Kamis 14 Sep 2023 15:30 WIB

Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Padang

Bagi warga Padang, ketahui cara cek dan bayar tagihan air agar tidak telat bayar. Ketahui juga layanan yang disediakan oleh PDAM Padang berikut ini!

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan pemasok utama air bersih. Adapun air yang dialirkan oleh PDAM diambil dari sumber alam, seperti sungai atau mata air, lalu dialirkan ke rumah-rumah warga. Dengan PDAM, air bersih bisa disalurkan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, mencuci, irigasi, dan menjaga kebersihan. PDAM pun selalu memastikan pasokan air bersih yang disediakan selalu mudah didapat dan berkualitas. 

PDAM tersebar di seluruh wilayah. Adapun di Pulau Sumatra, tepatnya di Ibu Kota Sumatra Padang, perusahaan yang bertanggung jawab dalam penyaluran air bersih adalah PDAM Padang. PDAM Padang pun menyalurkan air bersih lewat pipa-pipa yang tersebar di seluruh wilayah Padang.

Nah, bagi masyarakat Padang pengguna PDAM, yuk simak sejumlah informasi terkait PDAM Padang. Informasi yang tertera mencakup cara cek tagihan PDAM, cara membayar tagihan PDAM Padang, jenis layanan yang diberikan, dan informasi terkait layanan. 

Baca juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

 

Cara Cek Tagihan PDAM Padang

pdam bandung

PDAM Bandung

Untuk pemakaian, para pelanggan PDAM dikenai tagihan berdasarkan besaran pemakaian air. Untuk mengecek jumlah tagihan, PDAM Padang menyediakan metode-metode tertentu, baik secara luring maupun daring. Simak penjelasan berikut.

  1. Mendatangi Kantor PDAM Padang

    Cara luring pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek tagihan PDAM adalah dengan mendatangi kantor layanan PDAM Padang, yakni Perumda Air Minum Kota Padang. Perlu diketahui, kantor layanan PDAM terbagi menjadi tiga wilayah, yakni wilayah pusat, wilayah utara, dan wilayah selatan.

    Adapun wilayah pusat beralamat di Jln. Haji Agus Salim No. 10, Sawahan, Padang Timur. Wilayah utara terletak di Jln. Adinegoro No. 43, Parupuk Tabing, Koto Tangah. Lalu, wilayah selatan berlokasi di Jln. Raya Rimbo Data No. 5, Lubuk Kilangan.

    Setelah mendatangi kantor wilayah terdekat, silakan hubungi unit bagian terkait yang menyediakan layanan cek tagihan. 

  2. Melalui Website Resmi Perumda Air Minum Kota Padang

    PDAM Padang menyediakan cara praktis untuk mengecek tagihan, yakni secara daring melalui website www.pdampadang.co.id. Untuk mengetahui tagihan, cukup masuk ke beranda dan pilih opsi Layanan Online. Setelah itu, klik opsi Cek Tagihan Rekening

    Setelah mengeklik opsi tersebut, akan muncul laman pengecekan tagihan rekening. Masukkan nomor sambungan, isi kode captcha, dan ketuk opsi Cek. Nah, nominal tagihanmu telah terlampir!

  3. Melalui Aplikasi KabarAia

    PDAM Padang memudahkan para pelanggan untuk mengecek tagihan dengan meluncurkan aplikasi KabarAia. Aplikasi resmi dari PDAM ini dapat diunduh melalui PlayStore. Adapun salah satu fitur yang tersedia adalah cek tagihan secara daring.

    Selain itu, aplikasi KabarAia juga menyediakan layanan pengecekan akun PDAM, pemberitahuan kerusakan, dan informasi terkini terkait PDAM Padang. Mudah dan praktis, bukan?

  4. Menghubungi Call Center

    Cara daring lain yang bisa dilakukan untuk mengecek tagihan adalah dengan menghubungi call center. Saluran telepon resmi PDAM Padang yang menyediakan layanan pengecekan tagihan ada di nomor (0751) 22789. Selain pengecekan tagihan, pelanggan juga bisa melakukan pengaduan di nomor tersebut.

Cara Bayar Tagihan PDAM Padang

bayar tagihan pdam padang

Cara Bayar Tagihan PDAM Padang

Setelah mengetahui besaran tagihan PDAM, ada baiknya untuk segera membayar tagihan. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisasi denda dan pemutusan layanan PDAM di kemudian hari. Berikut adalah sejumlah cara bayar tagihan PDAM Padang.

  1. Membayar Langsung di Kantor Layanan PDAM Padang

    Selain untuk mengecek tagihan, kantor layanan PDAM Padang juga menerima layanan pembayaran. Layanan ini berlaku di seluruh kantor wilayah PDAM Padang, baik pusat, utara, maupun selatan. Apabila memilih opsi pembayaran langsung, pastikan membawa uang tunai yang cukup, ya.

  2. Membayar di Kantor Pos

    PDAM Padang memudahkan para pelanggan untuk membayar tagihan PDAM di kios-kios Kantor Pos terdekat. Adapun daftar Kantor Pos yang bisa menjadi pilihan adalah sebagai berikut.

    1. Kantor Pos Padang: Jln. Baginda Azis Chan no. 7
    2. Kantor Pos Padang Khatib: Jln. Khatib Sulaiman 
    3. Kantor Pos Padang Nanggalo: Jln. Siteba, Surau Gadang, Nanggolo
    4. Kantor Pos Aur: Jln. Aur No. 2
    5. Kantor Pos Padang Bandar Buat: Bandar Buat, Lubuk Kilangan
    6. Kantor Pos Unand Limau Manis: Kampus Unand, Jln. Raya Koto Tuo, Limau Manis, Paud
    7. Kantor Pos Padang Muaro: Jln. Nipah No. 28, Berok Nipah, Padang Baru
    8. Kantor Pos Padang Kuranji: Jln. Durian Tarung, Pasar Ambacang, Kuranji
    9. Kantor Pos Padang Padangpasir: Hon. Pasang Pasir, Nanggalo
    10. Kantor Pos Lubuk Begalung: Jln. Teluk Bayur, Padang Selatan
    11. Kantor Pos Ulak Karang: Jln. S. Parman No. 183, Ulak Karang Selatan
    12. Kantor Pos Alai: Jln. Teuku Umar, Alai Parak Kopi, Padang Utara
    13. Kantor Pos Lubuk Buaya: Jln. Adinegoro No. 4, Lubuk Buaya, Koto Tangah
    14. Kantor Pos Belimbing: Jln. Raya Perumnas Belimbing, Padang Besi, Lubuk Kilangan
    15. Kantor Pos Mata Air: Jln. Sultan Syahrir No. 259, Mata Air, Padang Selatan
    16. Kantor Pos Lubuk Lintah: Kelurahan Lubuk Lintah, Pasar Ambacang, Kuranji
    17. Kantor Pos Padang Magek Selatan: Jln Gibah, Padang Magek Selatan, Oli, Padang Barat
    18. Kantor Pos Indarung: Komplek PT Semen Padang, Indarung, Lubuk Kilangan

    Itulah Kantor Pos Padang beserta alamat lengkap yang bisa didatangi untuk membayar tagihan PDAM. Karena merupakan pembayaran luring, jangan lupa siapkan uang tunai saat membayar, ya.

    Baca juga: Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Makassar, Bisa Lewat Website dan Aplikasi

  3. Melalui Bank Rekanan

    PDAM Padang memiliki sejumlah bank rekanan yang bisa dijadikan opsi untuk membayar tagihan PDAM. Adapun bank rekanan tersebut meliputi Bank Nagari, Bank Bukopin, Bank Mandiri Syariah, Bank Muamalat, Bank BTN, dan Bank Mega Syariah. Pembayaran bisa dilakukan dengan mendatangi teller bank rekanan terdekat.

    Adapun untuk Bank Nagari, pelanggan yang memiliki mobile banking dapat langsung melakukan pembayaran secara daring. Dengan demikian, pembayaran menjadi semakin praktis.

  4. Melalui E-Wallet dan E-Commerce

    Tak hanya memiliki rekanan bank, PDAM Padang juga bekerja sama dengan sejumlah aplikasi e-wallet dan e-commerce kesayangan pelanggan. Oleh karena itu, pembayaran tagihan dapat dilakukan pada aplikasi tersebut. Sebut saja. Link Aja, Gojek, Tokopedia, dan Shopee.

    Pembayaran lewat aplikasi tersebut memungkinkan warga yang tidak memiliki rekening bank rekanan PDAM untuk membayar tagihan secara mudah dan praktis. Opsi pembayaran ini juga meminimalisasi mobilisasi sehingga cocok untuk pelanggan yang memiliki banyak kesibukan.

Layanan PDAM Padang

Selain pengecekan dan pembayaran tagihan, PDAM Padang juga memiliki sejumlah layanan yang bisa diakses oleh pelanggan. Adapun layanan yang tersedia adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftaran Pemasangan 

    Bagi warga yang belum memiliki saluran PDAM dan ingin melakukan pemasangan, PDAM Padang menyediakan layanannya. Caranya cukup mudah, datangilah kantor layanan PDAM Padang sambil membawa fotokopi KTP dan KK. Setelah itu, PDAM Padang akan melakukan verifikasi. Apabila lolos, pemohon akan diarahkan untuk melunasi biaya pemasangan. Setelah lunas, PDAM pun akan dipasang.

  2. Pengaduan

    PDAM Padang bekerja keras memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Oleh karena itu, perusahaan ini terbuka terhadap pengaduan masalah terkait PDAM. Adapun pengaduan dapat dilakukan dengan menghubungi call center atau mengirim pesan melalui surel dengan alamat [email protected]

Informasi Resmi terkait PDAM Padang

PDAM Padang menyediakan banyak informasi terkini terkait air bersih dan layanan. Sebagai masyarakat Padang, mengetahui informasi PDAM dari situs yang resmi perlu dilakukan. Hal ini agar terhindar dari hoaks dan kabar burung.

Adapun informasi yang lengkap dimuat di website resmi PDAM Padang, yakni www.pdampadang.co.id. Laman ini menyediakan informasi terkait siaran pers, perbaikan, gangguan, dan pemaksimalan layanan. 

Pelanggan juga bisa mengunjungi PDAM Padang di akun media sosial resmi, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Berikut adalah daftar akun media sosial resmi PDAM Padang 

  1. Facebook: PDAM Kota Padang
  2. Twitter: @PDAMpdg
  3. Instagram: @humasperumda.airminum

Ikuti terus media sosial tersebut untuk mengetahui informasi terkini terkait layanan PDAM Kota Padang, ya.

Itulah informasi terkait PDAM Kota Padang, cara mengecek tagihan, cara membayar tagihan, layanan yang disediakan, dan akun media sosial resmi. Yuk, masyarakat Padang, selalu pantau penggunaan PDAM agar terhindar dari denda dan pemutusan. Ikuti juga akun media sosial resmi PDAM Padang agar selalu mendapatkan informasi mutakhir, ya.

Baca juga: Hemat Tagihan PDAM dengan Terapkan 4 Kegiatan Sederhana Ini di Rumah

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement