejumlah kantor wilayah yang tersebar di beberapa lokasi. Berikut di antaranya:

    • Wilayah Pelayanan I di Jalan Raya Soreang-Banjar KM 1,3
    • Wilayah Pelayanan III di Jalan Raya Laswi Nomr 366 Kp Jongor
    • Wilayah Pelayanan III di Jalan Bojongrengas Nomor 77
    • Wilayah Pelayanan IV di Jalan Raya Padalarang
    • Wilayah Pelayanan IV di Plaza Sangkuriang Cimahi Jalan Sangkuriang
    • Wilayah Pelayanan II di Komplek Damar Mas Raya Nomor 2
    • Wilayah Pelayanan III di Jalan Tulip Raya Nomor 20 Komplek Bumi Rancaekek
    • Wilayah Pelayanan III di Komplek Permata Biru Blok AE Nomor 1
    • Wilayah Pelayanan III di Jalan Dipatiukur Nomor 15
    • Wilayah Pelayanan II di Jalan Pahlawan Nomor 88
    • Wilayah Pelayanan II di Komplek Matahari Residence Blok G Nomor 18
    • Wilayah Pelayanan IV di Jalan Sukatani Cililin
    • Wilayah Pelayanan IV di Jalan Sinar Jaya Nomor 86
    • Wilayah Pelayanan IV di Jalan Warung Domba Cikalong Wetan
    • Wilayah Pelayanan IV di Jalan Raya Lembang Nomor 285
    • Wilayah Pelayanan IV di Jalan Kolonel Masturi Nomor 514
  3. Kantor Pos Indonesia

    Pelanggan juga bisa membayar tagihan PDAM Tirta Raharja di Kantor Pos Indonesia yang berada di Kabupaten Bandung. Caranya, datang langsung ke Kantor Pos Indonesia terdekat, lalu sebutkan nomor sambung kepada petugas. 

    Selanjutnya, petugas akan memberitahu besaran tagihan PDAM Tirta Raharja kepada Pelanggan. Lalu, proses pembayaran akan selesai setelah pelanggan membayar sesuai dengan nominal yang tertera. 

  4. ATM

    PDAM Tirta Raharja telah bekerja sama dengan sejumlah bank untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran. Beberapa bank di antaranya:

    • BRI
    • Bank BJB
    • BTN
    • BNI

    Untuk melakukan pembayaran lewat ATM, pelanggan harus memasukan kode PDAM Tirta Raharja ketika menggunakan ATM. Lanjutkan dengan memasukan nomor pelanggan dan bayar tagihan sesuai dengan nominal yang tertera pada layar ATM. 

  5. Marketplace dan e-commerce 

    Tahap pembayaran tagihan PDAM Tirta Raharja dapat dilanjutkan dari pengecekan tagihan pada marketplace dan e-commerce. Biasanya, pilihan bayar akan muncul ketika informasi tagihan keluar. 

    Lanjutkan langkah tersebut, lalu ikuti instruksinya. Tunggu sampai layanan menyatakan bahwa pembayaran telah berhasil untuk memastikan tagihan PDAM Tirta Raharja telah selesai dibayarkan. 

  6. Lewat situs PDAM Tirta Raharja

    Jika pelanggan mengakses situ resmi PDAM Tirta Raharja https://www.tirtaraharja.co.id/, temukan menu “Pembayaran QRIS”. Lalu, ini nomor sambung dan tekan Enter. 

    Selanjutnya, kode QRIS akan terlihat. Pelanggan dapat memindai kode melalui ponsel. Lanjutkan pembayaran dengan e-wallet atau mobile banking. Tunggu sampai ada notifikasi pembayaran sukses sebagai tanda bahwa tagihan PDAM Tirta Raharja telah terbayarkan. 

    Itulah enam cara yang dapat dipilih untuk membayar tagihan PDAM Tirta Raharja. Tentukan cara pembayaran sesuai dengan kebutuhan dan pastikan untuk tidak telah membayar agar tidak mengalami gangguan atau kendala dalam proses distribusi air oleh PDAM Tirta Raharja.

    Baca juga: Cek Tagihan Air PDAM Surabaya, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

Layanan PDAM Tirtaraharja

PDAM Tirta Raharja membuka layanan pengaduan yang dapat diakses melalui laman https://www.tirtaraharja.co.id/. Pilin menu “Kontak Kami” dan isi kolom yang telah disediakan, seperti nama, email, subjek, dan isi pesan. Jangan lupa mengisi kode captcha.

Pada menu tersebut, pelanggan dapat melaporkan jika ada keluhan atau gangguan terkait layanan PDAM Tirta Raharja.

Selain itu PDAM Tirta Raharja juga menyediakan layanan Perhitungan Tarif melayu lama resminya. Caranya juga sangat mudah, yaitu cukup pilih golongan dan ukuran water meter yang digunakan. Selanjutnya, masukkan perkiraan pemakaian air dalam satuan meter kubik.

Tekan “Hitung Tagihan” dan informasi detail perhitungan akan muncul secara detail, seperti beban tetap, biaya administrasi, dan total tagihan PDAM Tirta Raharja yang harus dibayarkan.

Informasi PDAM Tirta Raharja

Itulah informasi PDAM Tirta Raharja yang wajib diketahui oleh pelanggan yang berada Kabupaten Bandung. Gunakan informasi ini untuk memudahkan pengecekan tagihan dan pembayaran air di PDAM Tirta Raharja.

Baca juga: Hemat Tagihan PDAM dengan Terapkan 4 Kegiatan Sederhana Ini di Rumah

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement