Senin 18 Sep 2023 00:00 WIB

Cara Mengecek dan Membayar Tagihan PDAM Sendang Kamulyan, Khusus Warga Kabupaten Batang

Cek tagihan PDAM Sendang Kamulyan juga dapat dilakukan dengan aplikasi Banyu yang dapat diakses kapan saja. Berikut penjelasannya. 

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Masyarakat Batang menerima distribusi air baku dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Bayang atau PDAM Sendang Kamulyan. Sejak 1985, PADAM Sendang Kamulyan senantiasa meningkatkan layanannya agar distribusi air dapat menjangkau seluruh area di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Sebelum berganti nama, PDAM Sendang Kamulyan dulunya bernama Badan Pengelola Air Minum Batang. Ketika menemukan sumber air di Kecamatan Batang, PDAM Sendang Kamulyan segera membangun jaringan air bersih peninggalan pemerintahan Belanda.

Kemudian, PDAM Sendang Kamulyan diresmikan sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Batang Nomor 2 Tahun 1993 tentang Perusahaan Daerah Air Minum.

Hingga saat ini, PDAM Sendang Kamulyan telah tersambung ke 57.338 rumah. Adapun wilayah yang telah tersambung dengan PDAM Sendang Kamulyan adalah Batang, Limpung, Blado, Wonotunggal, Tulis, Gringsing, Warungasem, Bandar, Reban, Bawang, Tersono, Subah, Kandeman, dan Pecalungan.

Informasi mengenai PDAM Senang Kamulyan lebih lengkap dapat diakses melalui situs resminya, https://www.pdambatang.co.id/. Melalui laman ini, pelanggan dapat mengecek tagihan, melaporkan gangguan, dan mengetahui informasi terbaru terkait layanan PDAM Sendang Kamulyan.

 

Cek Tagihan PDAM Sendang Kamulyan

pdam batang

Bagi masyarakat Kabupaten Batang yang ingin mengecek tagihan PDAM Sendang Kamulyan, dapat melakukan berbagai cara. Misalnya, dengan datang langsung ke Kantor Pusat atau unit layanan lainnya.

Cek tagihan PDAM Sendang Kamulyan juga dapat dilakukan dengan aplikasi Banyu yang dapat diakses kapan saja. Berikut penjelasannya. 

1. Ke Kantor Pusat PDAM Sendang Kamulyan

Masyarakat Kabupaten Batang dapat berkunjung di Kantor PDAM Sendang Kamulyan yang berlokasi di Jalan Dr Wahidin Nomor 50. Jangan ragu untuk meminta bantuan petugas jika ingin mengetahui tagihan PDAM Sendang Kamulyan di sana.

2. Melalui Website PDAM Sendang Kamulyan

Pelanggan dapat mengecek tagihan PDAM Sendang melalui tautan https://cek.pdambatang.co.id/. Caranya, masukan nomor sambung, nama, atau alamat yang dituju ke kolom pada laman.

Selanjutnya, klik “Cek Tagihan” dan tunggu beberapa saat. Rincian tagihan PDAM Sendang Kamulyan akan muncul secara detail.

3. Melalui sambungan telepon

Tagihan PDAM Sendang Kamulyan juga dapat dicek melalui sambungan telepon ke nomor 0285449311. Jika sudah terhubung dengan petugas, sebutkan nomor sambung yang ingin diperksa tagihannya.

Petugas akan segera melakukan pengecekan dan memberikan informasi tagihan PDAM Sendang Kamulyan secara rinci, termasuk jika ada denda.

4. Cek via SMS

Selain lewat sambungan telepon, pelanggan juga dapat mengecek tagihan PDAM Sendang Kamulyan dengan SMS ke nomor 0816812020.

Kirim format SMS, yaitu Cek(spasi)Nomor Sambung dan langsung kirim ke nomor tersebut. Pelanggan akan menerima SMS balasan yang berisi besaran tagihan PDAM Sendang Kamulyan.

5. Aplikasi Banyu

Cek tagihan PDAM Sendang Kamulyan juga bisa dilakukan dengan aplikasi Banyu. Aplikasi ini dikembangkan oleh PDAM Sendang Kamulyan untuk memudahkan pelanggan dalam mencari informasi terkait layanan dan tagihan.

Pertama, tentu pelanggan harus mengunduh Banyu yang tersedia di Playstore. Jika sudah masuk pada halaman utama, pilih “Cek Tagihan” dengan memasukan nomor sambung. Aplikasi akan menampilkan rincian tagihan.

Itulah lima cara untuk mengecek tagihan PDAM Sendang Kamulyan. Pelanggan dapat mendatangi langsung Kantor PDAM Sendang Kamulyan yang dapat memberikan informasi lebih lengkap.

Jika ingin praktis, pelanggan dapat menggunakan SMS atau aplikasi Banyu untuk mengecek tagihan PDAM Sendang Kamulyan.

Baca Juga: Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM Kota Malang

Cara Bayar Tagihan PDAM Sendang Kamulya

Setelah mengetahui tagihan, langkah selanjutnya adalah membayarnya. Pelanggan dapat membayar tagihan PDAM Sendang Kamulyan dengan berbagai cara. Misalnya dengan berkunjung ke unit layanan untuk menerima informasi yang lebih lengkap atau dengan mengandalkan Banyu.

Ingat untuk mempersiapan nomor sambung untuk mempermudahkan proses pembayaran. Berikut penjelasannya.

1. Kantor Layanan PDAM Sendang Kamulyan

Pelanggan dapat datang ke Kantor PDAM Sendang Kamulyan untuk membayar tagihan. Prosesnya sama seperti ketika ingin  mengecek tagihan yang akan dibantu oleh petugas. Jika sudah mengetahui besaran tagihan PDAM Sendang Kamulyan, lanjutkan dengan pembayaran di loket yang sama.

2. Unit PDAM Sendang Kamulyan

Selain ke kantor pusat, tagihan PDAM Sendang Kamulyan juga bisa dibayarkan melalui unit atau cabang yang tersebar di sejumlah lokasi. Berikut daftarnya.

  • Cabang Bandar di Jalan Raya Bandar Nomor 86
  • Unit Wonotunggal di Jalan Raya Brayo KM 10 Wonotunggal
  • Unit Blado di Jalan Baldo-Pagaliran KM 01 Blado
  • Unit Warungasem di Jalan Raya Cepagan Warungasem
  • Cabaung Tulis di Jalan Segayung KM 0,1
  • Cabang Limpung di Jalan Imam Bonjol Gepor Limpung
  • Cabang Subah di Jalan Liyangan, Jatisari
  • Cabang Tersono di Jalan Raya Pujut KM 01
  • Cabang Gringsing di Jalan Raya Kotasari
  • Cabang Bawang di Jalan Walisongo KM 0,1

3. Pos Indonesia

Pelanggan juga bisa membayar tagihan PDAM Sendang Kamulyan di Agen Pos Indonesia di berbagai wilayah Kabupaten Batang. Caranya, cukup menyebutkan nomor sambung kepada petugas, lau transaksi akan diproses. Petugas akan memberikan struk atau kwitansi sebagai bukti jika tagihan PDAM Sendang Kamulyan sudah dibayarkan.

4.  ATM

PDAM Sendang Kamulyan telah bekerja sama dengan beberapa bank untuk memudahkan pembayaran tagihan. Adapun beberapa tersebut adalah:

  • Bank Jateng
  • BNI
  • BTN

Pastikan pelanggan telah mengetahui kode PDAM Sendang Kamulyan jika ingin membayar tagihan lewat ATM. Masukan nomor sambung dan lakukan pembayaran sesuai tagihan yang tertera pada layar.

5. Koperasi dan PPOB

PDAM Sendang Kamulyan bekerja sama dengan Koperasi BMT Bahtera untuk membayar tagihan. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 4 di daerah Kauman. Tagihan PDAM Sendang Kamulyan juga bisa dibayarkan melalui PPOB Adzikru Mitra Sejahtera.

6. E-commerce

Pembayaran tagihan PDAM Sendang Kamulyan juga bisa dilunasi secara online di e-commerce yang telah bekerja sama, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Blibli. Kamu dapat memilih menu “Bayar” atau “Tagihan” yang terdapat pada laman e-commerce.

Selain itu, Indometer juga menerima pembayaran online melalui marketplace klikindomaret. Masukan nomor sambung ke kolom yang disediakan, dan lakukan pembayaran.

Itulah enam cara yang bisa dilakukan untuk membayar tagihan PDAM Sendang Kamulyan. Jangan lupa untuk bayar tagihan PDAM Sendang Kamulyan tepat waktu agar tidak mengalami kendala.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Bayar PDAM Kab Badung

Layanan PDAM Sendang Kamulyan

PDAM Sendang Kamulyan membuka layanan pengaduan yang dapat dilaporkan melalui aplikasi Banyu. Caranya, buka aplikasi Banyu, lalu pilih menu “Pengaduan”.

Masukan nomor sambung atau nama dan alamat pelanggan. Tulis kolom Keterangan terkait gangguan yang dialami, seperti kebocoran pipa, air kecil, dan masalah lainnya.

PDAM Sendang Kamulyan langsung menindaklanjuti keluhan dengan mengirimkan petugas ke lokasi pelanggan jika diperlukan, Jika dibutuhkan perbaikan, pelanggan dapat memantau progresnya di aplikasi Banyu lengkap dengan status, tanggal, dan nama petugas.

Banyu juga dapat digunakan untuk menghitung simulasi tarif pelanggan. Caranya, pilih golongan pelanggan di PDAM Sendang Kamulyan, lalu masukkan jumlah kubikasi, dan tekan “Hitung”.

Banyu akan menampilkan perkiraan tarif yang akan dikenakan kepada pelanggan secara detail. Informasi ini dapat dijadikan acuan untuk pelanggan ketika ingin membayar tagihan PDAM Sendang Kamulyan.

Selain itu, Banyu juga memuat informasi terbaru tentang PDAM Sendang Kamulyan, seperti jika ada gangguan atau perbaikan.

Informasi Tentang PDAM Sendang Kamulyan

Itulah informasi yang perlu diketahui masyarakat Kabupaten Batang terkait PDAM Sendang Kamulyan. Pelanggan dapat mencari informasi lebih lengkapnya di situs https://www.pdambatang.co.id.

Jadi, jika kamu warga Kabupaten Batang dan pelanggan PDAM Sendang Kamulyan, manfaatkan layanan cek tagihan, pembayaran, dan pelaporan gangguan melalui website atau aplikasi Banyu. Jangan lupa untuk membayar tagihan tepat waktu agar tidak mengalami gangguan distribusi air dari PDAM Sendang Kamulyan.

Baca Juga: Cara Cek Tagihan dan Pembayaran PDAM Intan Banjar

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement