Ahad 24 Sep 2023 18:00 WIB

Cara Cek Tagihan PDAM Tirta Musi Beserta Layanannya

Bagi warga Palembang, sudah tahukah kamu lembaga yang mendistribusikan air baku dan bersih di Kota Palembang? Yuk, kenalan dengan PDAM Tirta Musi.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kebutuhan air baku dan bersih masyarakat di Kota Palembang didistribusikan oleh Perusahaan Air Bersih kota Palembang. Namun, mulanya perusahaan ini dikelola oleh pemerintah Belanda, tepatnya pada 1929, dengan nama Palembang Water Leading.

Sumber air berlokasi di 3 ilir yang memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat di hampir seluruh wilayah Palembang. Pada 1933, Palembang Water Leading membangun satu instalasi untuk memaksimalkan layanan dan memperluas cakupan distribusi.

Selanjutnya, pengelolaan air baku diambil alih oleh Pemerintah Kotamadya Palembang di bawah Seksi Teknik Air Bersih Dinas Pekerjaan Umum. Keputusan ini tertuang pada Surat Putusan Walikota Madya Palembang yang disahkan pada 21 Agustus 1963.

Pada 1967, Palembag Water Leading berganti nama menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kotamadya Daerah Tingkat II Palembang Nomor 1/Perda/Huk/1976.

Saat ini, PDAM Tirta Musi telah memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Palembang. Tercatat ada 320.900 pelanggan yang menerima distribusi air baku dari PDAM Tirta Musi.

Sesuai dengan misi yang dicanangkan, PDAM Tirta Musi berkomitmen untuk menjadi penyedia air minum yang anda dan berprinsip pada pelayanan 4K (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas, dan Keterjangkauan). Selain itu, PDAM Tirta Musi juga memiliki visi menjadi penyedia air yang unggul dan mampu berperan sebagai pengelola air limbah di Indonesia pada 2028.

Informasi lebih lengkap mengenai PDAM Tirta Musi dapat ditemukan di laman resminya, http://www.tirtamusi.com/layanan.php. Laman ini juga dapat digunakan pelanggan untuk mengecek tagihan dan mencari layanan yang diberikan PDAM Tirta Musi.

 

Cara Mengecek Tagihan PDAM Tirta Musi

Pdam Tirta Musi

PDAM Tirta Musi (Sumber: fornews.co)

Mengecek tagihan PDAM Tirta Musi dapat membantu pelanggan dalam menentukan anggaran yang harus dipersiapkan. PDAM Tirta Musi telah menyediakan berbagai cara untuk memudahkan pelanggan melakukan pengecekan tagihan. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Ke Kantor Pusat PDAM Tirta Musi

    Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengecek tagihan adalah dengan datang ke Kantor Pusat PDAM Tirta Musi yang berada di Jalan Rambutan Ujung Nomor 1 Ilir Barat.

    Kantor tersebut membuka pelayanan setiap Senin hingga Kamis mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Sementara, pelayanan Jumat dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.30. Jika ingin mengecek tagihan, jangan lupa mencatat nomor pelanggan untuk memudahkan pemeriksaan oleh petugas.

  2. Ke Kantor Unit Layanan

    Selain di kantor pusat, pelanggan juga bisa mengecek tagihan ke kantor unit layanan yang berada beberapa lokasi. Berikut daftarnya.

    • Kantor Unit KM IV di Jalan Sudirman 20 Ilir
    • Kantor Unit 3 Ilir di Jalan Yos Sudarso Nomor 3
    • Kantor Unit Sako Kenten di Jalan Musi Raya Nomor 186
    • Kantor Unit Seberang Ulu II di Jalan May Zen Ryacudu Nomor 12
    • Kantor Unit Kalidoni di Jalan Residen Abdul Rozak Nomor 1
    • Kantor Unit Karang Anyar di Jalan Karang Jaya
    • Kantor Unit Alang-alang Lebar di Jalan Soekarno Hatta
    • Unit Sebrang Ulu I di Jalan Ki Merogan Lrg Sabar
  3. Melalui Situs Resmi

    Jika tak bisa datang langsung ke loket layanan, kamu bisa mengecek tagihan PDAM Tirta Musi melalui situs resminya http://www.tirtamusi.com/layanan.php. Caranya, masuk ke tautan tersebut, lalu masukan nomor pelanggan pada laman Cek Tagihan, dan tekan “Proses”.

    Selanjutnya, laman akan menampilkan informasi tagihan PDAM Tirta Musi sesuai penggunaan secara rinci, termasuk denda dan periode tagihan dalam jumlah bulan. Gunakan informasi tersebut untuk mempersiapkan dana harus dipersiapkan untuk membayar tagihan PDAM Tirta Musi.

  4. Lewat Nomor Telepon

    Selain lewat laman resmi PDAM Tirta Musi, pelanggan juga dapat mengecek tagihan lewat sambungan telepon ke nomor 0711355222. Tak hanya untuk mengecek tagihan, pelanggan juga dapat bertanya informasi terkait layanan PDAM Tirta Musi melalui nomor telepon tersebut.

  5. E-commerce dan Marketplace

    PDAM Tirta Musi telah bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan payment point online bank (PPOB) untuk memudahkan pelanggan dalam mengecek tagihan. Adapun beberapa layanan yang telah bekerja sama adalah Traveloka, Tokopedia, Shopee, Sepulsa, Ralali, Bukalapak, Blibli, dan Bebasbayar.

    Umumnya, penyedia layanan akan meminta nomor pelanggan atau wilayah PDAM yang dituju. Jadi, kamu harus mencatat nomor pelanggan dan pilih PDAM tirta Musi ketika menggunakan e-commerce atau marketplace untuk mengecek tagihan. Itulah lima cara yang dapat digunakan untuk mengecek tagihan PDAM Tirta Musi. Mana yang akan kamu pilih, datang langsung ke loket layanan atau menggunakan e-commerce saja?

Cara Membayar Tagihan PDAM Tirta Musi

Pembayaran tagihan PDAM Tirta Musi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pelanggan dapat langsung datang ke Kantor Layanan PDAM Tirta Musi atau melalui kasir di minimarket terdekat. Berikut ulasannya.

  1. Datang Langsung ke Loket Layanan

    Untuk melakukan pembayaran tagihan, pelanggan bisa datang langsung ke Kantor Pusat PDAM Tirta Musi dan unit layanan lainnya.

  2. Pos Indonesia

    Pelanggan bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM Tirta Musi dengan mendatangi langsung Kantor Pos Indonesia atau Agen Pos terdekat. Tunjukan nomor pelanggan atau kode pembayaran, lalu pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera.

  3. Lewat ATM

    Selain lewat Pos Indonesia, pelanggan juga bisa melunasi tagihan PDAM Tirta Musi melalui ATM. Adapun beberapa bank yang telah bekerja sama dengan PDAM Tirta Musi untuk pembayaran tagihan adalah sebagai berikut.

    • BNI (Kode 10048)
    • BRI (Kode 131006)
    • Mandiri (Kode 30107)
    • Bank Sumsel Babel (BSB)

    Untuk membayar tagihan lewat ATM, pelanggan perlu mencatat dulu nomor pelanggan. Pilih menu “Bayar”, lalu masukkan kode sesuai bank yang digunakan. Selanjutnya, masukkan nomor pelanggan.

    Pada layar akan tertera besaran tagihan PDAM Tirta Musi. Setelah pembayaran berhasil, ATM akan mengeluarkan struk pembayaran.

  4. Teller

    Selain lewat ATM, BNI, BRI, dan Mandiri juga menyediakan pembayaran tagihan PDAM Tirta Musi melalui teller. Pelanggan dapat langsung menuju teller dan melakukan pembayaran hingga selesai.

  5. Mobile Banking

    BNI menjadi salah satu bank yang menyediakan pembayaran tagihan PDAM Tirta Musi melalui layanan mobile banking. Caranya, masuk ke aplikasi, lalu pilih “Bayar” dan pilih “PDAM”. Lanjutkan dengan mencari PDAM TIrta Musi dan lakukan pembayaran sesuai instruksi.

  6. Minimarket

    Pelanggan juga bisa bayar tagihan PDAM Tirta Musi dengan datang ke minimarket, seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Untuk melakukan pembayaran, pelanggan dapat langsung datang ke kasir minimarket dengan memberikan nomor pelanggan kepada petugas.

    Selanjutnya, petugas yang akan melakukan pembayaran tagihan dan pelanggan tinggal membayar. Setelah transaksi selesai, petugas kasir akan memberikan bukti pembayaran.

  7. E-commerce dan Marketplace

    Setelah mengecek tagihan, pembayaran PDAM Tirta Musi dapat dilanjutkan di e-commerce dan marketplace yang digunakan. Ikuti instruksi yang tertera pada laman dan selesaikan pembayaran.

Itulah enam cara yang dapat dipilih untuk membayar tagihan PDAM Tirta Musi. Apapun cara yang dipilih, jangan sampai telat membayar tagihan PDAM Tirta Musi agar tidak mengalami kendala dalam proses distribusi air baku.

Layanan PDAM Tirta Musi

PDAM Tirta Musi menyediakan sejumlah layanan kepada pelanggan. Misalnya, layanan pasang baru dengan syarat yang mudah. Biaya yang diberikan pun disesuaikan dengan golongannya, mulai dari sosial, rumah tangga, niaga atau ruko, dan khusus.

Selain pemasangan baru, PDAM Tirta Musi juga menerima layanan balik nama. Layanan ini dapat dilakukan di Kantor Unit Pelayanan PDAM Tirta Musi.

Jika pelanggan membutuhkan informasi lain yang lebih lengkap, dapat langsung menghubungi nomor PDAM Tirta Musi melalui sambungan telepon ke nomor 0711355222 atau WhatsApp pada nomor 08117888282. Bisa juga melalui email di [email protected]. PDAM Tirta Musi juga memberikan informasi terbaru seputar layanan melalui akun Instagram @pdam_tirtamusi_palembang dan website http://www.tirtamusi.com/layanan.php.

Informasi PDAM Tirta Musi

Itulah informasi yang harus diketahui tentang PDAM Tirta Musi, khususnya bagi pelanggannya yang berada di Palembang. Dengan informasi ini, kamu sudah cara mengecek dan membayar tagihan PDAM Tirta Musi dengan berbagai cara yang mudah.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pembayaran tepat waktu dan cek informasi terbaru terkait layanan PDAM Tirta Musi.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement